Foto: BBC
Teknologi.id - Snapchat menemukan format Stories untuk berbagi gambar dan video lalu menghilang dalam waktu 24 jam. Namun, sekarang mereka dan Facebook, meyakini bahwa masa depan media sosial akan lebih mirip seperti TikTok.
Dalam sambutannya kepada investor untuk laporan pendapatan kuartal nya pada hari Kamis, CEO Snap Evan Spiegel mengatakan bahwa lebih sedikit waktu yang dihabiskan untuk menonton Stories dari teman-teman di aplikasi, meskipun Snapchat berharap keterlibatan Stories akan meningkat saat pandemi mereda dan orang-orang mulai pergi keluar rumah. Sebaliknya, pengguna Snapchat semakin berbondong-bondong untuk menonton video di Spotlight saingan Snapchat yaitu TikTok untuk melihat video viral yang diposting oleh random creator dan berkunjung ke bagian Discovernya untuk acara premium.
“Ini adalah kelanjutan dari tren yang telah kami amati selama pandemi, postingan dan tayangan dari cerita teman per pengguna aktif harian belum kembali ke tingkat pra-pandemi,” kata Spiegel dalam komentarnya kepada investor. “Meskipun begitu, kami berharap komunitas kami akan kembali seperti yang kami amati sebelum pandemi, kami fokus pada inovasi dan penawaran konten kami untuk melayani komunitas kami dengan lebih baik saat ini.”
Baca Juga: Bruno Mars dan Anderson .Paak Akan Muncul di Fortnite
Mark Zuckerberg, CEO perusahaan induk Facebook Meta, juga mengidentifikasi TikTok sebagai ancaman yang tangguh saat ini. “Orang-orang memiliki banyak pilihan tentang bagaimana mereka ingin menghabiskan waktu mereka, dan aplikasi seperti TikTok memiliki perkembangan yang sangat cepat,” katanya selama panggilan pendapatan kuartal keempat Meta pada hari Rabu. Tidak seperti Snap, yang masih mengembangkan basis penggunanya dan menunjukkan pertumbuhan pendapatan yang lebih baik dari perkiraan, Meta mengecewakan investor dengan laporan pendapatannya minggu ini, kehilangan lebih dari $200 miliar nilai pasarnya dalam sehari — mengalahkan rekor suatu perusahaan yang kehilangan nilai pasarnya pada tahun 2018.
Jadi, sementara kinerja bisnis Snap dan Meta telah diketahui, bahwa mereka berdua melihat TikTok sebagai persaingan. Format baru yang menarik, baik itu Stories atau umpan video TikTok, berpotensi mengalihkan perhatian pengguna dengan cepat. Snap menemukan format yang sekarang ada di mana-mana, tetapi sekarang dua perusahaan itu berusaha untuk mengejar ketertinggalan mereka dari TikTok.
(MYAF)