Foto: Motiska
Teknologi.id - Dengan kemajuan teknologi, ada berbagai platform penjualan yang telah lahir. Bahkan media sosial saat ini menawarkan kemampuan bagi pengguna untuk melakukan jual beli dengan mudah hanya dengan sebuah aplikasi. Salah satunya adalah TikTok.
Aplikasi ini memiliki fitur yang membantu penjual online menjual produknya. Selain itu, jumlah pengguna TikTok telah melebihi 1 miliar pada tahun 2021. Oleh karena tingkat pengguna yang tinggi tersebut, potensi promosi produk dari TikTok Shop juga dinilai sangat tinggi. Jadi bagaimana cara kerja TikTok Shop? Apa saja tips yang bisa kamu gunakan untuk menjual dan mendapatkan traffic tinggi di TikTok?
Pahamilah Cara Kerja TikTok
TikTok adalah platform yang berfokus pada berbagi konten video, dengan setiap video berdurasi mulai dari 15 detik hingga 3 menit. Itulah mengapa begitu banyak bisnis online memilih untuk berjualan di TikTok. Sama seperti Anda dapat membuat video produk, Anda dapat menggunakan musik latar untuk melibatkan audiens. Nantinya, pengguna TikTok dapat berkomentar, menyukai, dan membagikan video tersebut di platform media sosial lainnya.
Baca juga: Cara Menghilangkan Watermark TikTok Tanpa Aplikasi
Konsisten untuk Membuat Konten yang Menarik
Cara berjualan online di TikTok selanjutnya adalah dengan membuat konten TikTok menarik yang dapat menarik perhatian pengguna Anda. Pertama, cari ide konten video sebagai strategi pemasaran TikTok. Temukan ide dari pembuat konten lain. Kamu juga dapat mengikuti dan memodifikasi tren yang berkembang di TikTok.
Pada dasarnya, sebagian besar bisnis online membuat video tentang peluncuran produk, tutorial, ulasan, dan beberapa bahkan menggunakan tagar. Namun, yang paling penting adalah, kamu harus konsisten untuk membuat konten-konten yang engaging.
Bekerja Sama dengan Influencer di TikTok
Salah satu cara untuk menarik konsumen adalah dengan bermitra dengan influencer dan pembuat konten TikTok lainnya. Terlalu banyak merek yang tanpa sadar menggunakan influencer sebagai langkah untuk meningkatkan penjualan dan engagement.
Namun jangan hanya memilih influencer, perhatikan juga persona konsumen target dan tujuan promosi kamu. Misalnya, jika kamu menjual produk audio, kamu dapat memilih influencer dengan konten yang berfokus dan memiliki kecintaan pada dunia audio. Bentuknya bisa berupa video testimoni untuk membuat tutorial untuk produk yang Anda tawarkan.
Baca juga: Cara Dapat Uang dari Tiktok yang Mudah Dilakukan Pemula https
Manfaatkan TikTok Ads
Strategi pemasaran TikTok yang tidak boleh dilewatkan oleh penjual online adalah menggunakan iklan TikTok atau biasa disebut TikTok Ads. Tujuannya adalah untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Nah, TikTok Ads memungkinkan kamu untuk menggunakan 4 jenis iklan:
- InFeed Ads: Iklan akan muncul ketika pengguna meng-scroll beranda TikTok
- Promotes Hashtag Challenge: ads yang muncul sebagai ajakan bagi para penggunanya untuk memakai hashtag challenge
- Branded Filter: Efek/filter khusus yang berisi informasi produk dan diproduksi oleh produsen
- Brand Takeover: Berupa iklan eksklusif yang berbentuk image, gif, hingga video yang akan muncul satu kali sehari ketika membuka aplikasi.
Itu dia tips and trick yang bisa kamu gunakan untuk berjualan di TikTok Shop! Semangat terus untuk mencari cuan, ya.
(aks)
Tinggalkan Komentar