Sering Pakai Wifi Gratis? Perhatikan 5 Hal Penting Ini!

Teknologi.id – Zaman sekarang, Wi-Fi masuk dalam salah satu kebutuhan dasar. Mengingat kita tidak pernah jauh dari ponsel dan sosial media

Atau akses layanan internet alias Wi-Fi gratis yang bisa dijumpai di sejumlah tempat umum seperti taman kota, bandara, dan stasiun kereta api.

Bahkan ke restoran yang hanya disinggahi selama beberapa jam sekalipun, satu hal yang sangat sering dicari adalah password Wi-Fi. Kita merasa sangat beruntung saat bisa memakai Wi-Fi gratis agar kuota kita tidak terkuras.

Namun tahukah kamu kalau ada bahaya yang mengintai setiap kamu memakai WiFi di tempat umum? Ini 5 hal yang perlu kamu ketahui!

Jangan pakai Internet Banking atau yang berhubungan dengan data kartu kredit

Saat kamu memakai WiFi gratis, jangan memakai Internet Banking untuk bertransaksi. Begitu juga dengan transaksi apapun yang mengharuskan kamu untuk mengisi data kartu kredit di internet.

Informasi kecil tentang kita yang sengaja atau tidak sengaja dan beredar via sosmed bisa dimanfaatkan oleh orang untuk melakukan tindakan kejahatan yang dapat merugikan baik secara materi maupun secara psikologi.

Gunakanlah koneksi pribadi untuk meminimalisir adanya pencurian data. Lebih baik kamu menggunakan beberapa mb kuotamu daripada kehilangan tabunganmu.

Matikan WiFi saat kamu tidak menggunakan internet

Dengan mematikan Wi-Fi, kamu mengurangi pemborosan baterai, koneksi otomatis ke jaringan hacker dan email iklan yang mengganggu.

Untuk perlindungan tambahan terhadap yang terakhir, tambahkan extention yang disebut DoNotTrackMe ke browser mu. Extention ini membuat perangkatmu tidak bisa dilacak lokasi keberadaannya, sehingga tidak akan menjadi target.

Pakai VPN (Virtual Private Network)

VPN (Virtual Private Network) merupakan jaringan pribadi dan tidak diakses untuk umum. Jaringan pribadi ini menggunakan internet untuk menghubungkan antar remote-site dengan aman.

VPN, atau Virtual Private Network, memungkinkanmu untuk tetap anonim saat online. VPN membuat situs web yang kamu masukkan akan melihat IP jaringan virtual, bukan milikmu.

Jaringan semacam itu, sebagian besar dibayar, dan mereka memperlambat koneksimu. Namun, harganya biasanya tidak terlalu tinggi dan sebagian besar penyedia VPN masih memiliki layanan gratis juga.

Jangan biarkan perangkatmu mengingat jaringan itu

Sebagian besar perangkat akan secara otomatis mengingat dan terhubung ke hotspot yang digunakan setidaknya satu kali sebelumnya.

Ternyata, penipu bisa membuat jalur akses mereka sendiri dengan nama yang sama dan dengan demikian mendapatkan akses ke data profilmu atau bahkan untuk penipu yang handal bisa sampai mengakses ke data keuangan dengan melihat history perangkat.

Perhatikan nama dari WiFi gratis tersebut

Hacker sering menggunakan jaringan dengan nama yang mirip dengan yang ada disekitarnya. Satu-satunya pembeda seringkali hanya password yang diberikan.

Disaat WiFi yang asli berisi password, yang palsu bisa diakses tanpa password. Karena itu sebelum terhubung ke WiFi gratis, tanyakan dulu pemilik di tempat itu untuk nama jaringannya ya.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *