Ditanya Tentang Unicorn, Prabowo: Unicorn? Yang Online-online itu Kan?

Ditanya Soal Unicorn, Prabowo: “Yang online-online itu, iya kan?’

Teknologi.id – Debat Capres jilid II telah usai tadi malam, namun ada satu hal menarik yang tersisa mengenai pembahasan revolusi industri 4.0. Calon Presiden 01 Joko Widodo (Jokowi) dan Calon Presiden 02 Prabowo Subianto berdebat panas soal bagaimana memajukan industri startup unicorn dalam negeri.

Hal itu berawal dari pertanyaan Jokowi meminta tanggapan Prabowo terkait pembangunan infrastruktur pendukung perkembangan startup unicorn di Indonesia.

“Infrastruktur apa yang akan Bapak bangun untuk mendukung perkembangan unicorn Indonesia?”, tanya Jokowi.

Mendengar pertanyaan tersebut, calon presiden 02 sempat tampak kebingungan sesaat baru kemudian menjawab pertanyaan tersebut sembari bertanya balik.

“Yang Bapak maksud unicorn? Maksudnya yang online-online itu, iya kan?” jawab Prabowo. Beberapa hadirin debat pun terdengar tertawa mendengar jawabannya.

Prabowo tidak tahu startup unicorn?

Dengan jawaban pembuka yang kurang meyakinkan, mungkinkah seorang calon presiden tidak tahu apa itu startup unicorn?

Namun nyatanya setelah sempat terbata-bata, Prabowo melanjutkan jawabannya bahwa yang akan ia lakukan untuk mendukung Unicorn lokal adalah dari sisi regulasi.

“Kurangi regulasi, kurangi pembatasan karena mereka lagi giat-giatnya, pesat-pesatnya berkembang jadi saya akan dukung segala upaya untuk memperlancar mereka,” jelasnya.

Ia melanjutkan saat ini para pelaku startup dinilai terbebani karena adanya tambahan regulasi maupun pajak dari pemerintah dalam perdagangan online.

“Ini yang mereka mengeluh, jadi saya menyambut baik dinamika perkembangan bisnis seperti itu. Luar biasa pesat dan memungkinkan peluang besar, saya sangat dukung hal seperti itu,” tambahnya

Mendengar jawaban Prabowo, Jokowi sebagai petahana pun menanggapi bahwa dalam rangka mendorong unicorn yang saat ini ada 4 di Indonesia, pemerintah sudah siapkan program 1000 startup baru.

“Nanti kita link dengan inkubator global. Kita juga membangun Palapa Ring di Indonesia barat 100% selesai, tengah 100%, dan di timur 90% selesai dan insya Allah di Juni selesai,” paparnya.

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *