Buat Konten 10x Lebih Cepat dengan AI Tools Ini!

Ardi Aryaguna . August 17, 2023


ai tools
Foto: AgencyAnalytics


Teknologi.id - Dunia semakin mendekati era AI (Artificial Intelligence), dan para content creator dituntut untuk selalu berinovasi dan efisien. Salah satu cara untuk mencapai ini adalah dengan memanfaatkan teknologi. Apa yang terbayangkan jika Anda dapat membuat konten 10 kali lebih cepat? Ya, itu mungkin dengan bantuan Artificial Intelligence (AI). Dalam artikel ini, Teknologi.id akan membahas beberapa alat AI yang bisa membantumu dalam proses pembuatan konten. 

Berikut adalah beberapa alat AI yang dapat membantu Anda membuat konten lebih cepat dan lebih efisien: 

4 Tools AI Terbaik untuk Content Writing

1. ChatGPT

Di garda depan adalah AI yang menjadi pionir pertama para konten kreator, ChatGPT. Terkenal karena reputasinya sebagai pembantu serba bisa dalam membuat konten, mulai dari menulis email, menulis blog, caption media sosial, SEO, dan banyak lagi.  Dengan prompt yang tepat, Chat GPTbisa menghasilkan konten berdasarkan keinginan kita dan bahkan membantu user brainstorming. Kekuatan utama ChatGPT terletak pada kemampuannya untuk menghasilkan konten dasar yang dapat dipoles dan dioptimalkan untuk berbagai platform, yang bisa disempurnakan dengan tool selanjutnya.

Sumber: dokumentasi pribadi

2. Jasper AI

Apakah kamu mencari alat yang bisa membuat konten dengan cepat dan efisien?  “Jasper AI” adalah spesialisnya! AI ini terkenal karena kemampuannya menyusun konten panjang dengan bantuan template dan "resep" konten yang sudah disediakan. Keunggulan utama dari Jasper AI terletak pada kerangka kerja yang terstruktur yang membuatmu bisa menciptakan konten berkualitas tinggi di berbagai topik. 

Bayangkan memiliki berbagai template atau outline untuk struktur seluruh tulisan kontenmu. Jasper AI memastikanmu memiliki titik mulai yang solid dalam proses kreatifmu. Jasper AI dapat membantumu dengan format apapun seperti postingan media sosial hingga FAQ. 

Sumber: Jasper AI

3. Surfer SEO 

SEO adalah kunci sukses dalam dunia digital. Dengan SEO yang efektif, kontenmu akan mendapat peringkat tinggi di Google dan mudah ditemukan oleh audience keinginanmu, sehingga meningkatkan traffic situs webmu.

“Surfer SEO” diciptakan untuk mengoptimalkan SEO kontenmu menggunakan analisis dan saran AI untuk optimasi on-page dan link building. Cara kerjanya adalah dengan SurferSEO akan menganalisis internet, lalu mencari konten dan struktur situs web yang mendapatkan peringkat tinggi untuk kata kunci tertentu.

Sumber: SurferSEO


Dengan fitur analisis konten, optimasi on-page, dan link building-nya, kita bisa  membuat konten yang nggak hanya menarik tetapi juga menduduki posisi teratas di page search engine apapun.

4. Notion

Notion adalah tools yang akan menjadi "otak keduamu" untuk manajemen konten. Pada update terbarunya, Notion mengintegrasikan AI revolusioner langsung ke workspace Notionmu. Bayangkan kamu menulis sebuah post untuk blog, dengan AI, prosesnya hanya cukup klik "generate post" dan lihat sendiri bagaimana AI akan menulis draf awalmu.

AI ini sangat hebat dalam proses brainstorming, dan sangat membantu saat kita mendapat "writer block". Selain itu, AI ini bisa memperbaiki kesalahan ejaan dan tata bahasa. Bahkan kamu bisa menerjemahkan sesuatu secara real-time dengan mudah. AI ini sangat membantu karena kamu bisa menulis dan mengerjakan sesuatu dengan bantuan AI secara langsung tanpa harus berpindah-pindah program atau tab tool AI lain.


Sumber: Notion


Baca Juga: AI Google Bisa Meringkas Website yang Panjang Jadi Lebih Singkat

2 Tools AI Terbaik Untuk EdVideoiting

5. ClipDrop.co

Kamu tidak perlu khawatir lagi soal biaya dan hak cipta lagi saat menggunakan stock video atau gambar untuk kontenmu, karena kamu bisa membuatnya sendiri menggunakan AI! Di antara banyaknya AI Seni, yang paling  menonjol adalah  clipdrop.com. Di sini, kamu akan menemukan tool  bernama Stable Diffusion XL, yang memiliki perpaduan fitur unik yang menjadikannya beda dari AI lain.

Yang tinggal kamu lakukan adalah menulis prompt dari gambar apa yang kamu inginkan, setelah itu pilih style yang kamu inginkan untuk gambar itu. Kamu bisa memilih style seperti anime, lukisan, fotografi, dan lain-lain. Setelah itu tunggu beberapa detik, kamu akan melihat promptmu menjadi gambar keren dan hidup dari prompt yang kamu inginkan!


Sumber: ClipDrop


Nggak berhenti di situ, ada alat yang disebut “uncrop”. Kamu bisa memperlebar sebuah gambar dengan cara AI akan membuat gambar yang mengisi ruang kosong yang ada.

Sumber: ClipDrop

Dan fitur paling kerennya adalah “relight”. Kamu bisa memanipulasi pencahayaan dalam gambar. Ya, hal yang tidak mungkin dilakukan sebelumnya. Kamu bisa memanipulasi sumber cahaya untuk menggeser bayangan, menyesuaikan warna, meningkatkan kecerahan, dan bahkan membuat sumber cahaya baru. 

Sumber: ClipDrop

6. Captions app

Apa yang paling penting dalam membuat konten video? Skrip video, subtitle, dan kontak mata. 

Aplikasi Captions adalah spesialis dalam seluruh bidang itu. Aplikasi ini sebenarnya spesialis dalam membuat caption atau subtitle otomatis dalam videomu dengan menggunakan AI. Namun Caption juga bisa menyusun skrip video dan bahkan menyediakan fitur teleprompter bawaan. Setelah skrip videomu selesai, Captions akan menampilkan skripmu di layar yang membuatmu lebih mudah saat proses shooting.

Sumber: Captions App

Fitur menarik lainnya: masalah dari orang-orang saat rekaman adalah matanya selalu cenderung melihat ke bawah daripada kamera, sehingga terlihat tidak natural dan membaca skrip. Captions memiliki teknologi yang memanipulasi matamu agar selalu menjaga kontak mata dengan kamera. Karena ini kamu bisa membaca skrip dari manapun sambil menjaga penampilanmu.  Dengan aplikasi ini kamu bisa membuat video yang engaging tanpa banyak melakukan proses yang memakan banyak waktu.

Penutup 

Dengan perkembangan teknologi yang pesat, AI telah membuka pintu baru bagi para content creator untuk membantu mereka dalam proses pembuatan konten mereka. Alat-alat ini dirancang untuk memaksimalkan produktivitas dan efisiensi, sambil mempertahankan atau bahkan meningkatkan kualitas konten. 

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(AA)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

1 Komentar