Youtube Hadirkan Panel Fact-Check Untuk Cegah Hoax

christian . April 29, 2020

Foto: Harapan Rakyat Indonesia

Teknologi.id - Sebagai usaha melawan penyebaran hoax, khususnya mengenai pandemi COVID-19, Youtube kini hadirkan panel pengecek fakta pada hasil Search di platformnya.

Ketika seseorang mencari kata kunci di pencarian Youtube, akan muncul artikel terpercaya di atas hasil pencarian. Artikel yang muncul nantinya akan menjadi bahan pendukung yang terpercaya ketika pengguna mencari suatu topik tertentu.

Artikel-artikel ini divalidasi oleh beberapa pihak ketiga yang terpercaya dan bekerja sama dengan Youtube. Beberapa diantaranya yakni The Dispatch, FactCheck.org, PolitiFact, dan The Washington Post Fact Checker.

Baca juga: Facebook Luncurkan Fitur Baru Buat Seniman; Live Streaming Berdonasi

“Sekarang ini, merebaknya COVID-19 serta penyebarannya di seluruh dunia menegaskan betapa pentingnya bagi para penonton dalam memperoleh informasi akurat di tengah keadaan yang serba cepat ini”, ungkap Youtube melalui blog perusahaan.

Foto: Youtube

Terdapat beberapa faktor yang akan menentukan akan ada atau tidaknya informasi dari pengecek fakta ini. Salah satunya ialah adanya informasi relevan dan terpercaya yang tersedia mengenai topik yang dicari.

Baca juga: Kini Pusat Info COVID-19 Hadir Dalam Aplikasi Gojek

Selain itu, pencarian yang bersifat spesifik juga kemungkinan besar akan memunculkan informasi dari pengecek fakta ini. Misalnya, pencarian dengan kata kunci “apakah tornado menghantam Los Angeles kemarin” memiliki peluang lebih besar untuk memunculkan informasi dari pengecek fakta, dibanding pencarian umum “tornado.”

Fact Check ini sebenarnya sudah muncul di Brazil dan India sejak 2019. Namun kini, Youtube memperluas cakupannya di Amerika Serikat.

(kvn)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya