Global Entertainment dan Media Outlook 2018-2022

Teknologi.id . July 17, 2018
Saat ini dunia Entertaiment dan Media (E & M) semakin berkembang karena aset paling berharga di era digital telah ditentukan. Persaingan untuk aset tersebut datang dari segala arah. Di dalam 12 bulan terakhir ini telah ditandai dengan adanya perusahaan TV, layanan streaming dan jaringan sosial yang bersaing secara bersamaan. Perusahaan TV terdiri dari perusahaan telekomunikasi, perusahaan teknologi, operator OTT (Over-The-Top content), studio film yang bersaing untuk menyediakan konten TV, stasiun radio dan perusahaan podcast. Layanan streaming terdiri dari layanan yang bersaing untuk menyediakan konten radio dan podcast. Sedangkan jaringan sosial terdiri dari Google, iHeartMediaperusahaan teknologi iklan yang bersaing untuk menyediakan layanan OOH (Out-Of-Home) digital, penerbit berita berubah menjadi perusahaan media dengan mempekerjakan tim VR dan ahli video, bahkan produsen mobil dan penyedia radio bekerja bergandengan tangan. Untuk mengambil keputusan membutuhkan data yang sangat detail yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk menginformasikan rencana bisnis mereka.
Pada tahun 2018 untuk pertama kalinya belanja iklan Internet seluler diperkirakan lebih besar daripada yang ditransfer dan pada tahun 2020 data yang ada di ponsel akan melebihi data yang ada di broadband. Hal yang paling mengganggu yaitu perusahaan-perusahaan berusaha keras untuk menciptakan ekosistem terintegrasi yang sesuai dengan dinamika yang digerakkan oleh konsumen, di mana media sosial dan e-commerce saling terkait dengan pengalaman hiburan itu sendiri. Oleh karena itu, teknologi bersaing lebih sengit di ruang hiburan dan media yang memiliki prospek pendapatan digital paling menjanjikan seperti video OTT dan streaming musik maka front baru terus bermunculan termasuk kecerdasan buatan, layanan rumah pintar, dan asisten virtual. Total pendapatan global E & M akan melihat peningkatan CAGR 4,4% selama periode perkiraan lima tahun hingga 2022, dari US $ 1,9 triliun pada tahun 2017 hingga mencapai US $ 2,4 triliun pada tahun 2022 . Ini sedikit naik pada prediksi tahun lalu dari CAGR 4,2%, tetapi didasarkan pada ketangguhan yang diperbarui dalam belanja akses Internet di seluruh dunia. Pendapatan digital akan terus menghasilkan lebih banyak pendapatan industri, terhitung lebih dari 50% pada tahun 2018. Artikel ini telah tayang di pwc.com dengan judul “Global Entertainment & Media Outlook 2018-2022”, https://www.pwc.com/gx/en/industries/tmt/media/outlook.html Baca juga: Transaksi e-Commerce Global Capai Rp 60.467 Triliun di 2021
Share :