Apa itu Google AdSense? Pengertian, Cara Kerja, dan Cara Daftar Google AdSense

Apa itu Google AdSense? Pengertian, Cara Kerja, dan Cara Daftar Google AdSense. Foto: Digital Vidya

Teknologi.id –  Di era terbukanya wawasan teknologi dunia, Google AdSense semakin populer di kalangan pengguna internet. Baik oleh seorang blogger, YouTuber, hingga pembuat web.

Untuk kamu yang sudah lama berkecimpung di dunia internet, terutama blog, mungkin sudah tidak asing lagi dengan program periklanan dari Google ini.

Tapi bagi sebagian orang, masih ada yang belum tahu apa itu Google AdSense. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan panjang lebar mengenai pengertian, cara kerja, manfaat dan cara daftar Google AdSense.

Pengertian Google AdSense

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas, AdSense adalah program periklanan yang dimiliki oleh Google.

Sebenarnya Google AdSense bukanlah satu-satunya program periklanan yang ada di internet. Ada banyak sekali program periklanan selain Google AdSense, seperti Chitika, Media.net, MGID, dan masih banyak lagi. Tapi bisa dikatakan Google AdSense adalah yang terbesar.

Dari situs-situs besar hingga blog-blog kecil, banyak yang menggunakan Google AdSense sebagai salah satu sumber pemasukannya.

Yang membuat Google AdSense cukup disukai para pemilik web adalah algoritmanya. Google AdSense menampilkan iklan yang sesuai dengan konteks artikel di web tempat ia tayang.

Jadi, misalnya kamu membaca salah satu artikel di teknologi.id yang membahas laptop, maka kemungkinan besar iklan yang muncul adalah tentang laptop. Dengan begitu potensi pendapatannya juga akan lebih besar karena peluang untuk menarik perhatian pembaca akan lebih besar.

Baca juga: Ryan ToysReview, Youtuber Berpendapatan Tertinggi 2018

Cara Kerja Google AdSense

Cara kerja Google AdSense sebenarnya sederhana, kurang lebih seperti ini:

Pemilik blog atau website yang sudah memiliki banyak pengunjung dan ingin mendapatkan penghasilan dari situ dapat mendaftarkan web atau blog tersebut ke Google AdSense.

Dan jika pengajuan di terima, pemilik web akan mendapatkan sebuah akun Google AdSense. Berikutnya, kamu perlu menempelkan kode Google AdSense ke blog atau website.

Setiap ada orang yang menyentuh iklan tersebut dengan mousenya, maka kamu akan mendapatkan pemasukan.

Dan setiap tanggal 22, pendapatan kamu akan di transfer ke rekening bank sesuai yang kamu daftarkan di akun Google AdSense.

Baca juga: Top 5 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Ranah Computer Science dan IT

Cara Mendaftar Google AdSense

Cara mendaftar Google AdSense bisa dikatakan gampang-gampang susah. Gampang karena semua persyaratannya sudah dijelaskan oleh Google. Susah karena terkadang pengajuan kita bisa ditolak.

Tapi, secara garis besar untuk mendapatkan sebuah akun Google AdSense alurnya akan seperti ini:

  • Buat blog/web > Daftar AdSense > Diterima/ditolak

Jika diterima, kamu bisa langsung menempelkan kode iklan ke blog atau web yang kamu kelola.

Cukup mudah bukan?

Baca juga: Facebook: Pertumbuhan Pendapatan di Iklan Online

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa hal penting mengenai Google AdSense, mulai dari pengertian Google AdSense, cara kerja Google AdSense, dan juga cara mendaftar Google AdSense. Semoga bermanfaat.

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *