Kolaborasi Xiaomi, Oppo, dan Vivo Lahirkan Layanan Transfer File Mirip AirDrop

Kemala Putri . August 20, 2019
Teknologi.id - Kolaborasi tiga raksasa produsen ponsel asal China, Xiaomi, Oppo, dan Vivo melahirkan teknologi transfer file wireless mirip seperti AirDrop milik Apple. Layanan transfer file ini nantinya akan terintegrasi pada MIUI (Xiaomi), ColorOS (OPPO), dan FunTouchOS (Vivo). Seperti halnya AirDrop, kreasi trio brand Tiongkok ini menawarkan kecepatan transfer hingga 20 MB per detik. Dan ini mengindikasikan keterlibatan Wi-Fi di belakang layar, di samping Bluetooth yang berperan menjadi perantara tiap perangkat.

Baca juga: Tanpa Kabel, Begini 5 Cara Pindahkan File dari HP ke Komputer

Versi beta dari fitur ini disebut bakal dirilis pada akhir bulan ini juga. Aliansi Tiongkok ini mempersilahkan pabrikan smartphone lain untuk mendaftar apabila mereka tertarik mengintegrasikan fitur transfer file ini pada perangkat buatannya masing-masing. Sebenarnya, Google telah meluncurkan layanan transfer file bergaya AirDrop untuk Android, seperti Android Beam, yang mengandalkan NFC untuk pemasangan perangkat.

Baca juga: Mark Zuckerberg Disebut Sebagai Orang Paling Berbahaya di Dunia, Kenapa?

Namun, di versi Android mendatang yaitu Android Q, Google memutuskan menghapus Android Beam dan menggantinya dengan Fast Share. Hal tersebut ditengarai karena lebih cocoknya fitur NFC untuk melakukan transaksi pembayaran dibandingkan untuk layanan transfer file. Masalahnya, Fast Share disebut membutuhkan Google Play Services, dan kemungkinan besar ini yang menjadi alasan mengapa Xiaomi, OPPO, dan Vivo memutuskan untuk bekerja sama mengembangkan fitur serupa versi mereka sendiri (dwk)
author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya