Peringati Hari Batik Nasional, Canva Perkenalkan Sejumlah Desain Khas Indonesia

Sekar Arum Pangastuti . October 03, 2024
canva indonesia
sumber: liputan6.com


Teknologi.id – Dalam rangka memeringati Hari Batik Nasional, platform desain grafis, Canva memperkenalkan sejumlah elemen dan template desain dengan tema Indonesia pada Rabu, 2 Oktober 2024. Beberapa elemen baru yang diperkenalkan ialah motif batik, makanan khas, dsb.

Kepala Pemasaran Canva untuk Asia Tenggara dan Amerika Latin, Ruoshan Tao mengatakan bahwa hal tersebut merupakan bagian dari upaya Canva dalam memberdayakan para pelaku keratif dalam menganut dan mengekspresikan budayanya melalui desain. Canva menambahkan elemen-elemen khas yang diadopsi dari budaya Indonesia ke versi digital. Elem-elemen ini didesain dengan profesional sebagai simbol warisan budaya.

Baca Juga: Fitur Magic Write di Canva, Begini Cara Praktis Menggunakannya

Tao mengatakan bahwa elemen Indonesia, mulai diperkenalkan oleh Canva sejak 2020. Canva mengambil tema-tema yang menarik untuk membuat elemen Indonesia seperti perayaan, budaya, acara tradisional, makanan, bangunan, serta olahraga. Menurut Tao, elemen yang paling diminati di Canva adalah Nasi Goreng, Sate, Nasi Padang, Orangutan, Harimau Sumatra, Candi Borobudur, Jakarta, Bali, serta Taman Nasional Komodo. 

Dengan adanya elemen dan template desain baru yang diperkenalkan oleh Canva, kini koleksi Canva mengenai kekayaan budaya Indonesia menjadi semakin lengkap. Di Indonesia, Canva banyak digunakan oleh para pelaku kreatif. Terdapat lebih dari 270 pengguna yang tergabung dalam Canva Creator yang produktif menggunakan Canva. Selain itu, Canva juga bekerja sama dengan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang memberdayakan sekitar 77.000 pengajar dalam Canva Education. Sebagai upaya untuk mendukung para pelaku kreatif tersebut, Canva menyediakan akses ke lebih dari 100 bahasa termasuk bahasa Indonesia, bahasa Jawa, dan bahasa Sunda yang menjadi bahasa yang paling banyak digunakan ketika membuat konten.

Baca Juga: Tips Menggunakan Canva untuk Tingkatkan Produktivitas

Cara Menggunakan Elemen Khas Indonesia

-          Pastikan Anda telah memiliki aplikasi Canva baik di HP, tablet, atau PC.

-          Buatlah akun Canva. Jika sudah punya, silakan login ke Canva Anda.

-          Jika Anda menggunakan laptop atau komputer, Anda bisa mengetuk tombol “Home”.

-          Jika Anda menggunakan HP atau tablet, Anda bisa mengetuk tombol plus.

-          Kemudian pilih opsi “create a design”. Pilih template dan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan.

-          Untuk memasukan elemen ke dalam desain, Anda perlu masuk dalam menu “Elemen”.

-          Lalu masukan kata kunci yang ingin Anda cari di kolom pencarian.

-          Ketuk “Enter” untuk mulai mencari. Nantnya elem-elemen yang dicari akan muncul dalam menu.

-          Ketuk elemen yang Anda ingin untuk dimasukkan dalam desain Anda.

-          Seuaikan ukuran elemen sesuai kebutuhan.

Selain memperkenalkan elemen dan template desain melalui media sosial, Canva juga ikut dalam acara Inacraft 2024 yang dibuka pada Hari Batik Nasional pada 2 hingga 6 Oktober di Hall A booth A6, Jakarta Convention Center (JCC). Dalam acara tersebut, Canva membuka both untuk memperkenalkan Canva dan Canva Pro yang dapat mendukung produktivitas pelajar, UMKM, dsb, Canva mengundang para pelaku kreatif, penggemar desain, dan pengunjung Inacraft 2024 untuk turut hadir meramaikan both Canva. Di sana, pengunjung bisa berkonsultasi mengenai desain, mendapatkan tutorial untuk memaksimalkan fitur-fitur Canva, dan menjelajah fitur Magic Studio milik Canva yang menggunakan teknologi AI.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.  

(sap)


Share :