Foto: Perilisan CantikID
Teknologi.id – Beberapa
tahun belakangan ini industri kecantikan mengalami perkembangan yang pesat.
Didukung dengan potensi pasar yang luas bersamaan dengan teknologi di dalamnya.
Namun, tingginya ketertarikan masyarakat,
khususnya perempuan Indonesia, terhadap industri kecantikan ini nyatanya tak
seirama dengan kemudahan akses informasi yang mereka dapatkan.
Karena itulah, selaras dengan perkembangan
demografi dan digitalisasi masyarakat Indonesia, CantikID pun hadir sebagai
aplikasi telekonsultasi kecantikan, produk, dan perawatan yang terintegrasi
pertama di Indonesia dengan jaringan di seluruh Indonesia untuk tele-konsultasi
dan marketplace.
CantikID hadir sebagai jawaban dan solusi bagi
perempuan-perempuan Indonesia. Melalui platform
ini, perempuan Indonesia bisa mengetahui langsung informasi yang dibutuhkan
untuk perawatan ragawinya. Cara penggunaanya seperti apa, kebutuhannya apa, dan
itu akan didapatkan lewat CantikID .
Dan dengan satu genggaman tangan saja, kini perempuan
Indonesia akan mendapatkan berbagai informasi, dapat berkonsultasi langsung
dengan dokter dan ahli kecantikan langsung, dan membeli produk yang dijamin
kualitasnya.
“Saya sebagai perempuan Indonesia sangat
bersyukur dan bahagia dengan kehadiran CantikID ini. Saya ucapkan selamat atas launching-nya CantikID ini,”
“Harapannya, sebagai platform beauty dan care solution terbesar di Indonesia, semoga
CantikID bisa terus berinovasi seiring perkembangan waktu, semakin maju, dan
juga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat terutama perempuan Indonesia,”
Tutur Pemimpin Redaksi HerStory.co.id, Clara Aprilia Sukandar, saat memberikan sambutan di acara launching CantikID, Jumat (10/9/2021).
Di kesempatan tersebut, Founder sekaligus CEO CantikID, Yunus Sapang, mengatakan, latar
belakang hadirnya CantikID ini berasal dari masalah yang telah pihaknya survei,
bahwa 85% pembelian produk kecantikan itu hanya berdasarkan pada rekomendasi
atau iklan dan beberapa yang diinformasikan saudara atau teman.
“Dari 85% ini ternyata banyak masalah yang
ditimbulkan, salah satunya mungkin adalah timbulnya masalah kesehatan, misalnya
jerawat dan kulit yang kusam. Sehingga CantikID hadir menjadi solusi ataupun menjadi
jalan bagi customer-customer yang telah
kami survei, terutama dari kota tiier ke 2 dan 3,” terang Yunus.
Di masa pandemi ini, kata Yunus, CantikID juga
melihat bahwa pengusaha-pengusaha kecantikan ini pun juga mengalami banyak
masalah.
Salah satunya adalah dengan adanya pembatasan
sosial, dimana banyak sekali klinik yang tutup, sedangkan biaya operasional mereka terus berjalan.
Sehingga untuk alasan itu juga, CantikID pun hadir
memberikan solusi bagi pengusaha-pengusaha di bidang kecantikan, terutama owner-owner klinik sehingga mereka tetap
bisa berjalan, tentunya dibantu platform CantikID
ini.
“Kami juga melihat bahwa banyak sekali salon, barbershop, dimana mereka juga mengalami
masalah yang sama dengan klinik-klinik kecantikan.
Sehingga kami membuat integrasi mulai dari
konsultasi, produk, dan booking. Sehingga
nanti pada saat customer masuk ke platform kami, customer bisa melihat, bisa memilih, layanan apa yang akan dipakai.
Jadi platform
ini kami buat tentu untuk menyelesaikan semua masalah-masalah yang ada.
Baik dari masalah customer ataupun
masalah pelaku-pelaku industri kecantikan saat ini,” paparnya.
Lebih jauh, Yunus pun berharap, CantikID dapat membawa
dampak yang besar terutama bagi masyarakat yang bergerak di industri
kecantikan.
Tak hanya itu, Yunus pun berharap, CantikID
dapat menjadi sumber platform online
pengetahuan kecantikan dan perawatan, distribusi layanan yang komprehensif,
yang bertujuan untuk menjadi mitra kecantikan perempuan di seluruh Indonesia.
“Kami berharap, CantikID ini juga bisa
menyelesaikan solusi-solusi yang menjadi masalah ini, terutama untuk customer-customer CantikID yang ada di
kota tier ke-2 atau ke-3.
