Mirip Instagram Story, Begini Tampilan Baru Fitur Status di WhatsApp

Ni'matul Rihhadatil Aisy . September 20, 2023



Teknologi.id – Setiap pengembang aplikasi memiliki caranya sendiri untuk meningkatkan kepuasan pengguna saat sedang memakai aplikasi tersebut. Sebab itu, tak jarang sebuah aplikasi akan mengalami pembaruan yang bertujuan untuk memberikan pengalaman terbaik kepada penggunanya. Hal serupa juga terjadi pada WhatsApp yang akhir-akhir ini melakukan beberapa perubahan dalam tampilannya.

 

Salah satu perubahan yang dilakukan WhatsApp ialah dengan menggantikan menu “Status” menjadi “Pembaruan” atau “Updates”. Pada menu tersebut, terdapat daftar status yang dibuat oleh kontak. Kemudian, tampilan status pada menu pembaruan juga ikut berubah menjadi tersusun secara horizontal atau menyamping dari yang asal mulanya tersusun secara vertikal atau menurun.

 

Tampilan daftar status tersebut akan berubah dengan catatan apabila pengguna sudah mengikuti salah satu saluran atau channels. Jika hal tersebut tidak dilakukan, maka tampilan status akan sama seperti sedia kala.

 

Jika dilihat, tampilan status WhatsApp jadi mirip seperti Instagram Story namun dengan fitur yang lebih sedikit daripada Instagram. Adapun penyebab berubahnya tampilan tersebut dikarenakan kemunculan fitur channels atau saluran. Fitur baru itu akan menampilkan berita atau informasi sekilas terkait dengan saluran yang diikuti oleh pengguna.

Baca Juga: WhatsApp Channel Resmi Rilis, Dapatkan Informasi Up-to-Date Lebih Mudah

Oleh karena itu, untuk meningkatkan efisiensi pengguna, WhatsApp mengubah tata letak tampilan status menjadi menyamping. Hal ini juga mempermudah pengguna untuk menikmati dua fitur sekaligus di WhatsApp dalam satu menu, yakni menu “Pembaruan”.

 

Selain tampilan status, apabila diperhatikan baik-baik, secara keseluruhan menu pembaruan WhatsApp memang mirip seperti tampilan beranda Instagram seutuhnya. Namun tetap memiliki perbedaan yang menonjol dengan fitur saluran yang ditawarkan oleh WhatsApp. Jika Instagram menyajikan foto-foto yang diunggah, maka WhatsApp menampilkan informasi berupa tulisan.

Fitur-Fitur Baru WhatsApp

Aplikasi pengirim pesan ini, memang sedang gencar melakukan banyak pembaruan baik tampilan maupun meluncurkan fitur baru di dalamnya. Berikut sederet fitur-fitur baru pada WhatsApp yang mungkin belum anda tahu.

1. Fitur Saluran/Channel

Fitur yang tergabung dalam tab pembaruan ini merupakan fitur pengirim pesan yang bersifat satu arah. Pengikut tidak dapat meninggalkan komentar, namun tetap bisa memberikan reaksi berupa emoji.

 

Sama seperti pesan WhatsApp lainnya, pada fitur ini pengguna juga bisa meneruskan, menyalin, maupun melaporkan postingan yang telah dibuat. Adapun konten yang dapat diakses pengikut dalam saluran yang mereka ikuti merupakan konten yang dibagikan selama 30 hari terakhir.


Fitur ini dapat memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi baru dari sumber resmi. Sebab, saluran yang terdapat pada fitur itu juga di dominasi dengan akun-akun yang sudah terverifikasi, seperti BMKG, Kementerian Kesehatan, dan sebagainya.

2. Share Screen

Tak hanya fitur channel, WhatsApp juga menambahkan fitur yang memiliki konsep sama seperti aplikasi konferensi video lain seperti Zoom ataupun Google Meet. WhatsApp menghadirkan fitur Share Screen dimana pengguna dapat berbagi layar disaat pengguna melakukan panggilan. 

 

Meskipun belum secanggih aplikasi Zoom dan lainnya, fitur ini dapat memperlihatkan tampilan layar yang dibagikan mulai dari membuka dokumen hingga aplikasi tertentu saat panggilan berlangsung.

Baca Juga: Cara Menggunakan Fitur Instant Video Messages di WhatsApp

3. Foto Kualitas HD

Sebelumnya, WhatsApp seringkali di keluhkan oleh para penggunanya mengenai penurunan kualitas gambar yang dikirimkan lewat aplikasi tersebut. Banyak yang protes jika gambar yang dikirim menjadi buram. Oleh karena itu, WhatsApp mengatasi permasalahan tersebut dengan merilis fitur yang membuat kualitas foto yang akan dikirim  tetap dalam kualitas tinggi atau HD.

4. Keep In Chat

Tak lama setelah perilisan fitur Disappearing Messages pada WhatsApp yang dapat menghapus pesan secara otomatis dalam jangka waktu yang telah ditentukan, WhatsApp meluncurkan fitur baru bernama Keep In Chat.

 

Fitur tersebut berfungsi untuk menandai pesan yang dikirimkan lewat Disappearing Messages agar tidak terhapus atau tetap dapat dibaca. Caranya, cukup dengan menekan pesan lalu klik ikon Bookmark.

5. Edit Chat

Pengguna saat ini juga tidak perlu khawatir apabila pesan yang dikirimkan mengalami typo atau salah ketik. Pasalnya, WhatsApp telah merilis fitur Edit Chat untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Pesan yang telanjur dikirim bisa diubah dalam waktu maksimal 15 menit setelah terkirim.


Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.


(NRA)


Share :