Google Rilis 3 Fitur untuk Lindungi HP dari Pencuri di Android

Sekar Arum Pangastuti . October 07, 2024
google lock
sumber: blog-google


Teknologi.id – Google rilis sejumlah fitur baru yang berfungsi untuk melindungi pengguna dari pencurian data. Fitur-fitur tersebut adalah Theft Detection Lock, Offline Device Lock, dan Remote Lock. Kabar munculnya fitur-fitur tersebut berasal dari akun Reddit Mishal Rahman yang mengatakan bahwa ia mengetahui ketiga fitur itu setelah dirinya melakukan pembaruan di HP Xiaomi 14T Pro miliknya.

sumber: Google

Dari ketiga fitur di atas, Theft Detection Lock menjadi fitur yang paling menarik perhatian. Pasalnya pengguna dapat memanfaatkan AI untuk mengunci layar HP ketika mendeteksi gerakan-gerakan tidak wajar yang terkait dengan pencurian. Tak hanya AI, fitur Theft Detection Lock juga memanfaatkan sensor gerak dan WiFi di HP untuk mendeteksi gerakan mencurigakan. Misalnya ketika HP seseorang sedang dicuri atau dijambret lalu tiba-tiba dibawa lari menggunakan mobil. Saat AI mendeteksi gerakan-gerakan tersebut, secara otomatis HP akan terkunci sehingga pencuri kesulitan untuk mengakses aplikasi dan data.

Baca Juga: Serupa Google Search, Ini Dia Mesin Pencarian Baru Milik Microsoft

Fitur Offline Device Lock berfungsi untuk mengunci layar ketiks HP offline atau tidak terhubung ke jaringan untuk sementara waktu. Fitur ini akan aktif ketika HP Anda dicuri dan koneksi internet dimatikan agar tidak dapat dihubungi. HP Anda akan secara otomatis terkunci untuk menghindari pencuri mengakses aplikasi dan data yang ada di HP Anda.

Sedangkan Remote Lock membuat pengguna mampu mengunci HP-nya menggunakan nomor telepon ketika tidak dapat masuk dalam aplikasi Find My Devide menggunakan kata sandinya. Selain mengunci, fitur ini juga memberikan akses kepada pemilik HP untuk mengirim pesan ke orang yang menemukan HP-nya.

Baca Juga: 15 Fitur Google Maps yang Harus Kamu Coba, Bisa Liat ke Dalam Ruangan!

Kabarnya fitur Theft Detection Lock dan Offline Device Lock dapat digunakan di semua HP Android dengan Sistem Operasi Android 10 atau yang lebih baru. Sementara fitur Remote Lock dapat digunakan pengguna HP Android dengan Sistem Operasi Android 5 atau yang lebih baru. Jika Anda sudah menggunakan HP dengan sistem operasi di atas, tapi belum memiliki fitur-fitur tersebut, Anda bisa mencoba untuk melakukan pembaruan Layanan Google Play di HP Anda. Caranya adalaha:

  • Lakukan pembaruan Layanan Google Play.
  • Buka Menu Pengaturan di HP Anda.
  • Pilih opsi “Perlindungan dan Pencurian” atau “Keamanan Pribadi dan Perangkat”.

Diharapkan dengan fitur-fitur tersebut, pengguna dapat lebih terlindungi dari pencurian data. Semoga bermanfaat.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.  

(sap)

Share :