“Mereka bisa bertanya langsung dengan expert-expert kami dan mendapatkan
produk yang sesuai dengan yang mereka butuhkan. Sehingga kami bisa menjadi
salah satu perusahaan yang membawa dampak sosial bagi masyarakat Indonesia,”
imbuh Yunus.
Kemudian, VP
Marketing CantikID, Julia Rampen, mengatakan, yang membuat CantikID berbeda
dan menjadi platform telekonsultasi
pertama di Indonesia adalah fitur telebeauty-nya.
Di sini, CantikID menyediakan layanan konsultasi online melalui chat dengan
beragam dokter kecantikan dan perawatan, beauty advisors, dan MUA yang
kredibel, bersertifikat, berpengalaman, dan expert
di bidangnya.
“Jadi fitur-fitur di CantikID ini saling
terintegrasi, kita bisa chat dengan dokter kecantikan, lalu kita juga bisa
memilih klinik kecantikan juga, dan setelah itu kita bisa menukarkan resep
kita, lalu kita juga bisa langsung ke marketplace.
“Nah, sebenernya di situ yang membuat kami ini berbeda
dengan yang lainnya,” tutur Julia.
Julia pun menuturkan, CantikID pun hadir
sebagai jawaban bagi para perempuan Indonesia, karena melalui CantikID, perempuan Indonesia akan dimanjakan dengan fitur yang memudahkan mereka untuk booking
ke berbagai pilihan tempat perawatan kecantikan,”
“Seperti spa, hair
stylist, make-up artist, dan lainnya serta akan terhubung langsung dengan
dokter dan ahli kecantikan untuk menuntaskan segala masalah kulit yang
dialaminya.
Usai melakukan
konsultasi dengan ahli, kata Julia, customer
juga dapat langsung memesan produk kecantikan dan perawatan hasil konsultasi (resep
& non resep) juga untuk pembelian langsung (tanpa konsultasi) lewat
CantikID.
Bahkan, hebatnya lagi, para perempuan juga bisa
mendapatkan produk-produk perawatan kecantikan lainnya yang berkualitas dan
terpercaya.
Pasalnya, CantikID sudah ber-partner
dengan puluhan klinik kecantikan, dokter dan beauty advisor, ratusan
SKU, dan belasan brand produk kecantikan, di antaranya Mustika Ratu, Glo Skin
Klinik, dan yang lainnya.
“Karena berdasarkan pengalaman kita sendiri,
sebenarnya kalau kita dalam satu tombol, kita bisa mencoba mengubungi dokter kecantikan
yang jelas-jelas pakarnya, yang jelas-jelas ahlinya, tentunya kita akan lebih
mudah jadinya mengetahui apakah sebenarnya permasalahan dari kulit kita, ataukah
ada jerawat kita, atau keluhan kulit lainnya khususnya perawatan muka.
“Tetapi dengan adanya CantikID tentu akan mempermudah,
karena kita tinggal chat dengan dokter dari klinik kecantikan yang bermitra
kami, dengan satu gengaman ada semua ada di CantikID,” beber Julia.
Julia pun mengatakan, saat ini layanan beauty booking di CantikID tersedia mulai
dari jam 7 pagi hingga jam 8 malam.
Namun tak menutup kemungkinan, ke depannya, pihaknya
pun bersama dengan partner CantikID akan
mencoba menyediakan fitur beauty booking dan
konsultasi selama 24 jam.
Untuk diketahui, layanan booking klinik,
salon/barbershop, dan homecare
CantikID ini akan hadir di Jabodetabek, Surabaya, Makassar, Bali, Yogyakarta,
Balikpapan, dan kota-kota lainnya.
Di kesempatan yang sama, CEO dan Head Doctor ‘dr
Belle Aesthetic clinic’, dr.
Catherine Soebroto, mengatakan, kehadiran CantikID ini merupakan
terobosan yang luar biasa di industri kecantikan Indonesia.
“Karena ini yang satu-satunya dan pertama di
Indonesia ada aplikasi telebeauty khusus
buat dokter-dokter kecantikan. Karena kita tahu kan kalau pandemi ini, kita sudah
mau masuk 2 tahun, klinik kecantikan itu cukup terimbas sekali.”
“Karena klinik kecantikan itu butuh sekali
ketemu antara pasien dan dokter. Jadi ketika pandemi, kami bener-bener
terimbas,”
“Jadi CantikID ini hadir sebagai jembatan antara dokter dan pasien. Buat dokter ini juga sangat-sangat menolong ya, buat pasien juga sangat menolong. Jadi luar biasa sekali sih CantikID ini,” tutur dr. Catherine.
dr. Catherine pun mengaku, pihaknya diuntungkan
dengan kehadiran market place di
CantikID ini.
