Foto: Zoom
Teknologi.id - Zoom mulai meluncurkan fitur Zoom Docs kepada para pengguna di berbagai negara, termasuk Indonesia. Fitur berbasis AI ini dapat membantu pengguna untuk mengelola dokumen secara efisien.
Zoom Docs pertama kali diperkenalkan pada Oktober 2023 melalui situs resmi Zoom. Dalam tulisan di blog tersebut, pihak Zoom menyatakan bahwa Zoom Docs dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti memanajemen pekerjaan, delegasi tugas, mendokumentasi, mencari wiki, dan lain-lain.
Fitur ini menjadi sebuah wadah fleksibel yang agar pengguna dapat membagikan informasi serta membangun kerja sama secara real-time dengan rekan kerja. Zoom Docs disebut sebagai ruang kerja all-in-one.
Dengan didukung oleh AI, Zoom Docs dapat membantu untuk menulis, meringkas, hingga mengisi informasi sesuai dengan arahan pengguna. Cara kerjanya mirip dengan ChatGPT dari OpenAI yang sudah familiar digunakan oleh banyak orang.
Baca juga: Dinilai Menyesatkan, Kenali Praktik AI-Washing
Selain itu, terdapat juga fitur-fitur lain yang dapat membantu memudahkan pekerjaan, seperti terdapat pilihan untuk membuat tabel, mengunduh gambar, mengawasi setiap proyek yang dibuat tim, hingga menggabungkan informasi ke dalam folder.
Zoom Docs menyebutkan bahwa fitur yang dikelola oleh platform video telekonferensi tersebut berbeda dibandingkan platform dokumen lainnya. Melalui Zoom Docs, pengguna memiliki akses untuk melakukan Zoom Meetings sekaligus berbagi informasi di Zoom Team Chat selagi mengerjakan proyek.
Kelebihan lain yang ditunjukkan dari Google Docs adalah pengguna dapat mengakses berbagai kebutuhan proyek hanya dari layar Zoom Meetings sehingga tidak perlu beralih ke jendela browser dan aplikasi lain saat mengerjakan pekerjaan.
Pengguna juga memiliki opsi untuk memperlihatkan Zoom Docs melalui opsi share screen ketika rapat berlangsung. Hal ini terhitung sangat efisien karena dapat memudahkan peserta untuk langsung mengerjakan atau merevisi secara langsung bersama rekan kerjanya, seolah-olah tidak terhalang oleh jarak yang jauh.
Opsi lain yang ditawarkan adalah Share Zoom Docs yang dapat membagikan dokumen secara langsung kepada peserta rapat.
Partisipan maksimal dari Zoom Docs berjumlah 100 orang. Setiap orang yang dapat mengakses ruang Zoom Docs, dapat mengerjakan, memberi revisi, hingga menuliskan komentar pada proyek tersebut.
Baca juga: Zoom Hadirkan AI Companion, Video Konferensi Jadi Lebih Mudah dan Efisien
Setiap pengguna Zoom Meetings dapat mengakses fitur Zoom Docs. Bagi pengguna berbayar, fitur ini dapat langsung digunakan tanpa memerlukan biaya tambahan. Di samping itu, pengguna tidak berbayar memiliki batas penggunaan hingga 10 dokumen.
Selain perbedaan dari batasan dokumen, tidak ada fitur-fitur lain yang dibatasi antar pengguna, seperti dikutip dari KompasTekno, pada Kamis (8/8).
Pengguna Zoom di Indonesia telah mendapatkan akses untuk memakai fitur terbaru ini setelah memperbaharui aplikasi Zoom versi terbaru 6.1.6 (43767).
Sesuai pernyataan blog resmi Zoom, fitur Zoom Docs akan hadir pada setiap lokasi penggunaan Zoom, yaitu pada website dan aplikasi Zoom sendiri.
Demikian fitur terbaru dari Zoom yang telah dirilis di Indonesia. Tertarik untuk mencoba?
Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News
Tinggalkan Komentar