Wajib Tau! Begini Sejarah Perkembangan Internet di Dunia

"<yoastmark

Teknologi.id – Internet, adalah hal yang sudah tidak lagi asing di  jaman sekarang. Penggunanya pun sudah meluas menjangkau semua kalangan, baik anak kecil maupun generasi yang sudah tidak muda lagi.

Internet yang merupakan kependekan dari (interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet protocol Suite (TCP/IP), sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Sebelum Internet muncul sekarang, dahulu sudah ada teknologi komunikasi berbasis digital namun belum secanggih pada abad 21.

Lalu bagaimana sih asal usul Internet sampai bisa jadi secanggih sekarang? Inilah perkembangan sejarah Internet, dari awal mula adanya pendahulu Internet sampai sekarang bisa secanggih ini.

Sejarah Perkembangan Internet di Dunia

  • Tahun 1958 (Awal Mula Munculnya Internet)

Departemen pertahanan Amerika Serikat memulai sebuah proyek teknologi tinggi yang dijuluki ARPA. ARPA (Advanced Research Project Agency) adalah jaringan komputer yang dibuat bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara. Salah satu sasarannya adalah untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi komputer.

  • Tahun 1961 (Munculnya Prinsip Transfer Data)

Pada awal tahun 1960-an muncul teori mengenai paket switching, yang dapat diimplementasikan di dunia nyata. Kemudian pada pertengahan 1960-an, ARPA berkembang menjadi ARPANET yang bertujuan untuk mempromosikan ‘Cooperative Networking of – Time Sharing Computers’.

Dan selanjutnya, ilmuwan seperti Claude Shannon, Harry Nyquist, dan Ralph Hartley mengembangkan teknologi transmisi data dan informasi yang menjadi dasar bagi banyak teori pada bidang ini.

Pada tahun 1960 seseorang ilmuwan yang bernama Paul Baran menerbitkan sistem telekomunikasi jaringan untuk Amerika Serikat. Sistem ini dirancang dengan tujuan sebagai pertahanan diri jika sewaktu-waktu terjadi perang nuklir. Dalam sistem ini, informasi yang muncul dibagi-bagi ke dalam informasi yang lebih kecil, yang disebut Message Lock (Blok Pesan).

Ilmuwan lain seperti Donald Davies mengembangkan ilmu tentang teknologi jaringan yang hampir mirip dengan sistem telegraf yang sudah ditemukan sebelumnya. Dengan menggunakan teori matematis, riset pun dilakukan oleh para ilmuwan seperti Tommy Krash dan Paul Baran yang juga didanai oleh militer Amerika Serikat.

  • Tahun 1965 (Pertama Kalinya Saling Terhubung)

Salah satu ilmuwan yang telah melakukan riset mengenai teknologi komputer ini adalah Lawrence G. Roberts dan Thimas Merrill.

Mereka mencoba menghubungkan dua buah komputer yang terpisah jarak jauh. Dua komputer ini dihubungkan dengan menggunakan garis telepon 1200 bpsdan. Percobaan tersebut menghasilkan bahwa, meski dua komputer terpisah jauh, mereka masih dapat saling terhubung untuk saling bertukar file.

  • Tahun 1969 (ARPA meluncurkan ARPANET)

Sebelum ARPA meluncurkan jaringan komputer yang diberi nama  ARPANET, seorang ilmuwan bernama Lawrence G. Roberts bekerjasama dengan sebuah komunitas yang dibiayai oleh DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency).

Komunitas ini memiliki tujuan untuk memperbaiki sistem jaringan berupa struktur dan spesifikasi yang dimiliki oleh APRANET.

  • Tahun 1971 (Ditemukannya Surat Elektronik/Email)

Di tahun 1971-lah awal mula ditemukannya surat menyurat secara elektronik. Orang yang pertama kali mencoba menggunakan surat elektronik ini adalah Ray Tomlinson, seorang programer komputer. Dia menggunakan email ini untuk mengirim pesan dirinya sendiri dari satu PC ke PC yang lain.