“Saya melihat layanan market place di CantikID penyaringan produknya sangat teliti dan
diperhatikan sekali,”
“Jadi gak akan deh produk-produk kecantikan
abal-abal lolos dijual di sini.
Produk-produk kecantikan yang berbahaya itu bisa dieliminasi sendiri oleh CantikID
lewat penyaringan yang dilakukannya,” ujarnya.
Ia pun merasakan banyak manfaat dari bergabung
dengan CantikID ini. Menurutnya, berbagai fitur yang dihadirkan CantikID,
terutama fitur beauty booking, bisa
mempersingkat waktu baik untuk dokter maupun untuk pasiennya sendiri.
“Bagi saya visi misi CantikID ini membuat saya tertarik
untuk bermitra. Dan ketika bergabung kita bisa memasukan dokter-dokter di klinik
untuk membuka telekonsultasi,”
“Dan menurut saya ini sangat bermanfaat. Bisa
mempersingkat waktu untuk dokternya juga. Sebelum ke klinik pasien dan dokter
bisa berkonsultasi terlebih dahulu, jadi nantinya pas ketemu di klinik, waktu
pertemuannya gak lama karena sudah berkonsultasi via chat sebelumnya,”
paparnya.
Terlebih dengan adanya market place CantikID, bagi dr. Catherine, secara tak langsung
membuka opportunity tersendiri sehingga
kliniknya bisa dikenal secara luas.
“Jadi misalnya kalau ada orang Papua yang mau
mencoba produk kami, itu bisa mudah sekali didapatkan,”
“Dan mereka pun bisa berkonsultasi terlebih
dahulu sehingga produk yang didapatkanpun nantinya sesuai dengan kebutuhan
mereka sendiri,” ujarnya.
Kemudian, Putri Indonesia Lingkungan 2020, Putu
Ayu Saraswati, pun mengaku terbantu dengan hadirnya aplikasi CantikID ini.
Ayu pun merasakan manfaat yang luar biasa
terutama di masa pandemi ini. Dimana saat ini banyak perempuan tak terkecuali
dirinya, yang berusaha untuk memaksimalkan waktu untuk tak ke luar rumah, namun
tetap bisa mengontrol kecantikan mereka lewat handphone.
Tak hanya itu, kata Ayu, bagi mereka yang punya
kesibukan tinggi, jelas sekali layanan konsultasi online di
CantikID ini sangat membantu. Selain fleksibel, waktu yang dibutuhkan juga
tidak lama.
Tidak perlu mengantri banyak di layanan
kesehatan. Menariknya lagi waktu konsultasi bisa jadi lebih lama karena tidak
ada antrian lain yang menunggu.
“Dan dengan satu gerakan tangan mereka bisa
mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Bagi saya CantikID sangat-sangat membantu
banget,”
“Apalagi aku bisa melakukan jasa konsultasi secara online untuk menemukan produk-produk atau treatment yang paling pas dengan kebutuhan aku sendiri,” beber Ayu.
Ayu pun lantas mengingatkan perempuan Indonesia
agar hati-hati dalam membeli produk kecantikan. Jangan mudah termakan review-review dari
influencer juga jangan sampai menjadi
korban penipuan produk kecantikan palsu atau bahkan penjualan palsu.
“Aku punya pengalaman, karena kan kita kadang suka kemakan review atau hype dari influencer-influencer
di luar sana yang review A, B, C, yang kadang kita lupa adalah bahwa setiap
individu itu kondisi kulitnya berbeda-beda,”
“Jadi dengan adanya CantikID ini, aku jadi bisa
mendapatkan solusi dan produk-produk yang memang sesuai dengan tipe kulit aku,
dan sesuai dengan kebutuhan kita sendiri,”
“Pernah juga dapat pengalaman beli produk, datang-dateng
ternyata barangnya bukan cuma gak sesuai tapi juga palsu,”
“Nah menurut aku di sini peran penting dari CantikID
ini. Karena CantikID ternyata menyediakan produk yang sudah dijamin
keasliannya,”
“Jadi manfaat buat kita sendiri dengan adanya
CantikID ini satu, kita dibantu dengan ahlinya untuk menemukan produk yang
sempurna buat kita. Dua, produknya juga udah dijamin kualitas dan
keasliannya,”papar Ayu.
Lebih jauh, Ayu pun berharap, CantikID dapat
menjadi one stop beauty dan care
solution dalam memenuhi kebutuhan perawatan kulit perempuan Indonesia.
“Terlebih di saat pandemi ini, denagn adanya
CantikID kita bukan hanya dapat produk yang guaranted,
tapi mudah dan dibantu dengan Beautycan
dan orang-orang yang ahli bidangnya masing-masing. Sehingga kita dapat produk
dan perawatan sesuai dengan kebutuhan kita,” pungkas Ayu.