Yang Harus Dilakukan Ketika Akan Traveling ke Luar Negeri

Yang Harus Dilakukan Ketika Akan Traveling ke Luar Negeri

Teknologi.id – Ketika kalian akan pergi ke luar negeri, ada beberapa hal yang harus kalian persiapkan. Berkembangnya teknologi di luar negeri membuat kalian harus bersiap akan “Technology Shock” atau kejutan teknologi. Hal ini disebabkan karena perbedaan kemajuan teknologi antara Negara kita dengan Negara yang akan kita tuju.

Jadi, apa yang harus dipersiapkan sebelum traveling ke luar negeri?

Periksa Aplikasi yang tersedia di Luar Negeri Tujuan

Japan Travel App

Beberapa negara memiliki aplikasi yang sinkron dengan pemerintah. Jepang misalnya, memiliki aplikasi Japan Travel yang dibuat oleh perusahaan NAVITIME Japan. Aplikasi ini memiliki fitur jadwal kereta api dan kita bisa melihat berapa lama tujuannya ke suatu destinasi secara akurat. Untuk destinasinya ke mana, kalian tinggal buka aja aplikasi ini.

Korea pun demikian, mereka memiliki aplikasi Korea Subway yang juga sinkron dengan pemerintah untuk jadwal kereta api. Namun untuk keamanan, kalian harus berhati-hati untuk mencari aplikasi karena pasti ada beberapa yang isinya itu berupa virus.

Maka dari itu, periksalah aplikasi yang dirilis secara global sebelum kalian pergi ke Luar Negeri tujuan kalian traveling tersebut.

Baca juga: HoverGlide, Tas Punggung Anti Sakit Meski Bawa Beban Berat

Install Aplikasi Berbasis Terjemahan

iTranslate

Susah pergi ke mana karena faktor bahasa? Tidak usah khawatir. Cari aplikasi terjemahan yang sesuai dengan kalian. Google Translate, iTranslate, aplikasi apapun yang membuat terjemahan bahasa kamu lancar ketika ke Luar Negeri. Pasti bakal berguna kok kalau kalian di luar negeri.

Meski mungkin prosesnya agak lama, setidaknya kalian harus punya salah satu aplikasi terjemahan. Hal ini diperlukan supaya kalian tidak merasa minder ketika berbicara dengan orang bule lokal di sana.

Safety comes first!

Riset Setiap Teknologi Yang Ada di Luar Negeri

Menjadi wisatawan mancanegara juga tidak mudah. Kalian harus melihat teknologi apa yang digunakan di sana. Bisa saja kalian diwajibkan membeli satu kartu yang bisa dipakai untuk apa saja. Ini juga berakibat “Technology Shock” karena kita jadi gaptek atau gagap teknologi ketika melihat teknologi mereka lebih maju dari kita.

Jangan iri kalau teknologi mereka maju. Kita bisa memanfaatkannya untuk mempelajari teknologi apa yang mereka punya. Mungkin saja nanti kita bisa mengembangkan teknologi tersebut ketika kita pulang ke tanah air. Pelajari teknologinya dan ambil apa yang bisa kita peroleh.

Riset dulu teknologi apa yang mereka gunakan. Meski tidak beda jauh, bisa saja prosedurnya berbeda dari kita. Jadi, tidak ada salahnya kita meriset teknologi di tempat tujuan kita sebelum traveling.

Baca juga: Travel Buddy: Pergi Wisata Kemanapun dengan Cita Rasa Indonesia

Amankan tempat tinggal sebelum berangkat

Sekarang kita punya teknologi di mana kita bisa memantau rumah secara real-time menggunakan aplikasi. Kalau kalian punya kamera di rumah, jangan segan-segan manfaatkan. Kalau perlu, cari aplikasi yang bisa membuat kalian mengawasi tempat tinggal secara langsung. Sambungkan ke internet melalui aplikasi ke kamera di rumah, dan.. sret! Kalian bisa deh memantau rumah kalian melalui aplikasi.

Tapi, kalian jangan sesekali membocorkan informasi kalau kalian mau pergi berapa lama. Karena hal ini bisa membuka pintu kesempatan kawanan pencuri untuk menggasak harta benda kalian. Pernah ada kasus di mana traveler yang sedang ke Luar Negeri disatroni kawanan maling karena memberikan informasi berapa lama mereka ada pergi. Kalau bisa, kalian jangan seperti itu ya.

Buat kalian yang mau traveling ke luar negeri, pastikan kalian juga sudah mempersiapkan rencana-rencananya ya.

(AMS)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending