Chat Akun WhatsApp Centang Hijau Dikira Hacker, Ternyata Begini Faktanya

Teknologi.id . August 05, 2023

Foto: KompasTekno


Teknologi.id - Dalam beberapa waktu terakhir, banyak beredar cerita tentang chat dari akun "WhatsApp" yang dicurigai berasal dari peretas atau hacker. Cerita ini telah menyebar di berbagai Grup WhatsApp dan bahkan menjadi viral di media sosial. Namun, mari kita simak penjelasan yang sebenarnya.

Sebuah tangkapan layar chat WhatsApp bercentang hijau di lingkari telah menjadi perbincangan. Pesan ini datang dari akun "WhatsApp" dan dihimbau bahwa jika mendapatkan notifikasi serupa, jangan dibuka karena dipercayai berasal dari hacker. Namun, apakah benar akun "WhatsApp" bercentang hijau ini milik hacker?

WhatsApp Baru Saja Meluncurkan Akun Resmi

chat whatsapp
Foto: detikinet


Ternyata, baru-baru ini WhatsApp meluncurkan akun resmi dengan centang hijau. Akun ini dikenal sebagai "WhatsApp official chat" dan telah diumumkan melalui akun resmi Instagram @whatsapp.

Apa Fungsi Akun Resmi WhatsApp Ini?

Fungsinya mirip dengan akun resmi Telegram di platform Telegram. Akun ini memberikan informasi terbaru seputar pembaruan, kebijakan, fitur tersembunyi, serta tips dan trik penggunaan WhatsApp. Hal ini membantu pengguna untuk mendapatkan informasi tanpa harus mencari di internet.

Baca juga: Cara Agar Foto di Grup WhatsApp Tidak Tersimpan Otomatis

Cara Mengenali Akun WhatsApp Resmi

Namun, meskipun adanya akun resmi ini, tetap penting untuk waspada terhadap penipuan. Penjahat siber dapat menciptakan akun palsu yang sangat mirip dengan akun resmi. Oleh karena itu, kita perlu mengenali ciri-ciri akun WhatsApp resmi:

Akun resmi memiliki centang hijau dan ditandai sebagai "Akun WhatsApp Resmi".

Saat menerima chat dari akun resmi, akan ada pesan sistem yang menginformasikan bahwa ini adalah akun resmi WhatsApp dan pengguna dapat mengetuk untuk mempelajari lebih lanjut.

Pengguna tidak dapat mengirim pesan balasan ke akun resmi ini, dan tidak akan diminta untuk memberikan informasi pribadi.

WhatsApp Menegaskan Keamanan

WhatsApp mengingatkan penggunanya bahwa jika menerima chat dari akun yang tidak memiliki centang hijau dan mengaku sebagai WhatsApp, itu adalah penipuan. Pengguna harus melaporkan dan memblokir nomor tersebut sesuai dengan informasi yang disediakan di laman FAQ WhatsApp.

Akun Obrolan Resmi Lainnya

Selain akun "WhatsApp official chat", WhatsApp juga memiliki dua akun obrolan resmi lainnya, yaitu "WhatsApp Support" untuk bantuan teknis dan "WhatsApp Surveys" untuk mendapatkan umpan balik dari pengguna.

Baca juga: Cara Baca Chat Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan Pengirim, 100% Work!

Kesimpulan

Jadi, narasi tentang chat dari akun "WhatsApp" bercentang hijau yang dikira berasal dari hacker adalah keliru. Pesan tersebut sebenarnya berasal dari akun resmi WhatsApp yang baru saja diluncurkan. Meskipun demikian, kita tetap harus berhati-hati terhadap akun palsu dan selalu memeriksa ciri-ciri resmi yang telah dijelaskan di atas.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(dwk)

Share :