Lion Air Lagi, Penerbangan JT 633 Tabrak Tiang Lampu Bandara Bengkulu

Penumpang Lion Air JT 633 keluar dari kabin setelah sayap pesawat menabrak tiang lampu bandara di Bengkulu. Kredit : progres.id

Teknologi.id – Belum juga surut berita insiden penerbangan Lion Air JT 610, bahkan pencarian dan evakuasi korban pun masih terus dilakukan. Kemarin, maskapai Lion Air kembali menyedot perhatian publik. Kali ini, bagian sayap pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 633 menyenggol tiang lampu bandara hingga batal terbang.

Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menyebut Lion Air JT 633 hendak berangkat dari Bandar Udara Fatmawati Soekarno, Bengkulu (BKS) menuju Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK). Pesawat yang akan mengangkut 7 kru dan 143 penumpang itu mengalami keterlambatan terbang dari jadwal semula pukul 18.20 WIB.

“Klarifikasi terkait penundaan keberangkatan guna memastikan keselamatan penerbangan, dikarenakan lekukan pada ujung sayap sebelah kiri (wing tip) menyenggol tiang lampu koordinat di bandar udara,” ujar Danang.

Insiden terjadi ketika pesawat bersiap menuju landas hubung (taxiway). Para penumpang diarahkan kembali ke ruang tunggu.

“Seluruh penumpang diarahkan dan dikembalikan menuju ruang tunggu terminal,” jelas Danang.

Kesalahan panduan

Mengapa pesawat tersebut bisa menyenggol tiang lampu? Versi Lion Air, pesawat digerakkan pilot dengan panduan dari petugas bandara setempat.

“Ketika pesawat bergerak menuju landas pacu (runway), ternyata ujung sayap menyenggol tiang lampu koordinat landas parkir (apron) bandar udara, sehingga mengalami kerusakan. Pesawat digerakkan oleh pilot dengan panduan dan petunjuk serta tanda yang diberikan oleh petugas Aircraft Movement Control (AMC),” ujar Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, Rabu (7/11/2018).

Pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-LGY yang sedianya lepas landas pukul 18.20 WIB dari Bengkulu ke Jakarta, dibatalkan keberangkatannya. Danang mengatakan, petugas pemandu pesawat telah diperiksa dan telah meminta maaf.

“Sebagaimana dokumen yang diterima, bahwa personel Aircraft Movement Control (AMC) Bandar Udara Fatmawati Soekarno, Bengkulu, menyatakan permintaan maaf kepada seluruh penumpang Lion Air nomor JT 633 rute Bandar Udara Fatmawati Soekarno, Bengkulu (BKS), menuju Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta,” kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis, Kamis (8/11/2018).

Kondisi sayap pesawat setelah menyenggol lampu bandara. Kredit : Tribunnews

Lion Air penerbangan JT 633 mengangkut tujuh kru pesawat dan 143 penumpang. Sempat tertahan, penerbangan JT 633 telah diberangkatkan dengan menggunakan pesawat registrasi PK-LHM serta kru yang berbeda. Pesawat mengudara pukul 22.48 WIB dari Bengkulu dan sudah mendarat di Soekarno-Hatta pukul 23.50 WIB, Rabu (7/11).

(DWK)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *