Targetkan 400+ startup, Teknologi.id Luncurkan Strategi Ini!

Rahajeng Pramesti . May 12, 2022


1. Latar Belakang

 

Percepatan teknologi dan pertumbuhan bisnis yang telah mencapai 26 juta lebih di Indonesia memicu reaksi berbagai startup untuk menjadi top of mind dari kompetitornya (Teknologi.id, 2022). Teknologi.id sebagai perusahaan media online teknologi terbesar di Indonesia memberi solusi sempurna dalam membantu startup meningkatkan visitors dan audience dalam layanan online presence, media distribution, media publication, native advertising, social media ads, dan event activation. Besarnya peluang kebutuhan Startup terhadap layanan tersebut, Teknologi.id seharusnya mampu mengembangkan bisnisnya baik di Indonesia maupun mancanegara. 

Merujuk pada situs similarweb.com Teknologi.id memiliki beberapa kendala yang perlu untuk diselesaikan, sebagaimana yang terdapat pada analisis issue tree dalam artikel ini. Teknologi.id mengalami penurunan traffic sebesar 18,63% dibanding bulan sebelumnya dan mengalami ketimpangan gender distribution dari audience dimana laki-laki sebesar 67,78% dan perempuan sebesar 32,22%. Analisis permasalahan berikutnya yaitu pada marketing channel distribution dan social media traffic Teknologi.id yang masih perlu di optimalkan.

Melihat permasalahan di atas, dibutuhkan strategi yang tepat bagi Teknologi.Id agar dapat meanfaatkan peluang menjangkau lebih luas pasar dan menarik ratusan startup baik di Indonesia hingga mancanegara di sisa tahun 2022. Maka dari itu, Teknologi.id dapat meluncurkan Grow’s Strategy untuk menjawab setiap akar permasalahan yang ada.


2. Landasan pemikiran

Menurut Miletsky dan Smith (2009, p.43) B2B adalah proses bisnis marketing dalam menjual produk dan jasa kepada perusahaan lain. Bisnis model ini juga sering digunakan oleh startupStartup adalah sekelompok individu yang membuat dan menjual produk baru atau layanan pada dinamika pasar yang tidak menentu dalam mencari model bisnis yang tepat, sehingga startup menghadapi kondisi pasar yang terus berubah dengan tingkat ketidakpastian yang sangat tinggi (Eric Ries, 2011). 

Dalam awal karirnya, startup sangat mencari online presence yang merupakan kehadiran atau atensi baik itu berupa traffic, kunjungan, ataupun interaksi dari customernya. Hal ini dapat diwujudkan dalam berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan online marketing. Online marketing menurut Boone dan Kurtz (2005) adalah salah satu komponen dalam e-commerce dengan kepentingan khusus oleh marketer, yakni strategi proses pembuatan, pendistribusian, promosi, dan penetapan harga barang dan jasa kepada pangsa pasar internet atau melalui peralatan digital lain. 


3. Pemaparan Masalah: Issue Tree

Sumber : Analisis Penulis

Issue tree dibuat untuk membedah masalah menjadi isu-isu dasar yang dapat menjawab permasalahan utama. Berdasarkan issue tree ini, dapat dilihat terdapat 3 sub issue yang dapat diselesaikan untuk menjawab permasalahan utama. Sub issue yang menjadi fokus penyelesaian adalah mengurangi ketimpangan gender distribution dari audience, mengoptimalkan marketing channnel distribution serta mengoptimalkan social media traffic. 


5. Strategi Solusi (GROW'S STRATEGY)


Expand Audience : Campaign untuk meningkatkan brand awareness pada wanita

Strategi Expand Audience dapat dilakukan melalui Recruitment Talent dibarengkan dengan campaign #BerkolaborasiYuk melalui social media dengan pemberian insentif kepada talent melalui link affiliate-nya, semakin banyak link tersebut di klik maka semakin tinggi pula komisinya. Selain itu, talent dapat mengajak teman menggunakan kode referal miliknya dan memperoleh komisi. Metode Quality control social media yang digunakan talent dalam membagikan videonya, terlebih dahulu akan dilakukan seleksi oleh Teknologi.id. 

Adanya talent-talent konten tiktok dan instagram, didukung dengan script relevan seperti konten make up dan fashion wanita, secara tidak langsung audience wanita akan tertarik pada konten Teknologi.id. Dengan demikian Teknologi.id dapat memenuhi target pasar audience wanita dan mengurangi ketimpangan gender distribution dari audience.

Growth Sales

Marketing Produk Teknologi.id dapat dilakukan dengan pengiklanan produk melalui sosial media baik Social Media Marketing, Digital Advertising dan strategi pengoptimalan Media  Publication. Strategi peningkatan penjualan lainnya adalah pemberian garansi kepada client atas jasa yang di order jika tidak sesuai. Kombinasi antara garansi produk dengan Media Relation yang semakin banyak ditambah dengan performa perusahan yang baik maka para pebisnis startup tidak akan ragu lagi dalam menggunakan jasa Teknologi.id untuk online pressense bisnisnya.


6. Roadmap 

Dalam menggambarkan penerapan solusi yang ada, Teknologi.id dapat menggunakan Roadmap sebagai acuan dalam menjalankan rangkaian strategi. Roadmap ini disusun dengan menggunakan framework POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) agar solusi memiliki dampak yang signifikan bagi Teknologi.id. Selain itu, terdapat 3 divisi utama yang akan berperan pula dalam proses implementasi solusi yaitu Public Relation atau Media, Marketing, dan Human Resource. Visualisasi Roadmap Teknologi.id dapat dilihat pada gambar berikut:

Sumber : Analisis Penulis


7. Referensi

Abdulaziz Albaz, M. D. T. R. d. J. S., 2020. Membuka kunci pertumbuhan di usaha kecil dan menengah. McKinsey.

Andri Helmi M, S. M., 2021. Strategic Marketing Planning Perencanaan dan Pengembangan Bisnis. Marketing.

Boone L. E. dan Kurtz D. L. (2005). Marketing Contemporary. Erlangga : Jakarta.

Eric Ries. 2011. The Lean Startup: How Today's Entrepreneurs Use Continuous Innovation to Create Radically Successful Businesses. Crown Business.

Miletsky, J. I., Smith, G. (2009). Perspectives on Branding. Course Technology

Planning, S. M., 2020. Strategic Marketing Planning. Jurnal Ekonomika dan Bisnis.

Puspita, U. W. d. A. E., 2017. Upaya Peningkatkan Brand Awareness PT. Go-Jek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing Public Relations. Jurnal Komunikasi , 9(1), pp. 31 - 43 .



author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar