Traveloka Send: Fitur Logistik Terbaru Layani Pengiriman Barang!

Lusita Amelia . September 14, 2022

foto: infokomputer/Website

Teknologi.id - Perusahaan jasa pengiriman barang belakangan ini menjadi bidang bisnis yang diminati oleh berbagai perusahaan. Perusahaan pengiriman barang, seperti JNE, J&T, TIKI, dan sebagainya melayani jasa pengiriman bekerja sama dengan perusahaan atau UMKM lain untuk mengirimkan barang kepada pemesan. Tidak ingin ketinggalan, kini perusahaan Traveloka juga merambah bisnis layanan pengiriman barang yang diberi nama Traveloka Send. Sejauh ini, Traveloka sudah membuka banyak bisnis-bisnis lain juga selain jasa pemesanan tiket, misalnya Traveloka Eats. Bagaimana informasi lengkapnya mengenai Traveloka Send? Simak artikel di bawah ini!

Sejak pandemi, Traveloka berusaha menjawab kebutuhan konsumen dengan membuka bisnis baru di luar jasa pemesanan tiket atau lebih dikenal sebagai lifesyle superapp. Baru-baru ini Traveloka juga menambahkan fitur pengiriman barang yang dapat diakses melalui aplikasi. Sampai saat ini, layanan pengiriman barang baru difokuskan untuk konsumen yang berada di daerah Jabodetabek. 

Dilansir dari Daily Social, layanan ini disediakan oleh grup Traveloka di bawah badan hukum PT Ciptaloka Karsa Teknologi. Sistem karyawan pengemudi Traveloka Send ini menggunakan konsep kerja sama mitra. Perusahaan menggunakan mitra yang ada di dalam perusahaan dan pihak ketiga yang ingin bekerja sama dengan bisnis baru perusahaan.

Baca juga: AirAsia Ride: Bisnis Taksi Online yang Akan Beroperasi Perdana di Bali

Traveloka Send kini baru tersedia untuk pengiriman barang dengan jangakauan maksimal 12 km. Barang yang dikirim harus memiliki bobot maksimal 5 kg dengan dimensi lebih besar dari 40x40x30 cm3. Layaknya jasa pengiriman barang lainnya, Traveloka Send tidak dapat digunakan untuk mengirim barang seperti peledak, hewan hidup, logam mulia, dan jenis-jenis tertentu lainnya. Untuk durasi pengiriman, perkiraan waktu pengiriman barang sekitar empat jam setelah paket diserahkan kepada pengemudi. Estimasi 4 jam tersebut di luar kondisi tidak terduga yang akan menghambat proses pengiriman barang, seperti hujan deras atau demo.

Hadirnya fitur Traveloka Send ini juga diiringi dengan ditutupnya layanan Traveloka Mart yang dirilis pada bulan Maret 2022. Traveloka Mart dianggap tidak memiliki jumlah peminat yang banyak karena harus bersaing dengan perusahaan yang berfokus pada bidang tersebut. Berbeda dengan Traveola Eats, yang bekerja sama dengan jasa pengiriman Lalamove, cukup menarik perhatian para pengguna dan banyak yang menggunakan fitur layanan tersebut. Selain pengguna memang lebih banyak membutuhkan layanan pemesanan makanan, promo yang diberikan juga menarik sehingga pengguna masih banyak yang menggunakan fitur Traveloka Eats ini.

Karan Bhardwaj, Co-founder dan CEO RaRa Delivery, dilansir dari Daily Social mengatakan bahwa banyak orang bersedia membayar dua hingga tiga kali lebih banyak untuk pengiriman hari yang sama. Perusahaan dan UMKM juga terkadang menyediakan opsi pengiriman hari yang sama kepada konsumen sehingga layanan ini akan menjawab kebutuhan para pemilik usaha bisnis. Bahkan, tidak jarang para konsumen juga mau membayar lebih mahal karena ingin barangnya segera sampai dalam waktu satu hingga dua jam. Dapat dikatakan bahwa bisnis pengiriman barang  ini akan menguntungkan dan berkelanjutan. Kebutuhan konsumen dan perusahaan bisnis pun akan terjawab dengan semakin banyaknya opsi jasa penyedia pengiriman barang. 

Dilansir dari Tech in Asia, pada Juli 2022, Traveloka mendapat suntikan modal dari PTT Oil and Retail Business (PTTOR). PTTOR adalah anak perusahaan dari konglomerasi energi asal Thailand PTT. Nilai investasi yang didapatkan tidak dipublikasikan kepada publik. Fitur baru ini bisa saja merupakan hasil dari suntikan modal yang didapat untuk perluasan bisnis guna meningkatkan profit. 

Sampai sejauh ini, belum ada tanggapan resmi dari Traveloka mengenai fitur Traveloka Send ini secara lebih lanjut. Kefokusan Traveloka mengembangkan lifestyle superapp membuat perusahaan ini banyak merambah bisnis-bisnis baru yang dapat meningkatkan kemudahan pengguna dalam bertransaksi. Traveloka menambah sejumlah jumlah layanannya, mulai dari Traveloka Health, layanan ride-hailing QuickRide, hingga pay later. Kalian dapat menggunakan semua fitur layanan ini hanya melalui satu aplikasi Traveloka. Syaratnya yang mudah pun menjadi daya tarik tersendiri pula bagi para pengguna baru ataupun lama. 

Sudahkah kalian mencoba salah satu fitur layanan tambahan dari Traveloka? Apabila belum, kalian dapat dengan mudah mendaftar akun dan merasakan pengalaman baru dengan Traveloka.

(LA)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar