Fungsi Tombol Kamera iPhone 16 Series, Apa Saja Kemampuannya?

Afanin Hazimah . September 14, 2024
Fungsi Tombol Kamera iPhone 16
Foto: Ny Teknik


Teknologi.id - Setelah iPhone resmi merilis series terbaru, iPhone 16 series siap menunjukkan keunggulannya melalui fungsi tombol kamera paling mutakhir. Jajaran series 16 yang telah dirilis, yaitu iPhone 16 dan iPhone 16 Plus. Series terbaru ini dibekali dengan kemampuan kontrol kamera dengan sistem yang lebih canggih dan lebih memudahkan pengguna dalam mengabadikan momen secara cepat. 

Menariknya, kini Apple mengembalikan desain posisi kamera menjadi vertikal. Meskipun Apple terkesan hanya mengubah posisi dalam penempatan kamera, vertikal , horizontal, lalu pada series 16 ini kembali dengan iPhone versi kamera vertikal, tetapi perubahan posisi kamera ini tentu disertai dengan peningkatan kecanggihan dan penyesuaian fitur dari kamera itu sendiri. 

Teknologi kamera yang lebih canggih menawarkan pengalaman mengabadikan momen yang lebih mudah dengan cara berbeda. Pada series 16 ini, iPhone memperkenalkan fitur kamera Fusion 48MP dengan opsi telefoto 2x kualitas optik. Kemampuan dari telefoto ini membuat seakan-akan terdapat dua kamera di dalam satu kamera. Dengan menggunakan kamera Ultra Wide 12 MP, kamera ini mampu membidik sudut yang lebih lebar dan memiliki fokus setara dengan fotografi profesional. 

Kualitas gambar yang dihasilkan pun sekarang menjadi lebih tinggi sebab kemampuan kamera Ultra Wide dalam menangkap cahaya hingga 2,6x. Adapun fitur yang masih dipertahankan dari kamera series sebelumnya, seluruh model pada iPhone series 16 kini sudah bisa mengambil momen dengan kemampuan konten spasial. 

Tidak hanya kualitas dan fitur-fitur kamera yang semakin ditingkatkan, bahkan iPhone series 16 juga dibekali dengan camera button atau tombol kamera yang memiliki segudang fungsi untuk pengalaman pengguna dalam mengabadikan momen. 

Apa saja ya kemampuan dari tombol kamera ini?

Baca juga: Apple Resmi Rilis Seri iPhone 16, Simak Spesifikasi Lengkapnya

Fungsi tombol kamera iPhone 16 series

Foto: Apple Newsroom

Tidak hanya untuk memotret, tombol kamera iPhone series 16 dapat dikontrol dengan gestur tambahan untuk fungsi yang berbeda. Dengan mengklik tombol kamera, pengguna mendapatkan akses instan dan mudah untuk membuka kamera sehingga tidak ada momen yang terlewat untuk diabadikan. Kemampuan kontrol kamera juga dapat digunakan dalam model portrait maupun lanskap, pengguna dapat menyesuaikan pengaturannya cukup dengan menggeser jari di tombol kamera. 

1. "Satu klik" untuk mendapatkan berbagai fungsi

Lebih canggih, lebih instan, lebih mudah mengabadikan momen. Sekiranya seperti itu pengalaman yang diberikan oleh tombol kamera pada iPhone series 16. Hanya dengan satu kali klik setiap penggunaannya, kamu bisa mendapatkan pengalaman yang berbeda-beda. Hanya satu kali klik untuk membuka kamera. Lalu saat kamera sudah dibuka, kamu dapat menggunakan satu klik untuk menangkap foto dan cukup satu klik pula untuk melakukan rekam video. 

2. Akses kontrol zoom dan fokus

Dengan sentuhan lembut dan usapan, gestur ini dapat kamu gunakan untuk membuka akses pengaturan, seperti mengatur kontrol zoom dan mengunci fokus kamera. Tentunya dengan kemudahan ini membuat kamu tidak perlu khawatir lagi untuk kehilangan objek yang telah disorot saat fokus belum disesuaikan. 

3. Pengaturan cahaya atau kedalaman bidang.

Pengaturan cahaya pada kamera iPhone 16 dapat dengan mudah kamu sesuaikan menggunakan fungsi tombol kamera ini. Saat telah mendapatkan bidikan momen, cukup tekan dua kali pada tombol dan sesuaikan dengan perlahan, kamu dapat mengatur pencahayaan sebelum menangkap foto. 

4. Buka fitur lainnya pada kamera

Dengan menggunakan tombol kamera, kamu dapat membuka fitur-fitur lainnya dari kamera. Setelah kamera dibuka lalu gulir tombol kamera ke arah atas atau bawah secara perlahan, maka berbagai fitur akan ditampilkan pada sisi kanan kamera, di antaranya fitur kontrol zoom, penyesuaian aperture dan exposure, dan kontrol depth of field. 

Baca juga: Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi dan Harga iPhone 16, 16 Plus, 16 Pro dan 16 Pro Max

Tombol kamera iPhone series 16 juga memiliki beragam fungsi sesuai dengan aplikasi yang sedang digunakan. Tombol kamera dapat dimanfaatkan pada aplikasi pihak ketiga dan aplikasi media sosial, seperti kamera pada aplikasi SnapChat. Tombol kamera ini juga akan dibekali dengan kecerdasan buatan menggunakan akses fitur Visual Intelligence, serupa Google Lens, untuk mengetahui informasi tentang objek yang disoroti.

Dengan berbagai fungsi tombol kamera yang disajikan oleh Apple pada iPhone series 16 ini tentu memiliki harapan agar pengguna mendapatkan pengalaman yang lebih memuaskan dalam mengabadikan momen dan tentu tanpa ada momen yang terlewat. 

Baca juga artikel lainnya tentang Apple di Apple - Teknologi.id


Share :