Microsoft Office LTSC 2024 Resmi Diluncurkan, Bebas Internet dan Tanpa Langganan

Zoyabelle Ratu Arbian . September 28, 2024

Teknologi.id - Microsoft baru saja meluncurkan Office LTSC (Long-Term Servicing Channel) 2024 untuk Windows dan Mac. Paket ini terdiri dari Word, Excel, PowerPoint, Outlook, OneDrive, OneNote dan Microsoft Access. Versi Office ini berlisensi volume dan berkelanjutan yang tersedia komersial dan untuk pemerintahan.

Tentang Office LTSC

Office LTSC adalah versi Office yang diberlakukan sekali pembayaran, berbeda dengan Office 365 yang berbasis cloud. Produk ini ditujukan bagi perusahaan atau organisasi yang tidak ingin atau tidak bisa selalu terhubung dengan internet, sehingga mereka tetap dapat menggunakan aplikasi Microsoft Office dengan stabil tanpa harus memperbarui fitur secara terus-menerus.

LTSC dibentuk untuk target sasaran sektor-sektor seperti kesehatan, manufaktur, dan lingkungan bisnis yang mengutamakan stabilitas dan kontrol terhadap pembaruan perangkat lunak.

Meskipun begitu, fiturnya lebih sedikit daripada rangkaian aplikasi Microsoft 365 dan menyempurnakan fitur yang dikenalkan sebelumnya. Aplikasi Microsoft Teams juga tersedia secara terpisah, dan Office LTSC 2024 tidak lagi menggabungkan Microsoft Publisher, yang akan segera dihentikan setelah Oktober 2026.

Baca juga: Microsoft Paksa Pengguna Update Windows 11 ke 23H2, Cek Fitur Baru yang Wajib Dicoba!

Selain itu, Office LTSC 2024 tidak memiliki beberapa fitur berbasis cloud seperti kolaborasi real-time di cloud, penyimpanan cloud OneDrive yang terintegrasi, dan fitur AI yang sering digunakan pada Microsoft 365. Fitur-fitur tersebut hanya tersedia bagi pengguna yang terhubung ke Microsoft 365.

Namun, Microsoft menekankan bahwa pengguna LTSC tetap mendapatkan pembaruan keamanan dan dukungan selama beberapa tahun ke depan, walaupun tidak ada tambahan fitur utama yang diintegrasikan setelah versi rilis.Microsoft mengklaim bahwa versi LTSC 2024 menawarkan kinerja yang lebih baik dan dirancang dengan aman tanpa internet hingga tak memerlukan pembaruan secara berkala. Microsoft Office LTSC 2024 menjadi solusi yang ideal untuk bisnis dan organisasi yang memprioritaskan stabilitas dan keamanan tanpa mengandalkan koneksi internet atau model berlangganan. 

Hadir di tanggal 1 Oktober 2024 mendatang, versi ini menjawab kebutuhan organisasi yang menginginkan kontrol penuh atas lingkungan produktivitas mereka. Meskipun tidak sefleksibel Microsoft 365 dalam hal fitur cloud dan pembaruan, Office LTSC 2024 tetap menjadi opsi kuat bagi pengguna yang mengutamakan efisiensi dan stabilitas.

Baca berita dan artikel lainnya di : Google News.

(zra)

Share :