Netflix dan Microsoft Kerja Sama Siapkan Opsi Langganan Murah dengan Iklan

Muhammad Fakhriansyah . July 15, 2022

Foto: Mashable India

Teknologi.id - Perusahaan streaming film terbesar di dunia, Netflix, mengumumkan kerja sama dengan Microsoft pada Rabu (13/7/2022). Kerja sama ini menghasilkan keputusan terkait layanan streaming yang didukung iklan. Keputusan ini adalah bentuk nyata dari pengumuman Netflix pada bulan April ketika ingin memasukkan iklan dalam streaming film.

"Microsoft memiliki kemampuan yang telah terbukti untuk mendukung semua kebutuhan periklanan kami saat kami bersama-sama membangun penawaran baru yang didukung iklan. Lebih penting lagi, Microsoft menawarkan fleksibilitas untuk berinovasi dari waktu ke waktu baik di sisi teknologi maupun penjualan, serta perlindungan privasi yang kuat bagi anggota kami," kata COO Netlix Greg Peters.

 

Hadirnya iklan menjadi gebrakan baru bagi Netflix. Perusahaan asal California itu sebelumnya tidak pernah bersedia memasukkan iklan dalam setiap produksi dan tayangan filmnya. Selama ini perusahaan hanya mengandalkan pemasukan dari langganan bulanan atau tahunan pengguna. 

Baca juga: Cyber Hell Ramai di Netflix, Ini 7 Rekomendasi Film Cyber Crime

Namun, masalah pun muncul ketika beberapa tahun terakhir Netflix telah kehilangan banyak pelanggan. Melansir BBC, Netflix telah kehilangan 200.000 pelanggan antara Januari dan Maret. Saat konflik di Rusia-Ukraina sejak Februari lalu pun membuat Netlix kehilangan 700.000 pelanggan karena terpaksa menutup layanan di Rusia.

Angka ini diprediksi semakin besar dan diperkirakan Netflix akan kehilangan dua juta pelanggan lagi antara April dan Juni. Bersamaan dengan itu, Netflix pun harus menghadapi gempuran dari perusahaan lain, seperti Amazon Prime, HBO Max, Apple TV, dan Disney+.

Kesulitan itu berdampak pada terganggunya operasional perusahaan. Menurunnya pendapatan membuat ratusan pegawai terpaksa diberhentikan dan membatasi produksi film. Maka itu satu-satunya cara untuk memulihkan ekonomi perusahaan adalah dengan iklan. Dengan memasukkan iklan, harapannya Netflix akan mendapat pengguna baru dan akan mendapat keuntungan besar. Rencananya produk iklan Netflix akan hadir pada akhir tahun 2022.

(mf)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar