Google Meet Cancel Batasan Waktu Meeting dan Tetap Gratis

Annisa Fadillah . September 30, 2020

Foto : Padangkita

Teknologi.id - Pengumuman yang dilayangkan oleh pihak Google pada bulan April 2020 lalu, menyatakan bahwa Google Meet akan membatasi layanan gratisnya menjadi 1 jam saja per tanggal 1 Oktober 2020 (besok). Namun, sampai pada H-1 penetapan batasan waktu untuk Google Meet, layanan video meeting atau video call masih bisa diakses secara gratis tanpa ada pemberitahuan batasan waktu.

Dikonfirmasi oleh pihak Google, bahwa pembatasan waktu untuk meeting di Google Meet dibatalkan. Sehingga, para pengguna layanan teleconference ini masih bisa melakukan meeting dengan gratis secara unlimited. Pihak Google memutuskan untuk mengundur adanya fitur premium berbayar terkait pembatasan waktu tersebut menjadi Maret 2021.

"Menjelang musim liburan yang membatasi pengguna untuk tidak bepergian, mereka mungkin bakal sering menggunakan video teleconference untuk reuni keluarga, rapat guru dan orang tua siswa, bahkan pernikahan. Kami ingin terus membantu mereka (pengguna gratisan) yang selama ini mengandalkan Google Meet selama beberapa bulan ke depan. Mulai hari ini, fitur unlimited (hingga 24 jam) di Google Meet bakal diperpanjang hingga 31 Maret 2021 untuk pengguna yang memiliki akun Gmail," dikutip dari laman resmi Google.

Baca Juga : Fitur Noise Cancelation Google Meet Hadir di iOS dan Android

Kabar ini tentunya menjadi angin segar bagi pengguna layanan gratisan Google Meet. Meskipun dalam website resminya, pihak Google belum menghapus keterangan fitur unlimited berbayarnya pada halaman pricingTentu kita berharap bahwa layanan gratis ini akan diperpanjang, mengingat masyarakat masih memberlakukan social distancing selama masa pandemi dan kebutuhan akan layanan teleconference kian meningkat.

Dilansir dari halaman KompasTekno, ada kemungkinan Google bakal mengubah informasi tersebut dalam beberapa jam ke depan, setidaknya sebelum kalender beralih ke tanggal 1 Oktober atau bisa juga Google bakal terus memperpanjang kebijakan ini, apabila pandemi belum berakhir. Penggunaan Google Meet diprediksi oleh Google bakal melonjak setelah Maret 2021.

Baca Juga : Google Janjikan Android 12 Lebih Ramah untuk Developer

(af)

Share :