Top 5 Virus Komputer Paling Merusak yang Pernah Ada

Kata “Virus Komputer” benar-benar membuat takut semua pengguna komputer. Seperti yang kita semua tahu, virus dapat menyebabkan banyak kerusakan pada komputer. Efek yang ditimbulkan virus bermacam-macam, dari mulai menyebarkan privasi korban, mengakses file pribadi dan bahkan dapat merusak data berharga yang meliputi foto, video, kata sandi yang disimpan, dan lain sebagainya. Virus komputer telah menyebabkan banyak kerugian finansial bagi banyak perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan kewaspadaan agar kita terhindar dari virus. Maka dari itu ada baiknya kita melihat masa lalu dan mengetahui virus yang menyebabkan kerusakan luas yang dapat membuat Anda sadar akan bahaya virus komputer. Berikut ini adalah 5 virus komputer paling merusak sepanjang masa.

ILOVEYOU

ILOVEYOU adalah virus komputer yang menyerang lebih dari sepuluh juta komputer pribadi bersistem operasi Windows. Virus mulai menyebar sebagai pesan email yang menyertakan baris subjek “ILOVEYOU” dan memiliki lampiran “LOVE-LETTER-FOR-YOU.txt.vbs.” Setelah diklik, ia memiliki kemampuan untuk meneruskan ke semua orang di buku alamat korban dan melanjutkan untuk menimpa file dengan sendirinya yang membuat komputer tidak dapat di-boot. Virus ini dibuat oleh dua Programer Filipina, Reonel Ramones, dan Onel de Guzman. Yankee Doodle.

Yankee Doodle

Yankee Doodle pertama kali ditemukan pada tahun 1989 dibuat oleh seorang peretas Bulgaria. Ketika Yankee Doodle dieksekusi, virus itu akan menjadi penghuni memori. Yankee Doodle menginfeksi semua file .com dan .exe. Virus itu akan memainkan lagu “Yankee Doodle” sendiri setiap hari pukul 4 sore.

Nimda

Nimda pertama kali ditemukan pada 18 September 2001. Nama virus berasal dari kata “Admin” yang dieja terbalik. Nimda menggunakan Email, kerentanan server, folder bersama, dan transfer file untuk menyebarkan dirinya. Virus ini menjadi virus paling meluas di internet dalam 22 menit. Tujuan utama dari virus adalah untuk memperlambat lalu lintas internet yang cukup besar dan menyebabkan serangan DoS.

Morris Worm

Pada tahun 1988 Robert Tappan Morris, mahasiswa pascasarjana Universitas Cornell merilis virus yang mempengaruhi sekitar 10% dari semua komputer yang terhubung ke internet. Pada saat itu 60.000 komputer dihubungkan ke internet, dan worm ini menginfeksi 10% dari mereka. Virus ini memiliki kemampuan untuk memperlambat komputer hingga titik terkecil di mana ia menjadi tidak dapat digunakan.

Conficker

Conficker yang juga dikenal sebagai Downup, Downadup, dan Kido adalah jenis virus komputer yang biasanya menargetkan sistem operasi Microsoft Windows. Virus ini pertama kali diidentifikasi pada November 2008. Virus ini menggunakan kekurangan sistem operasi Windows untuk mengambil kata sandi administrator. Virus ini menginfeksi jutaan komputer yang termasuk komputer pemerintah, bisnis, dan rumah di lebih dari 190 negara.

Sumber: techviral.net

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *