4 Update Terbaru YouTube Shorts, Bisa Upload Video Sampai 3 Menit!

Adellia Irmanda Azzahra . October 07, 2024
youtube shorts

Foto: YouTube

Teknologi.id - Kamis (3/10), YouTube baru saja mengumumkan pembaruan pada salah satu fiturnya, yaitu perpanjangan durasi maksimal untuk YouTube Shorts menjadi 3 menit. Langkah ini menandai perubahan penting bagi kreator dan penonton, yang sebelumnya dibatasi pada durasi maksimal 60 detik untuk setiap video Shorts. Dengan tambahan durasi ini, YouTube membuka lebih banyak peluang bagi kreator untuk mengekspresikan diri dan berinteraksi dengan audiens secara lebih mendalam.

Bagi banyak orang, perubahan ini membawa dampak besar dalam cara platform bersaing dengan aplikasi video pendek lainnya, seperti TikTok dan Instagram Reels. Lantas, mengapa YouTube mengambil langkah ini, dan apa manfaatnya bagi kreator dan penonton? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Perpanjang Durasi Shorts Hingga 3 Menit

Foto: YouTube Official Blog

Mulai 15 Oktober, pengguna YouTube kini dapat mengunggah video Shorts dengan durasi maksimal hingga 3 menit. Fitur ini merupakan salah satu permintaan paling populer dari para kreator, dan YouTube mengklaim bahwa perubahan ini memberikan lebih banyak fleksibilitas bagi kreator untuk menceritakan kisah mereka.

"Kami mendengar dari para kreator bahwa mereka membutuhkan lebih banyak ruang di Shorts untuk menceritakan kisah mereka. Jadi, kami akan mengaktifkan durasi hingga 180 detik," jelas Todd Sherman, Direktur Manajemen Produk YouTube Shorts, dalam video Shorts yang diunggah YouTube Creator Liaison.

Perpanjangan durasi ini berlaku untuk video dengan rasio aspek persegi atau vertikal, sementara video yang diunggah sebelum tanggal tersebut tidak akan terpengaruh. YouTube juga berjanji akan meningkatkan sistem rekomendasi untuk Shorts yang lebih panjang dalam beberapa bulan mendatang.

Lebih lanjut, perlu diperhatikan bahwa kreator belum bisa membuat video Shorts berdurasi tiga menit ini langsung melalui fitur Kamera Shorts di ponsel. Kreator bisa mengunggah video Shorts dengan durasi hingga tiga menit pada YouTube Studio, baik di desktop maupun ponsel.

Pembaruan juga dilakukan pada tampilan caption video Shorts yang lebih diperpendek, sehingga video dari kreator bisa menjadi fokus utama dan penonton bisa lebih mudah menikmati video yang mereka tonton.

2. Permudah Kreator dengan Fitur Template di Shorts

Foto: YouTube Official Blog

Kini, kreator bisa dengan mudah membuat ulang video Shorts yang mereka sukai menggunakan fitur template. Dengan mengikuti tren terbaru dan menambahkan sound yang tengah populer, kreator dapat menambahkan gaya khas mereka pada video. Fitur ini bisa diakses dengan mengetuk opsi "Remix" pada video Shorts yang menginspirasi, lalu memilih "Gunakan template ini" untuk memberikan sentuhan pribadi.

Baca juga: YouTube Shorts Rilis Berbagai Fitur AI Baru, Dukung Kreativitas Kreator


Selain itu, dalam beberapa bulan mendatang, kreator bisa memanfaatkan berbagai konten YouTube langsung dari kamera Shorts. Ini akan memudahkan mereka untuk me-remix klip dari video favorit, musik, dan lainnya, serta menggabungkan beberapa klip sekaligus.

Sebagai tambahan, YouTube sebelumnya mengumumkan bahwa model Google DeepMind, Veo, yang dirancang untuk menghasilkan video, akan hadir di YouTube Shorts. Fitur ini akan memungkinkan kreator menambahkan latar belakang video yang lebih menarik serta klip mandiri, membuat Shorts menjadi lebih mengesankan di akhir tahun ini.

3. Fitur Tren dan Pratinjau Komentar Shorts


Foto: YouTube Official Blog

YouTube berkomitmen untuk membantu komunitasnya terlibat lebih dalam dengan menghadirkan berbagai fitur baru. Salah satunya adalah halaman tren Shorts di ponsel yang memungkinkan pengguna tetap mengikuti berita terbaru. Di halaman ini, pengguna dapat menemukan apa yang sedang tren di negara mereka, mendapatkan inspirasi, dan ikut serta dalam tren yang sedang berlangsung.

YouTube juga akan segera meluncurkan fitur pratinjau komentar. Fitur ini memungkinkan pengguna melihat ringkasan apa yang dibicarakan orang-orang di komentar langsung dari feed Shorts, bahkan sebelum mereka memasuki kolom komentar. 

4. Mengontrol Konten Shorts di Beranda YouTube

Foto: YouTube Official Blog

YouTube juga memberikan pengguna lebih banyak kontrol atas pengalaman mereka dengan memperkenalkan opsi "Tampilkan lebih sedikit Shorts." Fitur ini memungkinkan pengguna menyesuaikan tampilan konten di umpan Beranda berdasarkan preferensi mereka.

Untuk menggunakan pengaturan ini, pengguna cukup mengklik menu tiga titik di kanan atas video Shorts pada beranda. Dengan melakukan ini, YouTube akan menampilkan lebih sedikit video Shorts untuk sementara waktu, sehingga video Shorts yang ada sesuai dengan preferensi masing-masing pengguna.

Baca berita dan artikel yang lain di Google News.

(aia)

Share :