Perusahaan Pemimpin di Perlombaan Paten Mengemudi Mobil Otonom

pexels.com

Mobil otonom atau biasa yang dikenal dengan mobil tanpa pengemudi merupakan sebuah terobosan inovasi kendaraan yang dapat menjelajahi area dan bergerak tanpa pergerakan dari manusia. Perusahaan teknologi atau pun pabrikan mobil turut serta mengembangkan inovasi ini untuk tetap dapat mempersiapkan memasuki pasar masa depan.

Hingga tahun 2017, banyak perusahaan teknologi dan produsen mobil yang sudah menguji teknologi mereka untuk membuktikan inovasi teknologi kendaraan self-driving . Namun bagi masyarakat, mereka masih belum dapat menilai siapakah pemimpin dari industri otonom ini. Paten teknologi di bidang otonom dapat menjadi salah satu aspek penilaian untuk mengevaluasi siapakah pemimpin teknologi ini.

Lembaga penelitian Ekonomi Cologne melakukan identifikasi dan analisis terhadap 5.839 data pengajuan paten terkait kendaraan otonom. Berdasarkan hasil analisis tersebut, Produsen industri mobil Jerman ingin mempertahankan posisinya sebagai pemegang posisi kuat di kendaraan mobil tradisional dengan memegang jumlah paten terbanyak. Perusahaan teknologi Google, hanya membuat 338 paten hingga Juli 2017 kemarin. Jumlah paten tersebut membuatnya menduduki posisi 10 teratas dalam persaingan kendaraan otonom. (yk)

Baca Juga: Samsung Gelontorkan Dana Rp 4 Triliun Untuk Dukung Proyek Mobil otonomos

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *