Centang Biru di Facebook dan Instagram Bisa Dibeli Mulai Rp 182 Ribu, Minat?

Gita Fitria Ramadani . February 21, 2023

Foto: Today FM

Teknologi.id - Meta mengumumkan tentang layanan verifikasi centang biru berbayar yang baru. Layanan ini disebut "Meta Verified" yang dapat memberi pengguna tanda centang biru di Instagram dan Facebook.

Harga untuk mendapatkan Meta Verified dimulai dari $11,99 per bulan atau Rp182.000 (kurs Rp15.187) untuk pembelian web. Sedangkan tarif jika dibeli melalui aplikasi Android/iOS adalah $14,99 atau Rp 227 ribu.

"Minggu ini kami mulai meluncurkan Meta Verified - layanan berlangganan yang memungkinkan anda memverifikasi akun dengan ID resmi (seperti KTP), mendapatkan lencana biru, mendapatkan perlindungan ekstra dari akun peniru yang menyamar menjadi anda, dan mendapatkan akses langsung ke pelanggan," Mark Zuckerberg mengatakan dalam posting Facebook.

Fitur ini sedang diuji di beberapa negara minggu ini, termasuk Australia dan Selandia Baru. Untuk beberapa negara lainnya termasuk Indonesia akan segera menyusul untuk diadakannya fitur ini.

"Fitur baru ini adalah tentang meningkatkan keaslian dan keamanan layanan kami." Zuckerberg menambahkan.

Syarat Jika Berminat Mendaftar Meta Verified

Foto: GQ India

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi bagi pelanggan yang berminat mendaftar sebagai Meta Verified. Pertama, pelanggan harus berusia minimal 18 tahun dan mengirimkan KTP sesuai dengan nama dan foto yang digunakan di Facebook atau Instagram.

Selain itu, pengguna yang mendaftar ke layanan ini akan menerima stiker eksklusif untuk Stories dan Reels. Pengguna akan menerima 100 bintang gratis per bulan atau mata uang digital yang dapat digunakan untuk memberi tip kepada pembuat konten di Facebook.

Namun, Meta mencatat bahwa akun bisnis belum bisa mengajukan lencana Meta Verified, dan pengguna tidak dapat mengubah nama profil, nama pengguna, tanggal lahir, atau foto profil mereka tanpa melalui proses verifikasi lagi.

"Jangka panjang, kami ingin membuat penawaran langganan yang dapat menguntungkan semua orang, termasuk pembuat konten, bisnis kami, dan komunitas pada umumnya," tulis Meta dalam postingan blog.

"Sebagai bagian dari visi tersebut, kami memperluas arti dari logo terverifikasi sehingga kami dapat memperluas akses ke verifikasi dan memberi lebih banyak kepercayaan kepada orang-orang bahwa akun yang berinteraksi dengan mereka adalah asli," tambahnya.

Baca juga: Cara Hide Akun Instagram Agar Tak Bisa Dilihat Orang lain

Facebook dan Instagram Ikuti Twitter

Seperti yang kita ketahui, Facebook dan Instagram bukanlah media sosial yang memonetisasi centang biru pertama. Twitter, media social yang dipimpin oleh Elon Musk, adalah media social pertama yang membuat layanan centang biru berbayar. Saat itu, Musk berargumen bahwa media sosial tidak boleh terlalu mengandalkan iklan.

Twitter kemudian merombak Twitter Blue dengan menambahkan centang biru sebagai fitur andalannya. Twitter Blue juga menawarkan fitur pengeditan tweet, tweet yang lebih panjang, unggahan video 1 jam, dan lebih sedikit iklan.

Saat ini, Twitter Blue berharga US$8 (Rs.121.000) per bulan saat dibeli melalui web dan US$11 (Rs.167.000) per bulan. Twitter Blue juga telah hadir di Indonesia.

Perbedaan dari Meta dan Twitter adalah Meta mengatakan layanan ini tidak akan membuat perubahan apa pun pada akun yang telah diverifikasi menggunakan persyaratan perusahaan sebelumnya, termasuk popularitas dan keaslian. Namun untuk Twitter, Elon Musk telah mengumumkan rencana untuk membakar akun bercentang biru yang terverifikasi secara gratis.

Baca juga: Cara Membuka Facebook Lupa Kata Sandi, Bisa Tanpa Nomor HP dan Email!

Bisnis Iklan Meta Tersendat

Manuver Meta untuk langganan premium di Instagram dan Facebook ini jelas ditujukan untuk meningkatkan penjualan di samping bisnis inti mereka yaitu periklanan.

Mulai tahun 2021, Apple akan memperkenalkan fitur App Tracking Transparancy. Sederhananya, fitur ini memberikan pengguna kemampuan untuk memilih aplikasi mana yang diizinkan untuk mengumpulkan data dari aplikasi lain di ponsel yang digunakan. Pengguna dapat memilih data apa yang dapat disampaikan ke aplikasi.

Biasanya, Aplikasi akan menggunakan data profil pengguna untuk menargetkan sebuah iklan (targeted ads). Memetakan profil dan preferensi pengguna dapat membuat iklan menjadi lebih relevan.

Namun dengan adanya App Tracking Transparancy, hal ini dapat memungkinkan pengguna untuk lebih bebas membatasi data yang diambil dari aplikasi. Profil pengguna tidak perlu lengkap, dan hal itu tidak bagus untuk bisnis periklanan digital.

Menurut CNBC, Meta diperkirakan menghabiskan kurang dari $10 miliar per tahun untuk fitur ini pada tahun 2022. Namun, tidak diketahui persis berapa angka sebenarnya yang dilebih-lebihkan.

Di sisi lain, Meta menombok sebagian besar unit bisnis yang berhubungan dengan Metaverse dan AR/VR, Reality Labs. Divisi tersebut melaporkan kerugian sebesar $13,72 miliar dengan keuntungan hanya sebesar $2,1 miliar untuk tahun 2022.

Baca juga: Akun Facebook Diretas? Coba Cara Ini untuk Mengembalikannya

Meskipun demikian, Mark Zuckerberg masih ingin mewujudkan mimpinya tentang dunia virtual Metaverse, berharap "akan ada 1 miliar orang di Metaverse yang menghasilkan transaksi ratusan dolar" pada akhir setengah dekade berikutnya.

Sebagai tambahan informasi, rumor tentang layanan centang biru berbayar tersebut telah beredar sejak awal bulan ini, ketika TechCrunch membagikan laporan yang berisi bukti verifikasi berbayar dalam kode sumber Instagram.

Konsultan media sosial Matt Navarra saat itu telah memposting gambar yang diduga berfungsi sebagai halaman dukungan untuk verifikasi berbayar di Instagram versi Australia atau Selandia Baru.

(gfr)

Share :