Channel Digital Marketing Paling Menguntungkan untuk Bisnis

Fabian Pratama Kusumah . April 05, 2021

Foto: Polinas

Teknologi.id - Channel digital marketing adalah platform yang dapat kamu gunakan untuk menjangkau audiens atau target pelanggan kamu yang bisa berisi informasi tentang merek, produk, atau layanan kamu.

Dengan menggunakan website, selain dapat membantu mendapatkan informasi tentang produk atau layanan yang kamu jual bisa juga menjadi selangkah lebih dekat dengan tujuan pemasaran kamu.

Tidak semua channel digital marketing cocok untuk setiap tujuan bisnis kamu. Beberapa lebih cocok untuk jenis audiens tertentu, karena itu kamu harus mengetahui channel mana yang cocok untuk bisnismu.

Berikut 5 channel digital marketing paling menguntungkan untuk bisnis.

1. Website

Foto: Teknologi.id

Baca juga: Jelang Ramadhan, Simak Tips Jualan Online Berikut Ini

Website adalah salah satu alat yang harus dimiliki untuk bisnis kamu karena platform ini bisa menampilkan secara detail tentang merek, produk, dan layanan bisnismu.

Berbagai penelitian juga menyebutkan platform website terbilang efektif bahkan lebih dari 50%. Apapun bisnis yang kamu jalani, sebaiknya tetap memiliki sebuah website.

2. Email

Foto: Jojonomic

Email marketing dianggap sebagai salah satu metode pemasaran online yang efektif. Diperkirakan ada sekitar lebih dari 3,9 miliar pengguna pada tahun 2020.

Selain itu email juga merupakan salah satu platform yang murah dan dapat diatur jadwal pengirimannya, sehingga dapat menghemat waktu dan juga uang.

3. Media sosial

Foto: Kominfo

Baca juga: 7 Hal yang Harus Dipelajari dalam Digital Marketing untuk Investasi Masa Depan

Media sosial saat ini penggunanya sangat banyak, diperkiraan sekitar 4 miliar orang. Tidak hanya untuk komunikasi pribadi, kini media sosial banyak berkembang, salah satunya untuk menjalankan bisnis.

Ada banyak media sosial yang bisa digunakan, di antaranya Instagram, Twitter, Facebook, LinkedIn, dan lainnya. Selain itu media sosial untuk fitur dasar dapat digunakan secara gratis.

4. Search Engine Optimization (SEO)

Foto: TechForID

Mempunyai sebuah website yang dirancang dengan baik belum tentu akan menghasilkan jumlah kunjungan yang ideal. Agar tujuan ini dapat dicapai maka dibutuhkan SEO.

Tujuan dari SEO adalah untuk menempatkan sebuah website pada posisi teratas pada sebuah mesin pencari berdasarkan kata kunci tertentu.

Apabila suatu website berada posisi teratas dalam hasil pencarian maka memiliki peluang yang besar untuk didatangi pengunjung.

5. Google My Business

Foto: Somag News

Baca juga: Prediksi Masa Depan Digital Marketing di Era New Normal

Google My Business adalah metode cepat dan mudah bagi bisnis, produk, brand, artis, dan organisasi untuk mengelola profil online mereka dengan Google.

Melalui dasbor Google My Business, kamu bisa mengelola informasi up-to-date tentang bisnis kamu di Google.

Setelah kamu mengetahui channel digital marketing yang cocok untuk bisnis, apakah kamu berminat untuk mendalami dunia digital marketing?

Jika iya, Teknologi.id mempunyai kelas online premium yang menarik, hanya dengan bayar sekali, bisa gratis akses materi seumur hidup.

Di kelas ini kamu akan mendapatkan

  • Paham pondasi untuk jadi Digital Marketer siap berkarir menjadi Data Scientist di perusahaan-perusahaan besar
  • Jago konsep dan logika seorang Digital Marketer
  • Live Class 2X/tiap bulan
  • Diskusi dan mentoring langsung via Telegram Grup
  • Free materi dan rekaman pembelajaran + akses seumur hidup
  • Kesempatan tanya-tanya intens bareng mentor expert
  • Dapat koneksi di dunia Digital Marketing

Fasiltas Sertifikat:

  • Belajar 3 bulan dapat Sertifikat Junior Level
  • Belajar 6 bulan dapat Sertifikat Basic Level
  • Belajar 1 tahun dapat Sertifikat Intermediate Level
  • Belajar 2 tahun dapat Sertifikat Experts Level

Jika kamu tertarik, kamu bisa mendaftar di sini.

(fpk)

Share :