Strategi Agar Produk Bisnismu Tepat Sasaran

Muhammad Iqbal Mawardi . April 12, 2021

Foto: Unsplash

Teknologi.id – Untuk dapat meluncurkan produk dengan sukses, maka perusahaan perlu menjalankan go to market strategy (GTM). Diperlukan perencanaan matang agar dapat mengetahui kapan waktu yang tepat, serta seperti apa target konsumenmu.

Kamu dapat mengatisipasi hal tersebut dengan melakukan go to market strategy. Strategi ini adalah cara atau langkah dari perusahaan untuk memasukan produknya ke pasar. Hal ini termasuk perencanaan bisnis dalam menentukan target audiens, rencana pemasaran, dan strategi penjualan.

Berbagai hal tersebut harus dibarengi dengan pemetaan permasalahan yang akan diselesaikan oleh produk tersebut.

Perencanaan yang matang tentunya dapat membuat kamu melakukan penghematan yang cukup banyak. Konsep suatu produk juga dapat lebih sesuai karena kamu telah mengetahui seluk beluk pasar dan kebutuhan konsumennya.

Oleh karenanya, pastikan bahwa kamu telah menentukan GTM terlebih dahulu sebelum mengembangkan dan meluncurkan produkmu.

Terdapat beberapa hal juga yang mesti kamu perhatikan dalam perencanaan strategi. Kamu perlu mengetahui dulu persona dari konsumenmu. Dengan mengetahui peranan-peranan tersebut, maka akan lebih mudah untuk kamu dalam menentukan strategi yang tepat, konten yang dibuat, serta proses ke depannya.

Baca juga: 5 Cara Temukan Ide Kreatif Nan Gila untuk Bisnis Kamu

Kamu juga dapat membuat value matrix untuk membantu perencanaan. Value matrix adalah suatu satu cara untuk menentukan permasalahan apa yang akan dihadapi tiap-tiap konsumen, serta apa solusi yang ditawarkan produkmu.

Setiap produk baru yang diluncurkan tentu akan menemukan kendala. Oleh karenanya, kamu perlu membekali tim dengan support dengan pengetahuan, dan tools yang cukup untuk menghadapi permasalahan tersebut.

Tanpa mempersiapkan tim support dengan baik, maka konsumen dapat menganggap produkmu memang belum layak untuk diluncurkan. Ini tentu akan berdampak dengan keputusan pembelian di masa yang akan datang.

Untuk menambah ilmu serta pengetahuan kamu terkait hal ini, Teknologi.id mengadakan kelas premium bertajuk “Product Research” guna meingkatkan pengetahuan serta skill kamu dibidang product research.

Hanya dengan Rp.150.000 perbulan saja, kamu sudah dapat mengikuti kelas premum dengan pembicara yang kompeten di bidangnya yakni Devi Eko Irianto selaku Senior Product Manager di IDN Media, dan Aga Rasyidi Sukandar selaku Head of PM di DetikNetwork.

Selain itu, kamu juga akan mendapat berbagai keuntungan dari kelas premium ini seperti:

  • 2 kali sesi Zoom per bulan
  • 4 sumber terkait kelas yang dapat di download per bulannya
  • Akses penuh untuk QnA
  • Penugasan di bidang terkait

Bagaimana? Jika kamu tertarik, daftarkan langsung diri kamu di link berikut.

(MIM)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar