Tingkatan Kecepatan Download dan Upload Operator 4G di Indonesia

pexels.com

Berdasarkan data dari OpenSignal sebuah perusahaan pemetaan cakupan jaringan nirkabel, dengan kecepatan di kisaran 12,9 Mbps Telkomsel masih memimpin sebagai operator 4G yang memiliki kecepatan download dan upload pada periode semester pertama tahun 2018. Sementara itu kecepatan upload yang masih unggul diantara operator lain berada pada kisaran 7,3 Mbps.

Berdasarkan laporan tersebut, berita mengejutkan datang dari Smartfren. Operator tersebut menunjukkan kemajuan performansinya yang berhasil menduduki posisi kedua dengan kecepatan download 9,8 Mbps. Peningkatan kecepatan yang cukup signifikan yaitu mencapai hingga 44%.

Melalui bagan yang digambarkan dibawah ini, Posisi pertama untuk kecepatan download dan upload dicapai oleh Telkomsel. Kemudia posisi kedua untuk Download di duduki oleh Smartfren namun untuk upload diraih oleh XL Axiata dengan  kecepatan 5,1 Mbps. Menduduki posisi kedua dalam hal kecepatan upload, XL Axiata tercatat di posisi ketiga dengan kecepatan 8,9 Mbps untuk performasi upload nya. Disusul oleh Indosat Ooredo yaitu 4,8 Mbps dan Hutchison 3 4,6 Mbps.

Berkebalikan pada performansi kecepatan upload, Hutchison berada di atas Indosat Ooredoo dengan kecepatan 3,8 Mbps unggul dari Indosat Ooredoo yang hanya 3,2 Mbps. Smartfren yang menduduki posisi kedua di kecepatan download menunjukkan kekurangannya di kecepatan upload, yang hanya mencapai 2,7 Mbps.

Sumber: OpenSignal

Baca Juga: Pengguna Terkoneksi ke Internet dari Pagi Hingga Malam!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *