Spotify Hadirkan Offline Backup, Pengguna Dapat Mendengar Musik Tanpa Internet!

Vanessa Netanya . October 06, 2024

Spotify offline backup

Foto: Spotify

Teknologi.id - Spotify meluncurkan fitur baru yang memudahkan penggunanya mendengar lagu ketika koneksi internet terputus, yang dinamai Offiline Backup.

Layanan streaming musik Spotify menjadi salah satu platform yang paling digemari oleh masyarakat di berbagai belahan dunia. Aplikasi ini disebut-sebut menjadi saingan Apple Music, layanan serupa yang dibuat oleh perusahaan Apple.

Pada Kamis (3/10/2024), Spotify memberikan kemudahan baru bagi pengguna yang tetap ingin mendengarkan lagu dengan koneksi yang terbatas bahkan hilang dari jangkauan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat playlist yang dapat dimainkan ketika tidak ada koneksi internet, berbeda dengan fitur Offine Mode yang mengharuskan mengunduh lagu secara manual.

Dengan begitu, pengguna tidak perlu khawatir kehabisan storage atau tempat penyimpanan pada ponsel hanya untuk mengunduh sejumlah lagu yang ingin didengarkan secara offline. Hal tersebut disebabkan oleh musik yang telah tersimpan di cache, sehingga lagu yang sempat terekam secara sementara masih dapat diputar kemudian.

Offline Backup mengambil isi playlist dari berbagai musik sesuai dengan lagu yang baru saja didengar, yang masuk ke dalam daftar antrian, hingga yang sering diputar. Playlist ini juga akan menyesuaikan jenis genre, musisi, hingga mood lagu yang sering dimainkan oleh pengguna. Ada kemungkinan juga Spotify memasukkan lagu baru yang sesuai dengan selera pendengar.

(Foto: Spotify)

Sesuai dengan iklan yang disebarluaskan, Spotify memberikan klaim bahwa fitur terbaru ini tidak akan menimbulkan drama, ketertinggalan, juga tetap memberikan mood baik bagi pendengar yang tidak memiliki koneksi internet.

Untuk dapat mendengar melalui Offline Backup, pengguna harus terlebih dahulu mendengar minimal 5 lagu untuk memberikan data penyimpanan sementara. Setelah itu, musik akan tersimpan pada playlist yang sudah disiapkan oleh Spotify sebelumnya.

Pengguna perlu mengaktifkan fitur ini melalui menu Settings atau Pengaturan, kemudian pilih "Data Saving and Offline or Storage". Setelah itu, pilih “Offline Backup”. Fitur ini akan langsung terhubung pada akun Spotify, yang dapat dilihat melalui laman utama.

Cara Menggunakan Offline Backup

  • Offline Backup akan muncul secara otomatis di beranda setiap pengguna sedang dalam mode offline
  • Pastikan pengguna telah mendengarkan lebih dari lima lagu baru-baru ini, serta telah mengaktifkan fitur mendengarkan secara offline
  • Pilih "Settings"
  • Klik "Data Saving and Offline or Storage"
  • Aktifkan mode "Offline Backup"
  • Pengguna dapat menambahkan Offline Backup ke playlist
  • Pastikan aplikasi Spotify diperbarui ke versi terbaru untuk menemukan fitur Offline Backup

Baca juga: Siapkan Dompetmu, Langganan Netflix dan Spotify Bakal Naik Tahun Depan

Spotify menyebarkan fitur ini bagi setiap penggunanya, baik yang mengunduh melalui Apple Store, Google Play, hingga website Spotify. Namun, Offline Backup dapat diakses dengan syarat berlangganan Spotify Premium.

Spotify Premium dibanderol dengan harga Rp54.990/bulan untuk pelanggan individu, Rp86.900/bulan untuk pelanggan berkeluarga maksimal 6 orang, juga ada paket Rp27.500/bulan khusus untuk mahasiswa. Paket dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Langganan Premium menyediakan tambahan fitur yang membuat pengalaman mendengar musik semakin menyenangkan. Pengguan mendapatkan kesempatan untuk merasakan fitur premium, seperti Offline Backup, Offline Mode (pengunduhan musik), memilih urutan lagu, mendengar tanpa iklan, dan masih banyak lagi.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(vn)

Share :