iOS 18 Hadir dengan Berbagai Fitur Menarik, Apa Saja Tuh?

Vanessa Netanya . September 19, 2024

Fitur terbaru iOS 18

Foto: TechCrunch/Apple

Teknologi.id - iOS 18 telah hadir dan dapat dinikmati oleh pengguna iPhone. Bagi yang ingin segera beralih pada sistem operasi baru tersebut, cek terlebih dahulu fitur-fitur baru yang tersedia untuk memaksimalkan penggunaan iOS 18.

Apple terus berinovasi dengan baru saja menghadirkan seri iPhone 16 yang diikuti dengan sistem operasi terbaru guna mendukung perkembangan teknologi. Dengan segala kontroversi mengenai sistem operasi iOS yang dinilai semakin mirip dengan perusahaan rivalnya, tidak dapat dipungkiri iOS 18 memiliki berbagai fitur menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Sebelumnya, telah beredar informasi bahwa sistem iOS terbaru menggunakan Apple Intelligence yang dapat diakses oleh pengguna seri iPhone 15 dan 16. Namun, masih banyak fitur-fitur menarik lainnya yang dapat dinikmati oleh pengguna iPhone yang terhubung pada iOS 18.

Apa saja fitur-fitur menarik iOS 18 yang wajib untuk dicoba? Simak penjelasan selengkapnya.

  • Kostumisasi Layout Home Screen

(Foto: Tucker Bowe/Gear Patrol)

Fitur yang sangat menarik perhatian adalah pengguna kini dapat menentukan letak ikon aplikasi pada home screen. Sebelumnya, pengguna iPhone tidak bisa mengubah letak tampilan layar utama. Apple kini memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk menyesuaikan letak ikon aplikasi dan widget sesuai selera masing-masing.

Selain itu, pengguna dapat mengganti tampilan ikon aplikasi dengan berbagai pilihan warna.

  • Kostumisasi Layout Lock Screen


(Foto: Tucker Bowe/Gear Patrol)

Tidak hanya home screen, pengguna juga dapat mengganti tampilan lock screen. Sebelumnya, layar kunci iPhone hanya menampilkan tombol Kamera di ujung kanan bawah dan Flashlight di ujung kiri bawah. Tombol tersebut tidak dapat ditukar dengan tombol lainnya.
Kini, tombol tersebut dapat mengganti dengan pilihan menu lain sesuai dengan keinginan pengguna. Guna dari penempatan menu di layar kunci yaitu sebagai jalan pintas akses menuju menu yang dimaksud.

Cara untuk mengganti pilihan menu pada lock screen:

  1. Ketuk dan tahan pada tampilan lock screen
  2. Pilih “Costumize”
  3. Pilih pengaturan untuk lock screen
  4. Klik tanda “-“ pada menu yang ingin diganti
  5. Pilih menu lain yang ingin dimasukkan ke dalam tampilan lock screen, seperti Translate, Calculator, Alarm, Dark Mode, Shortcut, dan lainnya.
  • Kostuminasi Control Center

(Foto: Tucker Bowe/Gear Patrol)

Tidak hanya home screen dan lock screen, pengguna juga dapat mengubah tampilan Control Center yang menyediakan menu pintas pada berbagai fitur di iPhone.

Cara mengganti tampilan layar pada Control Center:

  1. Pastikan sistem iPhone telah diupdate ke iOS 18
  2. Buka Control Center
  3. Klik ikon “+” di bagian ujung kiri atas layar

Pilih fitur-fitur yang ingin dihubungkan pada Control Center untuk memilih menu yang ingin ditampilkan. Selain mengganti fitur, pengguna juga dapat mengganti tampilan menu Control Center

  • Fitur Menghitung dan Transkrip Audio di Notes

(Foto: Zulfikar Hardiansyah/Kompas.com)

Kini pengguna dapat menulis sekaligus menggunakan kalkulator dalam waktu yang bersamaan. Fitur iOS 18 telah menambahkan kalkulator pada aplikasi Notes yang memudahkan pengguna untuk mendapatkan hasil dari operasi matematika secara otomatis.

Contohnya, pengguna dapat menuliskan penjumlahan dari “1+1 =“ dan kalkulator akan memberikan jawaban “2” secara otomatis di sebelah operasi penjumlahan. Selain itu, kalkulator juga dapat membaca istilah lain selain angka pada umumnya.

Tidak hanya menambahkan fitur operasi matematika, Notes juga memberi tambahan spesial pada fitur transkrip audio. Sebelumnya, Notes sudah menghadirkan fitur rekam audio yang memudahkan pengguna menaruh rekaman suara pada memo yang mereka buat. Fitur tersebut ditambah dengan transkrip yang dapat menuliskan rekaman suara secara otomatis. Untuk menggunakannya pengguna dapat mengetuk ikon petik dua pada rekaman audio.

  • Fitur Tambahan di Kalkulator

(Foto: MacRumors)

Menu Kalkulator juga tidak mau ketinggalan untuk menambahkan fitur baru. Kini, pengguna dapat mengakses kalkulator dengan beberapa mode tambahan, seperti mode dasar, saintifik, Math Note, hingga konversi nilai mata uang.

  • Fitur Tambahan di Message

(Foto: 9To5Mac)

Sesama pengguna iPhone kini dapat mengirim pesan dengan fitur baru di Message. Kini, pengguna dapat menerapkan efek animasi yang menyenangkan pada huruf, kata, frasa, atau emoji di iMessage. Fitur tersebut diberi nama Text Effect yang memungkinkan pengirim pesan berkreasi melalui pesan yang disampaikan. Selain itu, terdapat juga format bold, italics, underline, dan strikethrough yang dapat dipakai pada teks pesan.

iOS 18 juga menawarkan fitur jadwal mengirim pesan. Pengguna dapat membuat jadwal agar pesan terkirim pada waktu yang telah disesuaikan.

Baca juga: Apple Intelligence di iOS 18.1: Bisa Hapus Objek dari Gambar dengan Mudah

Perlu diingat, tidak semua seri iPhone dapat mengunduh iOS 18. Berikut adalah daftar iPhone yang memiliki akses ke sistem operasi iOS 18.

  1. iPhone 16
  2. iPhone 16 Plus
  3. iPhone 16 Pro
  4. iPhone 16 Pro Max
  5. iPhone 15
  6. iPhone 15 Plus
  7. iPhone 15 Pro
  8. iPhone 15 Pro Max
  9. iPhone 14
  10. iPhone 14 Plus
  11. iPhone 14 Pro
  12. iPhone 14 Pro Max
  13. iPhone 13
  14. iPhone 13 mini
  15. iPhone 13 Pro
  16. iPhone 13 Pro Max
  17. iPhone 12
  18. iPhone 12 mini
  19. iPhone 12 Pro
  20. iPhone 12 Pro Max
  21. iPhone 11
  22. iPhone 11 Pro
  23. iPhone 11 Pro Max
  24. iPhone XS
  25. iPhone XS Max
  26. iPhone XR
  27. iPhone SE (2nd generation or later)

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(vn)

Share :