Pasca Gempa Lombok, Netizen Keluhkan Sulit Kontak Kerabat

 

Gempa telah mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat dan sekitarnya. Tagar #PrayforLombok, #PrayforNTB dan cuitan seputar Lombok telah menjadi topik populer di Twitter sejak 12 jam lalu. 

Sejak gempa 7 Skala Richter (SR) megguncang Lombok semalam, banyak netizen yang mengeluhkan kesulitan untuk mengontak teman dan kerabat mereka yang berada di Lombok.

Netizen mengeluh kesulitan menghubungi keluarganya di daerah bencana. Mereka juga mengungkap simpati dan doa bagi para korban.

Beberapa pengguna operator tertentu juga sulit dihubungi.

Sebelumnya, Telkomsel dan Tri menjelaskan bahwa terganggunya layanan telekomunikasi mereka lantaran terputusnya aliran listrik serta kesulitan mengakses BTS yang terganggu akibat kalanan yang rusak dan terputus. 

Seorang warganet mengungkap bahwa akses jalan di Lombok memang terputus akibat gempa. 

Selain itu, seorang warganet bahkan melaporkan bahwa gempa tersebut terasa hingga Banyuwangi. 

Warganet lainnya mengungkapkan simpati mereka atas gempa yang melanda saudara-saudara yang ada di Lombok, NTB dan sekitarnya.

Hingga pagi ini gempa susulan masih terus terjadi. Tercatat hingga Senin pagi, sudah terjadi 124 gempa susulan. Terakhir gempa masih terjadi dengan kekuatan 5,4 SR. Kekuatannya lebih kecil dari guncangan gempa pertama yang mencapai 7 SR. 

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, hingga Senin (6/8) pukul 02.30 WIB, tercatat sudah 82 orang tewas akibat gempa 7 SR tersebut. Sementara itu, tibuan warga lainnya mengungsi untuk mencari tempat yang lebih aman dari tempat tinggal mereka.

TIM SAR terus melakukan evakuasi dan penyisirian korban gempa 7 SR tersebut. Akses komunikasi menjadi kendala dalam upaya pencarian dan evakuasi.

“Tim SAR gabungan masih terus melakukan evakuasi dan penyisiran. Kondisi malam hari dan sebagian komunikasi yang mati menyebabkan kendala di lapangan,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugoroho dalam keterangan tertulisnya, Senin (6/8/2018).

Artikel ini telah tayang di https://www.cnnindonesia.com/ dengan judul “Gempa Lombok, Netizen Keluhkan Sulit Kontak Keluargahttps://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180806091404-192-319806/gempa-lombok-netizen-keluhkan-sulit-kontak-keluarga

Baca juga: Profit Pertama Twitter di Dua Kuartal Berturut-turut

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *