Penguasaan Teknologi pada Tenaga Kerja Menjadi Fokus Ma’ruf Amin

Ma'ruf
Foto: Nasional Kompas

Teknologi.id – Dalam debat ketiga Pemilihan Presiden 2019 yang salah satunya mengangkat topik ketenagakerjaan, Ma’ruf Amin mengatakan bahwa tingkat pengangguran di Indonesia sudah sangat rendah, di titik antara 5,30 sampai 5,13.

Maruf mengatakan, angka pengangguran itu berada di level paling rendah selama 20 tahun terakhir.

Ia menyambungkan bahwa pihaknya ingin mendorong para tenaga kerja untuk bisa menguasai teknologi. Lebih khusus, teknologi digital menjadi hal yang dimaksudkannya.

Baca juga: Ma’ruf Amin Janjikan Dana Abadi Riset 

“Melalui palapa ring, sehingga sekarang tumbuh usaha-usaha start up, unicorn, bahkan sebentar lagi ada decacorn,” ungkap Ma’ruf, dalam debat Cawapres di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019) seperti dikutip dari detikFINANCE, Senin (18/3/2019).

Palapa Ring sendiri merupakan proyek raksasa dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Dan tujuan Palapa Ring akan menjadi ‘tol langit’ yang bertujuan untuk mempersatukan Indonesia.

Menurutnya menjadikan tenaga kerja Indonesia menguasai teknologi menjadi fokus pada program yang ingin dilakukan pihaknya.

Baca juga: Sandiaga Uno Programkan Insentif untuk Investor Riset 

“Kita ingin mendorong tenaga kerja kita mampu menguasai teknologi, terutama teknologi digital, kebetulan pemerintah kita sudah bisa membangun infrastruktur darat, laut, udara, dan infrastruktur langit,” jelas Ma’ruf.

Ia mengatakan, infrastruktur tersebut dibuat untuk menyiapkan generasi mendatang menghadapi tantangan ke depan.

“Ini dalam rangka menyiapkan anak-anak kita menghadapi ten years challenge,” kata Maruf.

Lebih jauh pihaknya akan memberikan beragam balai latihan kerja dan menggenjot pendidikan vokasi.

“Untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja kita mulai dari pendidikan kita akan revitalisasi SMK, Politeknik, akademi-akademi. KIta akan kerja samakan dengan kelompok dunia usaha dan dunia industri,” ungkap Ma’ruf.

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *