Apa Itu Jejak Digital: Penjelasan, Dampak, dan Cara Melindunginya

Novita Nurjannah . August 08, 2023

Jejak digital menjadi sesuatu yang umum di kalangan pengguna internet. Setiap orang yang pernah menjelajahi internet pasti memiliki jejak digital, tidak terkecuali bagi para pemilik bisnis yang memiliki website dengan Beli hosting di Indonesia.  Adanya jejak digital dapat menjadi bahaya jika jatuh ke tangan orang jahat, seperti pelaku cybercrime yang memanfaatkannya untuk kejahatan seperti pembobolan akun.

Sebagai pengguna internet, penting untuk meningkatkan keamanan dalam segala aktivitas online. Namun, dengan kesadaran dan langkah-langkah pencegahan yang tepat, Anda dapat menjaga informasi pribadi dan melindungi diri dari ancaman di dunia digital. Lalu, bagaimana cara melindungi jejak digital? Sebelum masuk ke pembahasan tersebut, mari kenal terlebih dulu apa yang dimaksud dengan jejak digital dan dampaknya.

Mengenal Apa Itu Jejak Digital

Jejak digital mengacu pada semua informasi yang ditinggalkan setelah beraktivitas di internet. Informasi ini bisa berupa berbagai hal, seperti postingan di media sosial, riwayat belanja online, testimoni online, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, jejak digital juga bisa terbentuk dari aktivitas tidak langsung, seperti cookie yang terpasang saat mengunjungi suatu situs web. Selain itu, ada juga aplikasi yang dapat mengumpulkan data tanpa disadari pengguna. Keadaan ini sering terjadi saat mengunduh aplikasi dan memberi izin pada aplikasi tersebut untuk mengakses informasi di perangkat.

Dampak dari Jejak Digital

Keberadaan jejak digital mencakup informasi pribadi dan aktivitas pengguna yang dapat dengan mudah diakses oleh orang lain dan dapat berdampak bagi diri Anda dan orang-orang terdekat Anda. Berikut beberapa contoh dampak dari jejak digital.

  1. Mempengaruhi Perspektif Siapapun yang Melihatnya

Jejak digital dapat mempengaruhi bagaimana orang lain memandang Anda. Perilaku dan aktivitas Anda di internet bisa menjadi tolak ukur dalam membentuk sudut pandang orang terhadap Anda.

  1. Rentan Terhadap Keamanan Pribadi

Jika Anda sering menyebarkan data atau informasi pribadi di internet, Anda menjadi rentan terhadap serangan cyber. Lebih hati-hati dalam menyebarkan informasi pribadi di internet menjadi penting untuk melindungi keamanan pribadi.

  1. Faktor Penentu Beasiswa dan Peluang Kerja

Perguruan tinggi dan program beasiswa semakin tertarik untuk melihat akun media sosial calon mahasiswa. Jejak digital bisa menjadi pertimbangan penting dalam proses seleksi, sehingga dapat mempengaruhi keputusan diterima atau tidaknya di perguruan tinggi atau mendapatkan beasiswa.

Selain itu, jejak digital dapat mempengaruhi diterima atau tidaknya seseorang di perusahaan yang dilamarnya. HRD dalam proses rekrutmen juga cenderung menelusuri jejak digital calon karyawan. Jejak digital yang tidak sesuai harapan dapat menjadi hambatan dalam mendapatkan pekerjaan.

Cara Melindungi Jejak Digital

penting untuk menyadari dan mengelola jejak digital Anda dengan bijaksana agar dapat melindungi privasi dan keamanan online. Berikut beberapa tips untuk melindungi data pribadi maupun bisnis online Anda agar tetap aman:

  1. Hindari Pengisian Data Pribadi pada Wifi Publik

Jaringan Wifi publik cenderung kurang aman karena Anda tidak tahu siapa yang mengelolanya. Hindari mengirimkan informasi pribadi saat menggunakan jaringan Wifi publik.

  1. Hindari Posting Berlebihan di Media Sosial

Meskipun media sosial memudahkan kita untuk terhubung, berpikirlah dua kali sebelum mengungkapkan lokasi atau rencana perjalanan, serta informasi pribadi lainnya. Jangan sebarkan nomor telepon atau alamat email di bio media sosial.

  1. Gunakan Pengelola Kata Sandi

Kata sandi yang kuat sangat penting untuk menjaga keamanan internet. Buatlah kata sandi panjang, minimal 12 karakter, dengan campuran huruf besar dan kecil, serta simbol dan angka. Menggunakan pengelola kata sandi akan membantu mengelola dan menghasilkan kata sandi yang kompleks dan sulit ditebak.

Kesimpulan

Menjaga data pribadi dan reputasi online adalah tanggung jawab kita sebagai pengguna internet. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat meminimalkan risiko penyalahgunaan data pribadi dan meningkatkan keamanan digital Anda.

Ingatlah untuk selalu berhati-hati dan sadar akan informasi yang Anda bagikan di dunia maya, karena langkah kecil dalam menjaga privasi dapat memberikan dampak besar dalam melindungi diri Anda dari ancaman online.

Kamu juga harus tahu cara membuat website disini

Jika Anda seorang pemilik bisnis, gunakan layanan hosting berkualitas seperti DomaiNesia yang dilengkapi dengan domain dan SSL gratis untuk kebutuhan branding dan keamanan akses website bisnis Anda. Dengan begitu, Anda dapat menghindari potensi masalah dan lebih aman secara online, termasuk untuk bisnis Anda.

Share :