Saat ini sejumlah perusahaan rintisan (startup) saling berkompetisi untuk menjadi yang terdepan yaitu raksasa bisnis digital RI. Hal ini dapat dibuktikan dari studi terbaru International Data Corporation (IDC) tahun 2019, dimana total pengeluaran suatu perusahaan dalak rangka transformasi digital secara global akan mencapai Rp 28.000 triliun (USD 2 triliun) pada 2022 atau setidaknya mereka mengalokasikan 10% dari pendapatan untuk mengeksekusi strategi digital sebagai investasi jangka panjang (Iskandar, 2019). Melihat peluang mengenai lanskap bisnis yang sedang berubah, salah satu perusahaan konsultan teknologi dan agensi produk digital terbaik Indonesia Sagara Technology hadir menyediakan solusi end-to-end guna mendukung suatu perusahaan dalam pengembangan informasi dan teknologi yang merata di seluruh Indonesia.
Hingga saat ini, Sagara Technology telah sukses mengembangkan dan meluncurkan ratusan aplikasi website serta puluhan aplikasi mobile dari klien perusahaan-perusahaan besar seperti Samudera Indonesia, ASDP, Blanja.com, Bluebird, Bank BRI, Nindya Karya, Telkom, Qiscus, Enzym, Ruangguru, Qlue, dan masih banyak lagi. Selain itu, Sagara Technology juga membantu beberapa Kementerian, seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Pendidikan, Kementerian Perhubungan dan Transportasi, dan Kementerian Kesehatan.
Segmentasi Konsumen
Pada industri Start-up ini ada beberapa bagian pasar yang ditargetkan, pada Sagara Technology sendiri berfokus pada 3 pasar, yaitu Enterprise, Midmarket, dan Small Business.
sumber: Clutch B2B Rating & Reviews (2022)
Konsumen dari Sagara Technology ini berfokus pada Enterprise 40%, Midmarket 35%, dan Small Business 25% dengan fokus industri tertinggi pada Financial Services 40%, disusul Government 30%, Information Technology 15%, e-commerce 10%, dan industri lain 5%.
Sumber: Clutch B2B Rating & Reviews Sagara Technology (2022)
Strategi ACAPELA
ACAPELA merupakan strategi sales funnel marketing yang terdiri dari Awareness, Consideration, Purchase, dan Loyality guna meningkatkan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan conversion rate yang mengarah ke penjualan sehingga Sagara Technology dapat lebih unggul untuk dapat bersaing secara kompetitif kepada kompetitor perusahaan serupa pada industri konsultan IT.
A (Awareness)
Awareness adalah skala pengetahuan merek oleh seorang konsumen untuk mempengaruhi nilai jual produk atau jasa yang disediakan oleh Sagara Technology. Pada bagian ini ada 2 fitur utama, yakni:
- Virtual Exhibition
Virtual Exhibition merupakan strategi alternatif yang digagas untuk memberikan informasi dan menunjukan hasil proyek secara realtime sehingga bagi calon konsumen baru bisa mengetahui portofolio dari riwayat proyek dan mencari jasa tepat sesuai dengan kebutuhan konsumen. Yang mana target dari fitur ini untuk memberikan pengalaman baru yang unik sebagai media promosi untuk menarik minat calon konsumen potensial dengan memanfaatkan landing page yang hanya khusus digunakan untuk kegiatan exhibition dari Sagara Technology.
2. E-book/Guidebook
Buku elektronik yang dibuat secara interaktif dan dapat diunduh secara gratis oleh user dimana memuat informasi company history, product solution fit, customer experience, pricelist, serta awards secara lengkap agar memungkinkan calon pengguna dapat mempertimbangkan penggunaan produk dan layanan dari Sagara Technology
CA (Consideration)
Consideration adalah tahap calon pelanggan mulai mempertimbangkan produk dan layanan dari Sagara Technology, kemudian membandingkannya dengan merek lainnya lalu mempelajari lebih detail berbagai fitur dan manfaat yang ditawarkan. Berikut ini merupakan 3 strategi pemasaran guna meningkatkan ketertarikan calon konsumen pada produk serta layanan Sagara Technology:
1. CTA (Call to Action)
CTA merupakan elemen berupa gambar/tulisan yang dapat mendorong pelanggan dan pengunjung website untuk melakukan tindakan lebih. Hal ini penting sebagai upaya dalam menghasilkan leads serta mengetahui data user persona secara lebih spesifik.
2. Optimized Chat-widgets (Automatic bot: frequently asked questions)
Mengirimkan pesan otomatis kepada para pengguna secara cepat tanpa perlu mengisi data persona untuk bisa mendapatkan informasi FAQ (Frequently Asked Question) ataupun jika calon konsumen kurang menerima informasi secara lebih mendetail, maka layanan bot AI ini akan langsung dialihkan oleh customer service yang siap melayani kebutuhan client secara responsif.
