Rencana Pemerintah Jadikan eSport Cabor di Asian Games 2018

Foto: pixel.tv

Bandung, Teknologi.id — Perwujudan eSport sebagai cabang olahraga baru semakin nyata. Pada Asian Games 2018 di Jakarta mendatang, eSport dipastikan akan masuk sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan.

Deputi Pembudayaan Olahraga Kementrian Pemuda dan Olahraga Raden Isnanta menyebut bidang olahraga ini akan masuk di Asian Games 2018 sebagai pertandingan eksibisi.

“Eksibisi itu adalah modal awal penting karena kalau mau masuk event dunia ya pintunya harus eksibisi,” ucap Isnanta di pembukaan Indonesia Games Championship (IGC) 2018 di bilangan SCBD, Jakarta Selatan, Selasa (6/3).

Potensi serta animo olahraga elektronik ini yang dinilai cukup besar bahkan melebihi jumlah penonton pertandingan sepakbola, menjadi salah satu pertimbangan pemerintah dalam menerima jenis olahraga ini sebagai cabor eksibisi. Selain itu, Isnanta melihat jumlah pemain olaraga elektronik di Indonesia terus tumbuh dan jika dimanfaatkan dengan baik tentunya akan banyak manfaat bagi negara.

“Ini menarik untuk dikembangkan dan sangat bisa membuat Indonesia naik popularitasnya karena internasional penontonnya luar biasa,” imbuh Isnanta.

Pemerintah memastikan pertandingan eksibisi eSport digelaran Asian Games 2018 akan dilangsungkan di Jakarta. Dan jika ekibisi olahraga ini banyak diminati negara peserta Asian Games 2018, Isnanta yakin peluang olahraga elektronik diterima sebagai cabor resmi bisa semakin besar.

Sebagai stimulus pemain eSport dalam negeri, Isnanta menawarkan ruangan di kementeriannya untuk dipakai sebagai tempat berlatih. Komunitas eSport mana pun diperbolehkan berkunjung dan memanfaatkan ruangan di sana untuk mengasah keterampilan. (nks)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *