WHO Pakai TikTok untuk Perangi Kesalahan Informasi Virus Corona

Teknologi.id . February 29, 2020

TikTok WHO

Foto: cnTechSpot

Teknologi.id - World Health Organization (WHO) meluncurkan akun TikTok pada Jumat (28/2/2020), sebagai bagian dari upaya organiasasi untuk memerangi kesalahan informasi tentang virus corona secara online.

Sebab, saat ini di internet banyak ditemui konten disinformasi dan hoaks tentang COVID-19 yang menyesatkan dan meningkatkan kekhawatiran masyarakat luas.

Dalam video pertama WHO, pemimpin teknis pencegahan dan pengendalian infeksi, Benedetta Allegranzi menjelaskan langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari COVID-19 dan mengarahkan mereka ke situs web WHO untuk informasi tambahan.

“Kami bergabung dengan (Tiktok) untuk memberi Anda nasihat kesehatan masyarakat yang andal dan tepat waktu,” tulis WHO dalam deskripsi video pertamanya.

Baca juga: Sah! Skema Whitelist Dipakai untuk Blokir IMEI Ponsel BM

TikTok menjadi salah satu platform yang dibanjiri meme tentang COVID-19 selama beberapa minggu terakhir, di mana beberapa pengguna berpura-pura terinfeksi .

Dalam satu kasus, seorang remaja membuat video yang menunjukkan bahwa teman mereka adalah orang Kanada pertama yang dikonfirmasi telah terinfeksi virus Corona. Terkait hal ini, Tiktok tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Berdasarkan laporan dari MIT Technology Review, WHO dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit telah menghabiskan beberapa pekan terakhir melawan informasi yang salah mengenai virus Corona pada platform seperti Facebook, Twitter, Tencent dan Tiktok.

Baca juga: TikTok dan Kemendikbud Jalin Kerjasama Tingkatkan Literasi Digital Generasi Milenial

Informasi dari WHO kini berada di paling atas hasil pencarian Google tentang virus corona. Pengguna Facebook juga akan menemukan pesan di feed yang mengarahkan mereka untuk mengunjungi situs web pemerintah untuk informasi mengenai virus Corona.

Pengguna Twitter akan melihat pesan "Ketahui fakta" dan akan diarahkan menuju situs web CDC untuk "informasi terbaik tentang wabah virus Corona" ketika mereka mencari konten yang berkaitan dengan virus tersebut.

TikTok juga menautkan pengguna yang mencari konten terkait virus tersebut ke situs web WHO. Feed Instagram WHO pun dipenuhi dengan infografis yang menguraikan bagaimana orang dapat melindungi diri dari virus Corona.

(dwk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar