Samsung Smart Monitor, Monitor Rasa Smart TV untuk PC

Indah Mutia Ayudita . November 16, 2020

Foto: Samsung

Teknologi.id - Samsung terkenal dengan rancangan monitor PC-nya yang unik. Misalnya, Space Monitor yang berartikulasi seperti desktop Microsoft Surface Studio yang rilis tahun lalu.

Tahun ini, Samsung berkreasi dengan merilis Smart Monitor yang diklaim sebagai monitor pertama yang menggabungkan layanan media over-the-top, konektivitas dengan ponsel pintar, serta kemampuan operasi jarak jauh.

Samsung merilis M5 yang berukuran 27 inci dengan harga USD 230, dan ukuran 32 inci dengan harga USD 280. Ada juga monitor M7 4K berukuran 32 inci yang dibanderol dengan harga USD 400.

Baca juga: Gampang, Begini Cara Mute Mikrofon DualSense PS5

Yang lebih canggih, Smart Monitor memiliki fitur-fitur layaknya TV pintar Samsung yang bisa digunakan untuk menjalankan perangkat lunak Samsung Tizen OS dan bisa terhubung dengan jaringan Wi-Fi untuk mendapatkan konten HDR10 dari aplikasi seperti Hulu, Netflix, Apple TV, YouTube, dan aplikasi streaming lain tanpa perlu menghubungkan perangkat keras tambahan.

Foto: Samsung

Semua monitor bahkan bisa dipasang ke dinding seperti layaknya TV, atau dipasang dengan dudukan sehingga berfungsi seperti layar monitor biasa.

Masing-masing perangkat memiliki dua speaker 5W bawaan, termasuk remote control dengan dukungan asisten suara untuk Bixby 2.0, Alexa, dan Asisten Google. Perangkat ini juga bisa digunakan dengan AirPlay 2 sehingga bisa digunakan untuk melakukan transmisi dari perangkat Apple.

Tak hanya itu, perangkat ini juga bisa dihubungkan dengan mouse dan keyboard nirkabel dengan Bluetooth 4.2 dan terhubung dengan Office 365 melalui mesin virtual tanpa perangkat keras tambahan.

Baca juga: Wow! Resident Evil 3 Bisa Ubah Warna Lampu DualSense PS5

Pengguna juga bisa menyambungkannya dengan DeX, serta melakukan mirror screen dengan menggunakan NFC. Fitur mirror screen bisa dijalankan pada Android Oreo 8.1 ke atas.

M7 Smart Monitor memiliki pilihan konektivitas paling banyak. Pengguna bisa menyambungkan laptop dengan USB-C, dua port HDMI 2.0 sebagai cadangan, dan tiga port USB-A 2.0. M5 memiliki dua port HDMI 2.0 tanpa USB-C dan dua port USB-A 2.0.

Foto: Samsung

Samsung akan merilis M5 Smart Monitor dalam waktu beberapa minggu lagi dan M7 akan menyusul pada awal Desember.

(im)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler