Foto: Unsplash
Teknologi.id – Untuk dapat meluncurkan produk
dengan sukses, maka perusahaan perlu menjalankan go to market strategy (GTM).
Diperlukan perencanaan matang agar dapat mengetahui kapan waktu yang tepat,
serta seperti apa target konsumenmu.
Kamu dapat mengatisipasi hal tersebut
dengan melakukan go to market strategy. Strategi ini adalah cara atau
langkah dari perusahaan untuk memasukan produknya ke pasar. Hal ini termasuk
perencanaan bisnis dalam menentukan target audiens, rencana pemasaran,
dan strategi penjualan.
Berbagai hal tersebut harus dibarengi
dengan pemetaan permasalahan yang akan diselesaikan oleh produk tersebut.
Perencanaan yang matang tentunya
dapat membuat kamu melakukan penghematan yang cukup banyak. Konsep suatu produk
juga dapat lebih sesuai karena kamu telah mengetahui seluk beluk pasar dan
kebutuhan konsumennya.
Oleh karenanya, pastikan bahwa kamu
telah menentukan GTM terlebih dahulu sebelum mengembangkan dan meluncurkan
produkmu.
Terdapat beberapa hal juga yang mesti kamu perhatikan dalam perencanaan strategi. Kamu perlu mengetahui dulu persona dari konsumenmu. Dengan mengetahui peranan-peranan tersebut, maka akan lebih mudah untuk kamu dalam menentukan strategi yang tepat, konten yang dibuat, serta proses ke depannya.
Baca juga: 5 Cara Temukan Ide Kreatif Nan Gila untuk Bisnis Kamu
Kamu juga dapat membuat value
matrix untuk membantu perencanaan. Value matrix adalah suatu satu
cara untuk menentukan permasalahan apa yang akan dihadapi tiap-tiap konsumen,
serta apa solusi yang ditawarkan produkmu.
Setiap produk baru yang diluncurkan
tentu akan menemukan kendala. Oleh karenanya, kamu perlu membekali tim dengan support dengan pengetahuan, dan tools
yang cukup untuk menghadapi
permasalahan tersebut.
Tanpa
mempersiapkan tim support dengan
baik, maka konsumen dapat menganggap produkmu memang belum layak untuk
diluncurkan. Ini tentu akan berdampak dengan keputusan pembelian di masa yang
akan datang.
Untuk menambah ilmu serta pengetahuan
kamu terkait hal ini, Teknologi.id mengadakan kelas premium bertajuk “Product
Research” guna meingkatkan pengetahuan serta skill kamu dibidang product
research.
Hanya dengan Rp.150.000 perbulan
saja, kamu sudah dapat mengikuti kelas premum dengan pembicara yang kompeten di
bidangnya yakni Devi Eko Irianto selaku Senior Product Manager di IDN Media,
dan Aga Rasyidi Sukandar selaku Head of PM di DetikNetwork.
Selain itu, kamu juga akan mendapat berbagai
keuntungan dari kelas premium ini seperti:
- 2 kali sesi Zoom per bulan
- 4 sumber terkait kelas yang dapat di download per bulannya
- Akses penuh untuk QnA
- Penugasan di bidang terkait
Bagaimana? Jika kamu tertarik, daftarkan langsung diri kamu di link berikut.
(MIM)
Tinggalkan Komentar