3. Push notification
Sebuah tools otomatis yang dikirimkan kepada para calon pengguna dan pengguna aktif Sagara Technology sebagai pemberitahuan terbaru guna meningkatkan keterlibatan pengguna yang akan dikirim berupa pesan singkat tanpa perlu membuka aplikasi/website resmi Sagara Technology untuk dapat membaca informasi.
4. Testimonials Success Stories
Menampilkan video serta portfolio singkat berupa ulasan terkait dengan produk/layanan yang telah dibeli oleh konsumen sebelumnya. Hal ini bertujuan agar calon pelanggan baru mengetahui impact dan output yang dihasilkan apabila menggunakan produk dan jasa dari Sagara Technology.
PE (Purchase)
Purchase adalah tahapan customer melakukan keputusan pembelian layanan atau produk dari Sagara Technology. Pada tahap purchase faktor lain juga menjadi indikator sekaligus faktor pendorong pelanggan melakukan pembelian, seperti kecepatan website, informasi produk, informasi harga, dan kemudahan opsi pembayaran.
- Remarketing
Merupakan sebuah strategi untuk menghubungkan kembali user yang pernah berinteraksi dengan Sagara Technology. Melalui konten iklan relevan yang terotomatisasi melalui bantuan Google Ads maupun Meta Ads sehingga dapat mengingatkan pengguna pasif untuk melakukan pembelian terhadap produk/layanan yang sempat dipertimbangkan sebelumnya.
2. Cross Selling
Proses pemasaran yang mengenalkan variasi produk atau layanan untuk mengarahkan pelanggan agar dapat membeli selain barang utama yang mereka inginkan, namun juga masih saling melengkapi satu sama lain, sehingga pelanggan memiliki lebih banyak alasan untuk membeli keduanya.
LA (Loyalty)
Loyalty adalah tahapan customer telah memiliki tingkat kepercayaan dan kesetiaan yang tinggi pada brand Sagara Technology. Tingkat loyalitas customer berasal dari tingginya tingkat kepuasan customer selama menggunakan produk dan layanan Sagara Technology yang dapat mendorong customer melakukan pembelian berulang dan merekomendasikan brand ke customer lain.
- Exclusive Experiences
Strategi apresiasi dan penawaran fleksibilitas dalam membelanjakan membership poin untuk mendapatkan layanan eksklusif yang diberikan oleh perusahaan sebagai ungkapan rasa terima kasih atas loyalitas mereka menjadi active buyers. Program loyalitas ini nantinya akan menyesuaik
an dengan apa yang pelanggan inginkan tanpa menurunkan nilai manfaat yang diberikan oleh Sagara Technology.
2. Fitur After Sales
Fitur After Sales merupakan fitur yang mengacu pada berbagai proses untuk dapat memastikan pembeli puas dengan produk dan layanan yang dijual. Hal yang diharapkan dari perusahaan dari after sales service adalah pelanggan dapat merekomendasikan apa yang dibeli kepada orang-orang yang dikenalnya (Word-of-Mouth).
Infografis ACAPELA
sumber: Sweet Escape (2022), JNHV (2021), Gen Sindo (2021), Rifana Cake & Bakery (2022), Tokobubuk (2020), Venngage (2020), Sagara Tech (2021), leanplum (2022), Nullpress (2022), Accurate Online (2021)
Marketing Blueprint
Blueprint merupakan basic integrity suatu perusahaan, dimana dalam sebuah bisnis strategi blueprint mencakup penetapan tujuan dan sasaran dari setiap pelaksanaan program, karena fokus dari strategi ini agar Adapun berikut merupakan rincian dari Marketing Blueprint Strategi ACAPELA
Sumber: Kavak, B., Tunçel, N., & Özyörük, H. (2019)
Referensi
Top Indonesia Custom Software Developers - 2022 Reviews | Clutch.co. (2022). Retrieved 12 May 2022, from https://clutch.co/id/developers/leaders-matrix
Top Indonesia Custom Software Developers - 2022 Reviews | Clutch.co. (2022). Retrieved 12 May 2022, from https://clutch.co/id/developers/leaders-matrix
Sharma, R. (2020). Study of Supervised Learning and Unsupervised Learning. International Journal For Research In Applied Science And Engineering Technology, 8(6), 588-593. doi: 10.22214/ijraset.2020.6095
Kavak, B., Tunçel, N., & Özyörük, H. (2019). Do Small and Medium Sized Enterprises Have Their Unique Buying Behavior Variables? — A Qualitative Approach. International Journal Of Trade, Economics And Finance, 6(6), 283-289. doi: 10.18178/ijtef.2019.6.6.483
Tinggalkan Komentar