GrammarlyGO, Tools AI Generatif Berbasis ChatGPT untuk Tingkatkan Kualitas Tulisan

Gita Fitria Ramadani . March 10, 2023

Picture: Grammarly via Mashable

Teknologi.id – Apakah kamu adalah seseorang yang sering membuat tulisan dalam Bahasa Inggris? Jika iya, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang bernama Grammarly.

Grammarly adalah aplikasi web yang digunakan untuk memeriksa penulisan dan tata bahasa Inggris. Salah satu tools menulis paling terkenal ini kabarnya akan segera memperbarui fitur-fiturnya, seperti melakukan penulisan untuk pengguna alih-alih hanya merekomendasikan cara untuk memperbaikinya.

Untuk mengetahui lebih lanjut apa itu Grammarly dan fitur baru apa yang hendak dirilis oleh mereka, yuk simak informasi berikut!

Apa Itu Grammarly?

Grammarly merupakan sebuah aplikasi atau situs web untuk mengecek tata Bahasa dan memeriksa ejaan dalam struktur Bahasa Inggris, serta mengoreksi kesalahan dalam menulis yang dilakukan secara online.

Grammarly akan memberikan rekomendasi kata yang tepat jika terdapat kata-kata yang salah dalam struktur Bahasa Inggris yang kamu tulis. Selain itu, Grammarly juga bisa diintegrasikan ke dalam perangkat lunak Microsoft Word.

Grammarly didirikan oleh Alex Shevchenko dan Max Lytvyn pada tahun 2008, dan kantor pusatnya berlokasi di San Francisco, Amerika Serikat. Grammarly mengklaim telah digunakan oleh lebih dari 4 juta pengguna, serta lebih dari 600 universitas dan perusahaan terkemuka.

Baca juga: Buat Tulisanmu Makin Keliatan Jago dengan Grammarly!

Tools Baru yang Bernama GrammarlyGO

Picture: Grammarly

Menyusul keberhasilan fenomenal ChatGPT, mereka kini menawarkan teks yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Diumumkan pada hari Kamis oleh perusahaan yang dibantu oleh assistant komunikasi, alat baru yang bernama GrammarlyGO ini, bertujuan untuk meningkatkan penulisan alih-alih menggantikan penulisnya itu sendiri.

Pengguna dapat menggunakan GrammarlyGO untuk membuat draf dokumen, menulis email serta membalasnya, mengedit panjang, kejelasan, dan nada tulisan mereka, serta menghasilkan ide proyek atau garis besar dalam aplikasi yang mereka gunakan.

GrammarlyGO bisa menulis email serta membalasnya. Foto: Grammarly

GrammarlyGO menggunakan "konteks pribadi, organisasi, dan situasional" untuk menyesuaikan saran dengan gaya penulisan dan komunikasimu, menurut pengumuman tersebut. Serta akan mempertimbangkan gaya penulisan dan pertimbangan brand untuk bisnis dengan menggunakan kesadaran kontekstual dan personalisasi. Tujuan penulisan dan format juga dapat ditentukan.

Alat ini mungkin termasuk dalam kategori yang sama dengan aplikasi chatting Bing Microsoft karena perbedaannya yang signifikan dalam kapasitas untuk menyesuaikan AI.

30 juta orang dan 50.000 tim telah menggunakan Grammarly setiap harinya. Tim ahli Bahasa juga telah menyempurnakan komunikasi inklusif, keamanan, dan privasi perusahaan ke tingkat maksimal. Namun, Grammarly di sisi lain, pasti ingin menghindari beberapa tanggapan bermasalah yang dihasilkan Bing Chat.

Saat ini GrammarlyGO Tersedia dalam Bentuk Beta

Pada bulan April, GrammarlyGO akan tersedia untuk pengguna saat ini dalam bentuk beta. Akses akan tersedia untuk semua tingkatan, termasuk pengembang, bisnis, pendidikan, dan pengguna premium. GrammarlyGO bahkan dapat digunakan dengan akun gratis.

Aplikasi ini akan dirilis di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Australia, Selandia Baru, Jerman, Polandia, Ukraina, dan Jepang. Selain itu, fitur teks generatif akan dinonaktifkan secara default, tetapi dapat diaktifkan jika tersedia di bagian setting.

Sejak hampir 14 tahun lalu, Grammarly telah menggunakan AI untuk memeriksa ejaan dan tata bahasa serta merekomendasikan cara untuk meningkatkan komunikasi. Namun, sekarang Grammarly merangkul AI percakapan.

Sejak adaptasi terbaru dari ChatGPT yang dikirim pada bulan November, pemrograman intelijen berbasis komputer telah memikat web dengan pengetahuan dan kapasitasnya yang kompleks untuk berkomunikasi dengan orang secara cepat seperti percakapan.

Baca juga: 3 Aplikasi Belajar Grammar dengan Cara yang Asyik

Terlepas dari kebaruannya, keberhasilan ChatGPT menunjukkan bahwa kecerdasan buatan (AI) dapat menjadi metode yang efektif untuk menghasilkan teks, meringkas informasi, dan (meski terkadang tidak akurat) memberi tahu pengguna. Meskipun kecerdasan buatan ini kontroversial.

Intelijen buatan manusia ini merekomendasikan petunjuk yang signifikan untuk memulai interaksi. GrammarlyGO akan terintegrasi ke dalam aplikasi dan situs web yang sudah kamu gunakan dan mempertahankan alur kerja yang lancar, seperti apa yang diklaim oleh perusahaan tersebut.

GrammarlyGO adalah bagian dari alat yang sudah dimiliki Grammarly, yang juga merupakan bagian dari aplikasi web seperti Gmail, Microsoft Word, dan Slack, serta ekstensi browser Chrome. GrammarlyGO tersedia untuk semua orang, bukan hanya pelanggan premium. Di beberapa pasar, versi gratis juga tersedia.

Ini berarti bahwa, jika kamu sedang menulis e-mail atau membuka dokumen Google, atau bahkan ingin menulis di mana pun, GrammarlyGO akan tersedia untuk membantu penulisanmu.

Mirip dengan Clippy yang jauh lebih maju. GrammarlyGO diaktifkan secara default untuk setiap pengguna, tetapi dapat dimatikan di pengaturan. Versi beta GrammarlyGO akan mulai diluncurkan pada bulan April.

(gfr)

Share :