Angkatan Darat AS Tingkatkan Sistem Pertahanan Udara Berbasis AI

Sekar Arum Pangastuti . August 05, 2024

Sistem Pertahanan Udara Angkatan Darat AS Berbasis AI
Sistem Pertahanan Udara AS Berbasis AI. Foto: Defense News

Teknologi.id – Di saat teknologi semakin maju, drone kecil sering digunakan sebagai senjata untuk menyerang wilayah tertentu misalnya pada perang Rusia dan Ukraina. Sementara itu, Angkatan Darat AS (US Army) memilih untuk meningkatkan sistem pertahanan udara dengan berbasis teknologi AI dan machine learning.

Pengembangan sistem pertahanan udara berbasis AI akan dilakukan oleh perusahaan software, Camgian. Biaya pembaruan sistem pertahanan udara berbasis rudal (Integrated Air and Missile Defense/IAMD) sebesar 55 juta USD.

Tujuan utama dari proyek ini adalah untuk meningkatkan ketahanan sensor sambil mengoptimalkan pengambilan keputusan supaya lebih cepat dan dapat diandalkan. Untuk itu, Camgian akan mengintergrasikan platform Reactor dalam sistem pertahanan tersebut.

Reactor merupakan AI yang dilatih ke dalam sistem IAMD. Sistem ini ditugaskan untuk melindungi AS dan sekutunya dari berbagai macam ancaman udara termasuk rudal balistik, rudal jelajah, serta sistem pesawat tanpa awak. Dengan teknologi Reactor, AI akan memberikan solusi tindakan untuk meangani serangan udara. Misalnya, memilih senjata yang tepat untuk menetralkan serangan.

Baca Juga: Dinilai Menyesatkan, Kenali Praktik AI-Washing

Diharapkan teknologi pertahanan berbasis AI ini akan meringankan beban kognitif dari orang yang bertanggung jawab terhadap sistem pertahanan udara. AI dapat memilihkan langkah yang tepat untuk menangani berbagai macam situasi.

Dikutip dari Techspt, Reactor dapat bekerja menggunakan berbagai macam sensor yang ada, seperti gelombang radio pasif, akustik, radar, infra merah, dan laser. Menurut Gary Butler atau CEO dan pendiri Camgian, peperangan dapat dimenangkan dengan memberhentikan gelombang serangan lebih cepat dari musuh menyerang.

"Kontrak ini membuat kami bisa bekerja sama dengan komunitas IAMD milik US Army untuk menghadirkan kemampuan baru yang membuat operator bisa beroperasi secepat mesin," kata Butler.

Baca Berita dan Artikel lain di Google News

(sap)

 

Share :