Whatsapp, Facebook, dan Instagram Down Hampir di Seluruh Dunia, Kenapa Ya?

Instagram Down
Foto: Recode

Teknologi.id – Hingga kini sudah berjam-jam jejaring sosial Facebook, Instagram dan WhatsApp mengalami gangguan. Kenapa ya?

Sejak Kamis (14/3) dini hari, pengguna kesulitan mengakses ketiga layanan media sosial dan aplikasi pesan tersebut.

Aplikasi Facebook, Instagram, dan WhatsApp, masih bisa dibuka, tetapi ada fitur penting yang sama sekali tak bisa dipakai. Pengguna Facebook dan Instagram tidak bisa melakukan login, membuat postingan, hingga mengunggah Stories.

Pada aplikasi WhatsApp, pengguna bisa melakukan chatting dengan pengguna yang lain, baik melalui aplikasi atau web, tetapi tidak bisa mengirim gambar dan meng-upload Status.

Baca juga: Facebook, Instagram, dan Whatsapp Down, Jadi Trending Topic di Twitter 

Situs DownDetector menunjukkan gangguan yang terjadi pada Facebook dan Instagram terjadi di banyak negara seperti Amerika Serikat, Peru, Inggris, India, Kanada, Turki, Filipina, dan Indonesia.

Sejauh ini belum ada keterangan lebih jelas mengenai penyebab tumbangnya layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Tetapi setelah satu jam tumbangnya Facebook, perusahaan milik Mark Zuckerberg itu memberikan keterangan melalui media sosial Twitter dan meminta maaf atas gangguan yang terjadi.

Facebook menegaskan masalah ini bukanlah disebabkan oleh serangan DDoS (distributed denial-of-service) dari hacker.

Serangan DDoS adalah serangan siber dimana peretas sengaja menyerang server layanan tertentu. Caranya dengan membanjiri server layanan itu dengan lalu lintas yang sangat tinggi, sehingga situs atau aplikasi tersebut sulit diakses oleh pengguna lain.

Serangan ini dilakukan secara terus menerus hingga sistem tidak dapat menampung data dan akhirnya rusak. Sejak meledaknya era internet, serangan ini makin marak dilakukan peretas untuk melumpuhkan suatu situs.

Rencana Penggabungan

Uniknya, gangguan ketiga layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp terjadi di tengah rencana besar untuk menjalankan proyek penggabungan sistem pada layanan mereka untuk saling terhubung dan bisa berkirim pesan satu sama lain.

Nantinya pengguna bisa berkirim pesan langsung, antara WhatsApp, Facebook, dan Instagram, tanpa harus meninggalkan aplikasi yang digunakan.

Baca juga: WhatsApp, Instagram, dan Facebook Messenger Akan Bisa Saling Berkirim Pesan

Ada spekulasi bahwa gangguan yang dialami oleh Facebook, Instagram, dan WhatsApp terjadi akibat rencana Facebook untuk menggabungkan infrastruktur back-end di balik semua aplikasi ini. Namun rencana penggabungan ini dikabarkan belum akan terwujud pada tahun 2019, melainkan 2020 atau lebih dari itu.

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *