Threads Rilis Fitur-fitur Baru, Bisa Subscribe Akun hingga Terjemahkan Teks

Teknologi.id . July 20, 2023

threads

Teknologi.id - Threads Instagram mengalami pembaruan besar pertama kali sejak dirilis pada awal Juli 2023. Pembaruan ini khusus untuk pengguna di iOS dan diumumkan oleh Cameron Roth, seorang software engineer di Instagram, melalui postingan Threads pribadinya.

  • Fitur Subscribe

Salah satu fitur baru dalam pembaruan ini adalah kemampuan berlangganan tanpa perlu mengikuti akun bersangkutan. Dengan fitur subscribe ini, pengguna bisa menerima notifikasi dari akun yang di-subscribe tanpa harus melihat threads mereka di linimasa pengguna.

  • Tab Khusus Follow

Selain itu, Threads juga mendapatkan tab khusus "Follow" di laman "Activity", yang memudahkan pengguna untuk melihat pengguna yang baru mengikutinya dan mengikuti balik.

  • Terjemahan Teks

Fitur baru lainnya adalah terjemahan teks. Pengguna Threads di iOS kini bisa menerjemahkan postingan Threads dalam bahasa asing. Pembaruan ini juga termasuk peningkatan scrolling feed, label reposter yang dapat diketuk, dan kemampuan untuk melihat daftar pengikut Instagram serta mengatasi bug.

Kekurangan Threads

Meskipun pembaruan ini menghadirkan banyak perbaikan, Threads masih memiliki kekurangan dibandingkan dengan Twitter. Beberapa fitur yang masih kurang meliputi timeline kronologis, pesan langsung (direct message), dan tagar (hashtag). Selain itu, aplikasi Threads juga belum tersedia dalam versi web, yang membatasi kegunaannya.

Setelah menjadi viral dan berhasil menarik 100 juta pengguna dalam waktu singkat, Threads mengalami masalah baru. Dalam waktu kurang dari lima hari setelah peluncurannya, aplikasi ini mengalami penurunan dalam pertumbuhan jumlah pengguna dan waktu yang dihabiskan oleh pengguna di dalam aplikasi.

Baca juga: Sudah Tau Belum? Ini Dia 10 Tips dan Trik Main Threads

Menurut firma riset Sensor Tower dan SimilarWeb, pengguna aktif harian Threads menurun sekitar 20 persen, sementara jumlah waktu yang dihabiskan turun lebih signifikan sebesar 50 persen.

Data dari SimilarWeb juga menunjukkan tren penurunan serupa di ponsel Android di seluruh dunia, dengan pengguna aktif harian mengalami penurunan lebih dari 25 persen.

Meskipun Threads memiliki potensi yang besar dan menarik perhatian awal, tantangan dalam mempertahankan minat pengguna tampaknya perlu ditangani lebih lanjut untuk mengatasi penurunan ini.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(dwk)

Share :