  • Tahun 1974 (Penemuan Istilah Internet atau Internetworking)

Internet dipopulerkan oleh Vint Cerf dan Bob Khan yang dijuluki sebagai bapak internet dunia melalui hasil karya yang ditulis di jurnal dengan tema Transmission Control Protocol dengan judul ‘A Protocol dor Packet Network Interconnection’.

  • Tahun 1976 (Adanya Ethernet sebagai Jaringan LAN)

Jaringan LAN pertama kali muncul pada tahun 1976, yang kemudian digunakan oleh Ratu Elizabeth II untuk mengirimkan email. Ratu Inggris tersebut mengirimkan email dari Royal Signals Plus radar establishment di Malvern, Inggris.

Baca juga: Sebelum Menggunakannya, Kamu Perlu Tahu Bahaya Jaringan 5G Ini

  • Tahun 1982 (Munculnya Protokol Atau TCP/IP)

TCP (Transmissions Control Protocol) / IP (Internet Protocol) merupakan bahasa komunikasi basic protokol, yang berfungsi untuk menyesuaikan data dan transfer data dari satu PC ke PC yang lain yang terdapat di dalam satu jaringan komputer. Setelah TCP / IP,  dikembangkan pula Jaringan PC yang lebih luas yaitu WAN (Wide Area Network).

  • Tahun 1991 (Peluncuran World Wide Web oleh CERN)

Perkembangan Hypertext yang semakin pesat memudahkan manusia dalam bertukar data. Dari situlah awal mula munculnya istilah WWW (World Wide Web). WWW adalah sejenis browser dan program editor yang digunakan untuk menjelajah di dalam komputer melalui jaringan.

  • Tahun 1993 (Penyiaran Broadcast Radio Melalui Internet)

Pada tahun 1993 jumlah website tercatat sebanyak 600 buah, dan pemilik domain .org dan .gov yang pertama kali adalah PBB dan White House yang berada di Amerika Serikat. Pada tahun ini, browser pertama yang dibuat dan dapat diunduh oleh masyarakat bernama Mosaic.

  • Tahun 1994 (Munculnya Toko Online)

Di tahun ini, Amazon.com, Craiglist, dan eBay muncul. Mereka menjadi website pelopor terbentuknya toko online dan masih tetap eksis hingga kini.

  • Tahun 1999 (Adanya Jaringan Peer-to-Peer Untuk Memudahkan Transfer file MP3)

Pada tahun ini, Netscape diakuisisi oleh AOL. Setelah itu para pengguna internet beralih menggunakan peer-to-peer data dalam melakukan transfer file. Setelah Netscape gulung tikar, secara fenomenal muncul layanan music Napster.

Napster ini memanjakan para penggunanya dengan membagikan berbagai lagu lewat internet. Namun hal itu tak berlangsung lama, karena pada tahun 2001 Napster menyebabkan industri musik mengalami banyak kerugian.

  • Tahun 2010 (Kru Luar Angkasa dapat Mengakses Internet)

Pada tahun ini, Facebook tercatat sudah memiliki pengguna aktif sebanyak 400 juta, dan pada tahun yang sama kru dari ISS (International Space Station) sudah bisa menerima akses internet di luar angkasa. Perkembangan sarana untuk saling terhubung dengan orang terdekat pun makin menggeliat pada tahun ini.

  • Tahun 2011 (Terdapat 375 Juta Website di Internet)

Dikutip dari Netcraft, sampai tahun 2011 tercatat sebanyak 375 juta situs yang terdapat di Internet. Hal ini seiring kemunculan Ipad dan PC Touch Screen yang membuat nyaman para penggunanya untuk berselancar di dunia maya.

Baca juga: Segini Kecepatan Internet untuk Main Google Stadia

Itulah sejarah perjalanan perkembangan Internet yang dapat Teknologi.id bagikan. Sekarang, pengguna Internet makin banyak dan akses internet pun juga makin mudah. Transaksi jual beli secara online maupun sarana transportasi berbasis internet pun sudah banyak dijumpai.

Sebagai generasi millenial, tentu kita perlu mengetahui sejarah internet karena dapat menambah wawasan keilmuan yang kita miliki. Di sisi lain sejarah bukan hanya kenangan, namun juga bisa menjadi contoh serta pelajaran bagi masyarakat sesudahnya.

Semoga bermanfaat.

(FM)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *