Perusahaan Israel Klaim Miliki Alat Pembobol iPhone dan iPad

Perusahaan Israel Klaim Miliki Alat Pembobol iPhone dan iPad
Foto: HackRead

Teknologi.id – Perusahaan keamanan asal Israel, Cellebrite, mengklaim bisa membobol semua perangkat iOS (iPhone dan iPad) dengan tool pengekstrak data terbaru untuk mengambil informasi di dalamnya.

Pekan lalu, Cellebrite mengiklankan Universal Forensic Extraction Device (UEFD) lewat sebuah kicauan di Twitter. Cellebrite mengklaim jika UEFD barunya bisa digunakan untuk menjebol semua perangkat iOS (iPhone dan iPad) dan smartphone premium Android lainnya.

Perangkat Android high-end macam seri Galaxy S buatan Samsung. Merek lain seperti Motorola, Huawei, LG, hingga Xiaomi ikut disebut.

Baca juga: Aplikasi iPhone Diam-diam Kumpulkan Data Saat Pengguna Tidur

“Anda bisa mengakses rekaman percakapan chatting, data aplikasi pihak ketiga, e-mail berikut lampirannya, konten yang dihapus, dan banyak lagi,” umbar Cellebrite dalam keterangan di situsnya.

Pembobolan sistem keamanan yang dimaksud tentu saja hanya untuk keperluan para penegak hukum. Misalnya polisi yang memerlukan akses agak bisa memeriksa ponsel milik tersangka kejahatan.

Firma forensik digital asal Israel ini sebelumnya diketahui pernah membantu Biro Penyelidikan Federal (FBI) di Amerika Serikat setelah mentok tak bisa membuka iPhone milik seorang tersangka teroris.

Baca juga: Google Buka Teknologi Kunci Keamanan Android untuk Pengguna iPhone

FBI menemui jalan buntu setelah Apple tak mau membuka kunci perangkat yang bersangkutan. Lalu, penegak hukum itu berpaling ke Cellebrite yang kemudian berhasil menjebol kunci pengaman sang iPhone.

Tool UEFD Cellebrite sendiri berupa perangkat keras khusus dengan software khusus pula, untuk dihubungkan secara fisik dengan ponsel yang hendak dibobol.

Cellebrite, dalam keterangan di situsnya mengklaim tool UEFD baru besutannya bisa membobol semua gadget iOS dengan sistem operasi mulai iOS 7 hingga iOS 12.3.

(dwk)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *