Kini Penumpang Grab Bisa Telepon Driver Secara Gratis

Penumpang Grab Bisa Telepon Driver Secara Gratis
Foto: Grab

Teknologi.id – Grab menghadirkan fitur panggilan suara via jaringan internet (VoIP) yang disebut Grab dengan “Free Call”. Kehadiran fitur ini membuat pengguna bisa melakukan panggilan secara gratis atau tanpa pulsa ke mitra pengemudi Grab.

Fitur Free Call pada prinsipnya serupa dengan layanan lain yang sama-sama menggunakan VoIP untuk melakukan panggilan suara, contohnya seperti voice call di WhatsApp dan Skype. 

“Ada beberapa kekhawatiran di konsumen jika nomor telepon pribadi mereka disalahgunakan setelah menghubungi mitra pengemudi. Untuk itu sekarang Grab ada opsi ‘Free Call’ yang akan menjaga keamanan dan privasi, selain memberikan panggilan gratis dalam aplikasi Grab,” tutur Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia, di Jakarta, Senin (22/4/2019).

Baca juga: Fitur Baru Grab, Percepat Proses Orderan dengan ‘Alamat Tersimpan’

Free Call adalah kelanjutan dari fitur penyamaran nomor telepon (musking) yang menyembunyikan nomor telepon pribadi pelanggan dan mitra pengemudi. Dengan begitu, baik konsumen maupun pengemudi tidak akan mengetahui nomor telepon asli masing-masing. Sehingga mencegah hal-hal yang berpotensi kriminal di kemudian hari.

“Selama masa percobaan yang dilakukan kepada sekitar 50% pengguna Grab sejak Desember 2018 hingga Maret 2019, fitur VoIP tidak hanya melindungi pelanggan, namun lebih penting menurunkan jumlah kasus persekusi verbal melalui telepon maupun chat yang biasanya bermula dati kesalahpahaman antara penumpang dan mitra pengemudi sebanyak kurang lebih 74%,” imbuh Neneng.

Fitur Free Calls digulirkan secara bertahap untuk pengguna Grab dan dijadwalkan selesai  pada akhir April 2019. 

Cara menggunakan fitur Free Call

Fitur ini baru akan muncul ketika penumpang sudah mendapatkan pengemudi yang akan menjemput dan mengantarnya. Ketika pengemudi Grab ditemukan, fitur panggilan gratis ini bisa dilakukan dengan cara meng-klik ikon “gagang telepon” di tampilan yang menampilkan posisi pengemudi Grab serta estimasi waktu sampai seperti gambar berikut.

photo:kompas.com

Setelah mengklik ikon tersebut, pengguna akan diberikan dua cara menelpon yang terdapat di dalam aplikasi Grab, yaitu bisa dengan menggunakan “Free Calls” dan “Regular Phone Call”.

Jika menggunakan “FreeCalls” maka pengguna akan langsung dihubungkan dengan mitra Grab via VoIP. Apabila sudah terhubung, maka akan muncul keterangan ‘Ringing’. Sedangkan untuk “Regular Phone Call” mengacu pada panggilan suara GSM konvensional lewat telepon pada ponsel.

Karena dilakukan via VoIP atau Voice over Internet Protocol, Free Calls tidak memotong pulsa pengguna, melainkan hanya memakai kuota data internet.

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *