Muncul Notifikasi "Akun Ini Tidak Diizinkan Menggunakan WhatsApp"? Ini Penyebabnya

Ayu Puspita Lestari . June 29, 2024

Tidak Diizinkan Menggunakan WhatsApp

Teknologi.id - WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang banyak di pakai  oleh hampir semua orang di penjuru dunia. WhatsApp memungkinkan penggunanya untuk bertukar pesan, foto, video, suara, telepn,panggilan video dan masih banyak lagi.  Namun, ada kalanya pengguna mengalami kendala karena muncul pemberitahuan "akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam". 

Dilansir dari Wealth Quint, munculnya pemberitahuan WhatsApp tidak dapat digunakan karena spam menandakan bahwa akun telah diblokir sementara atau bisa jadi diblokir secara permanen oleh WhatsApp.

Baca juga : Pengguna WhatsApp Kini Bisa Bagikan Voice Status Hingga 1 Menit

Ada beberapa faktor yang menyebabkan WhatsApp tidak dapat digunakan, seperti :

  • Menggunakan beberapa aplikasi pihak ketiga seperti GB WhatsApp, WhatsApp Delta dan bukan WhatsApp resmi
  • Terlalu banyak grup yang mungkin telah dibuat
  • Mengirim pesan berantai ke nomor tak dikenal yang tidak ada dalam kontak
  • Meniru atau mencoba menjadi orang lain dengan membuat akun palsu 
  • Meneruskan atau mengirim konten ilegal, eksplisit dan cabul kepada orang lain
  • Diblokir oleh terlalu banyak orang pada saat yang bersamaan sehingga menimbulkan kecurigaan
  • Dilaporkan oleh terlalu banyak orang dapat menjadi alasan untuk diblokir
  • Membagikan konten yang mengancam di antara orang-orang secara luas
  • Mengirimkan tautan phishing dan malware melalui file apk

Itulah beberapa penyebab akun WA kamu tidak di izinkan.

Cara Mengatasi WhatsApp yang tidak Diizinkan 

Perbaikan Dasar

Coba Gunakan VPN-WhatsApp mungkin melarang alamat IP kamu untuk menggunakan layanan ini. Kamu bisa menggunakan VPN untuk sementara, ubah alamat IP kamu dan coba lagi. Trik ini juga dapat digunakan jika pemerintah setempat melarang WhatsApp di wilayah tersebut.

Pastikan kartu SIM di perangkat utama, Jika SIM utama kamu ada di ponsel lain, WhatsApp dapat mencegah kamu menggunakan akun tersebut karena alasan privasi. Jadi, simpan kartu SIM kamu di ponsel dan coba masuk ke akun WhatsApp kamu

Tunggu dulu, bisa jadi larangan sementara  untuk akun WhatsApp kamu.  Kamu harus menunggu selama satu atau dua minggu dan mencoba lagi.

1. Perbaharui WhatsApp

Pembaruan WhatsApp diperlukan untuk meningkatkan stabilitas, meningkatkan keamanan dengan "menambal kerentanan" serta menambahkan fitur-fitur baru.

2. Unistal Aplikasi Ilegal

Ada berbagai versi modifikasi WhatsApp yang tersedia dan selalu menjadi perhatian karena tidak disahkan oleh pengembang aslinya. Versi tersebut kerap dilengkapi dengan fitur tambahan atau modifikasi yang dapat membahayakan keamanan dan privasi perangkat. Pengguna disarankan meng-uninstall aplikasi semacam ini dan menggunakan WhatsApp resmi yang tersedia di App Store maupu Play Store.

3. Ganti Nomor Ponsel

Mengubah nomor ponsel kamu akan menstransfer obrolan yang ada, informasi akun, obrolan grup dan pengaturan lainnya dari nomor ponsel lama kamu ke yang baru

4. Pastikan WhatsApp tidak Diretas

Gunakan kontak WhatsApp seperti teman atau anggota untuk memerikssa apakah ada perubahan pada poto profil WhatsApp atau cerita apa pun yang diunggah.

5. Hapus Cache WhatsApp

Menghapus cache WhatsApp adalah solusi yang sering dilakukan untuk memperbaiki berbagai masalah WhatsApp. Cache perlu dihapus karena dapat menumpuk dan menyebabkan masalah kinerja atau kesalahan seperti "akun ini tidak diizinkan untuk menggunakan WhatsApp karena spam". Dengan menghapus cache, pada dasarnya pengguna mengatur ulang dan menghilangkan potensi eror. 

6. Tunggu hingga Pemblokiran Dicabut

Terkadang, pemblokiran hanya bersifat sementara. Tunggu beberapa hari hingga akun WhatsApp kamu kembali aktif.

7. Minta WhatsApp untuk Meninjau Pemblokiran 

Jika pemblokiran bersifat sementara, kamu bisa meminta WhatsApp untuk meninjau kembali alasan pemblokiran dengan mengklik tombol "request a review" di bawah pemberitahuan.

8. Hubungi WhatsApp via Email

Jika kamu merasa tidak melanggar aturan, kamu bisa meghubungi WhatsApp melalui email untuk meminta pemulihan akun. Kirimkan keluhan Kamu ke support@whatsapp.com.

9. Hindari Pelanggaran Syarat dan  Ketentuan WhatsApp

Pastikan untuk memerhatikan dengan seksama pedoman penggunaan WhatsApp dan gunakan WhatsApp sebagaimana mestinya. Dengan demikian, WhatsApp tidak akan memblokir akun kamu.

10. Periksa Status Server WhatsApp

Saat server WhatsApp sedang down, kamu mungkin melihat adanya kejanggalan pada layanannya. Kamu dapa mengirim pesan, media danbahkan gangguan wajah selama panggilan suara/video. Kamu dapat mengunjungi Downdetector dan mencari WhatsApp untuk mengonfirmasi masalahnya. 

Beberapa cara ini bisa kamu lakukan disaat WhatsApp tidak mengizinkan kamu membuat akun.

Selamat mencoba.

Baca berita dan artikel lainnya di Google News

(ay)

Share :