Fitur Sembunyikan Status Online WhatsApp Sudah Bisa Dicoba di RI, Tapi...

Adiwijaya Kusumajati Supama . September 13, 2022

Foto: iNews

Teknologi.id - WhatsApp telah mulai menguji kemampuan untuk menyembunyikan status online dari kontak tertentu di platform message mereka. Fitur ini juga tersedia untuk digunakan oleh pengguna WhatsApp beta di Indonesia, tetapi penggunaannya masih secara sangat terbatas. Keterbatasan di sini berarti tidak semua pengguna WhatsApp beta bisa mencobanya. Untuk saat ini, WhatsApp memilih hanya beberapa pengguna yang beruntung untuk mencoba fitur tersebut untuk pertama kalinya.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol status online mereka agar hanya terlihat oleh orang yang mereka inginkan. Pengguna WA dapat mengontrol kontak mana yang dapat melihat status online mereka saat aktif di WhatsApp. Status online itu sendiri ditampilkan di bawah nama kontak pengguna. Status online kamu dapat ditampilkan saat kontak yang bersangkutan membuka aplikasi WhatsApp untuk chatting atau aktivitas lainnya. Fitur ini tersedia di WhatsApp Beta Android versi 2.22.20.9 dan dapat kamu set melalui menu Pengaturan Privasi.

Foto: KompasTekno

Status online itu sendiri ditampilkan di bawah nama kontak pengguna. Status online Anda ditampilkan saat kontak yang bersangkutan membuka aplikasi WhatsApp untuk chatting atau aktivitas lainnya. Fitur ini tersedia di WhatsApp Beta Android versi 2.22.20.9. Fitur ini tersedia dari menu Pengaturan Privasi dan melengkapi opsi Verifikasi Terakhir. Setelah update, penamaan menu disesuaikan menjadi Last Seen Online bukan hanya Last Seen.

Untuk menyembunyikan status online kontak tertentu, buka menu Settings > Account > Privacy > Last Seen & Online (Last Seen & Online). Setiap opsi yang kamu pilih juga akan memengaruhi kemampuan kamu untuk melihat status online pengguna lain dan status online terakhir. Jika kamu memilih untuk tidak membagikan status online yang terakhir dilihat kepada semua orang, kamu tentunya juga tidak akan dapat melihat kapan orang lain terakhir melihat WA mereka atau sekadar online/aktif di WhatsApp.

Baca juga: Scrolling Text WhatsApp, Apa Itu dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Pembaruan WhatsApp beta Android versi 2.22.20.9 sebenarnya diluncurkan di Play Store mulai hari ini, menurut WAbetaInfo. Namun, jumlah pengguna yang diperkenankan untuk mencoba fitur ini masih dibatasi oleh WhatsApp. Belum diketahui kapan WhatsApp akan meluncurkan fitur ini di WA yang diperuntukkan untuk semua pengguna. Namun, WhatsApp telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan meluncurkan fitur tersebut dalam waktu dekat.

(aks)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar