Cara Back Up Kontak ke Google Drive untuk HP Android

Silviya Zukhruf Aini . December 26, 2023

Cara Back Up Kontak ke Google Drive

Foto: Mashable India

Teknologi.id - Dahulu, hampir semua orang mencatatkan nomor telepon dalam sebuah buku. Namun, seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, identitas seseorang yang berupa nama dan nomor telepon kini dapat disimpan melalui smartphone. Dengan menggunakan aplikasi kontak bawaan smartphone, tidak hanya nama dan nomor telepon yang dapat disimpan, tetapi juga dapat menyimpan alamat rumah maupun alamat email.

Tak jarang, kontak yang disimpan tersebut berisi kontak dari beberapa orang yang penting, baik itu teman, rekan kerja, keluarga, klien, dan lain sebagainya. Hal penting yang dapat dilakukan agar kontak tersebut tidak hilang yakni dengan mencadangkan data kontak.

Mencadangkan kontak menjadi salah satu tindakan preventif yang dapat dilakukan apabila pengguna kehilangan ponselnya, atau ketika ponselnya mengalami kerusakan yang mengharuskan untuk beralih ke ponsel baru. Sehingga nantinya, pengguna tidak perlu memasukan kembali kontak secara manual di ponsel baru.

Google Drive merupakan salah satu platform berbasis online yang menyediakan penyimpanan awan (cloud), yang dapat digunakan untuk mem-back up data kontak di ponsel. Kontak yang telah dicadangkan ke Google Drive telah terjamin keamanannya, serta dapat diakses kapan saja dan di mana saja dengan mudah, selagi jaringan internet tetap stabil.

Berikut ini cara menyinkronkan dan mencadangkan data kontak dengan Google Drive di ponsel Android.

Baca juga: Google Drive di Android Punya Fitur Baru, Buka File PDF Seperti Baca Buku 

Cara Menyinkronkan Kontak ke Google Drive

  • Masuk ke menu "Settings/Setelan" di ponsel.
  • Scroll ke bawah, lalu klik "Google".
  • Klik "Backup/Pencadangan".
  • Scroll ke bawah, lalu pilih "Google Account data/Data akun Google".
  • Klik ikon titik tiga di bawah, lalu klik "Sync now/Sinkronkan sekarang".
  • Selanjutnya, data kontak yang ada di ponsel akan otomatis tersinkronkan ke akun Google Drive.

Cara Aktifkan Pencadangan Data Kontak ke Google Drive

  • Masuk ke menu "Settings/Setelan" di ponsel.
  • Pilih opsi "Additional settings/Setelan tambahan".
  • Klik "Back up and restore/Cadangkan dan pulihkan".
  • Scroll ke bawah. Lalu pada menu "Google Backups/Cadangan Google", pilih "Back up my data/Cadangkan data saya". Pastikan bahwa akun cadangan telah terhubung dengan akun Google.
  • Geser toggle ke kanan untuk mengaktifkan pencadangan data. Setelah diaktifkan, seluruh data kontak yang ada di perangkat akan tercadangkan secara otomatis.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(sza)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar