7 Fitur Terbaru YouTube, Nggak Perlu Takut Ketiduran Saat Nonton!

Adellia Irmanda Azzahra . October 17, 2024

Fitur Terbaru YouTube
Foto: Union Street Media

Teknologi.id - YouTube terus berkembang untuk menyempurnakan pengalaman para penggunanya dalam menggunakan aplikasi. Terbaru, melalui situs YouTube Official Blog, YouTube mengumumkan serangkaian fitur yang dikembangkan berdasarkan masukan dari para pengguna. Dengan hadirnya berbagai fitur terbaru ini, YouTube berharap mampu membuat pengalaman pengguna menjadi lebih baik lagi.

Pembaruan ini mencakup fitur yang ditunggu-tunggu oleh banyak pengguna, seperti kecepatan pemutaran (playback speed) hingga 0,05, mode lanskap dengan responsivitas yang lebih baik, dan sampul video yang lebih besar dan jelas.

Mulai Selasa (15/10), pembaruan ini telah diluncurkan pada platform mobile, web, YouTube Music, dan TV.

1. Kecepatan Pemutaran Hingga 0,05

Penambahan opsi playback speed merupakan salah satu pembaruan yang paling banyak ditunggu oleh para pengguna. YouTube mengabulkan permintaan tersebut dengan menghadirkan opsi playback speed hingga 0,05x, di mana sebelumnya opsi paling lambat adalah 0,25x. Dengan adanya fitur ini, pengalaman menonton menjadi lebih fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

2. Miniplayer yang Mendukung Multitasking

YouTube menghadirkan fitur miniplayer terbaru yang memberikan pengguna lebih banyak kendali atas pengalaman menonton mereka. Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat melihat-lihat konten lainnya sembari tetap menonton video secara bersamaan.

Para pengguna juga dapat memperbesar dan memperkecil ukuran sesuai keinginan, serta memindahkan miniplayer sesuka hati hanya dengan sentuhan jari dalam aplikasi mobile. Pengguna kini dapat mencari video lain untuk ditambahkan ke dalam daftar tontonan tanpa perlu keluar dari video yang tengah ditonton.

3. Mengundang Orang Lain ke dalam Playlist

Pengguna kini dapat lebih mudah membuat playlist dengan mengundang teman, keluarga, atau siapa pun untuk berkolaborasi. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna cukup membagikan tautan khusus untuk mengundang mereka berkontribusi atau menggunakan kode QR untuk memudahkan penambahan lagu ke dalam playlist. Fitur ini membuat pengguna dapat berbagi musik dan video dengan lebih menyenangkan.

4. Membuat Sampul Playlist dengan AI dan Voting Video

Pengguna dapat mendesain sampul playlist menggunakan foto pribadi atau membuat desain baru dengan bantuan teknologi generatif AI. Untuk membuat sampul, pengguna dapat memilih gambar atau foto dari galeri. Gambar atau foto juga dapat dihias dengan teks, filter, atau stiker, sesuai dengan kreativitas pengguna.

Apabila pengguna ingin menggenerasikan sampul menggunakan AI, pengguna hanya perlu mengetuk opsi "Buat dengan AI," pilih tema yang diinginkan, dan pilih sampul dari berbagai kreasi yang disuguhkan. Fitur ini mewadahi kekreativitasan pengguna untuk membuat playlist yang lebih menarik.

Di akhir tahun 2024, YouTube akan meluncurkan fitur untuk mem-voting video dalam sebuah playlist. Fitur ini juga dapat digunakan untuk menyusun daftar video terbaik secara kolaboratif.

Kreator dapat memanfaatkan fitur ini untuk meminta penonton mereka me-ranking video mereka.

Baca juga: 4 Update Terbaru YouTube Shorts, Bisa Upload Video Sampai 3 Menit!

5. Mengatur Sleep Timer

Fitur sleep timer memungkinkan pengguna untuk mengatur waktu agar video yang tengah ditonton berhenti otomatis setelah durasi tertentu. Fitur ini sudah diuji coba dengan pengguna YouTube premium di awal tahun 2024. Saat ini, YouTube memperluas fitur sleep timer untuk semua pengguna YouTube di perangkat mobile.

Dengan adanya fitur sleep timer, pengguna dapat menikmati video sebelum tidur tanpa khawatir video akan terus berjalan sepanjang malam.

6. Mengoleksi Berbagai Badge Pencapaian

YouTube dan YouTube Music menghadirkan lencana (badge) untuk para pengguna mobile. Beberapa badge yang tersedia bertujuan untuk merayakan pencapaian unik di YouTube, misalnya menjadi salah satu pelanggan berbayar pertama di channel kreator atau berhasil menyelesaikan kuis dengan benar.

Pengguna juga dapat mendapatkan badge sebagai pendengar teratas untuk artis favorit mereka atau ketika komentar mereka mendapatkan "heart" dari kreator. Pengguna dapat melihat badge mereka melalui tab “You.”

7. Peningkatan YouTube TV

Pembaruan juga dapat dirasakan oleh pengguna YouTube di TV yang saat ini tampil lebih menawan dengan sentuhan sinematik. Saat menonton Shorts di TV, tampilan baru akan memungkinkan pengguna untuk membaca komentar tanpa mengganggu pengalaman menonton.

Selain itu, hadir pula halaman channel immersive, di mana video akan mulai diputar otomatis saat mengunjungi channel kreator.

Baca berita dan artikel yang lain di Google News.

(aia)

Share :